contoh cv fresh graduate sma smk

Contoh CV Fresh Graduate SMA / SMK Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik

Baru saja dinyatakan lulus SMA dan ingin mencari pekerjaan? Sebaiknya, siapkan Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) terlebih dahulu. Jangan bingung bagaimana cara membuatnya karena di sini akan dijelaskan tentang contoh CV fresh graduate SMA.

Seorang lulusan baru atau fresh graduate tingkat SMA kebanyakan tidak memiliki pengalaman kerja maupun magang. Sementara CV pada umumnya selalu memuat informasi tersebut. Bagaimana solusinya? Isi bagian yang tidak ada tersebut dengan hal lain yang sama berbobotnya.

Isi CV Fresh Graduate SMA

Berikut ini penjelasan mengenai hal-hal yang sebaiknya dicantumkan dalam curriculum vitae lulusan SMA.

1. Detail Personal dan Kontak

Hal pertama yang selalu ada di dalam daftar riwayat hidup adalah detail personal disertai kontak. Dahulu, detail personal mencakup banyak informasi mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, status perkawinan, agama, kewarganegaraan, dan masih banyak lagi.

Di era digital ini, masyarakat sudah semakin sadar akan pentingnya privasi dan data-data pribadi. Oleh sebab itu, CV yang dibuat sekarang ini hanya menampilkan nama pada detail personal. Beberapa lainnya juga mencantumkan tanggal lahir atau usia.

Baca Juga  Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

Detail kontak juga tak kalah pentingnya untuk dicantumkan karena melalui kontak inilah pihak perusahaan akan menghubungi pelamar kerja apabila memenuhi kualifikasi. Jadi, bagian kontak ini harus ditulis dengan benar dan jangan sampai ada penulisan yang salah.

2. Ringkasan

Ringkasan atau deskripsi diri adalah salah satu magnet paling kuat pada CV. Di bagian inilah seseorang mendeskripsikan diri, menceritakan prestasi dan skillnya, serta meyakinkan pihak recruiter bahwa dirinya mampu memenuhi kualifikasi perusahaan.

Jangan bercerita panjang lebar di ringkasan ini. Sebaiknya tulis saja dengan singkat asalkan sudah mencantumkan informasi pendidikan, skill yang relevan, dan pengalaman di perusahaan lain apabila memiliki.

3. Pencapaian atau Prestasi

Prestasi yang pernah diraih ketika duduk di bangku sekolah dapat menjadi poin plus di mata perusahaan. Dengan catatan prestasi tersebut relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Apabila prestasi yang dimiliki kurang relevan, sebaiknya tidak usah ditulis.

Contohnya adalah pelamar pekerjaan admin tidak perlu mencantumkan prestasi di cabang olahraga atletik.

4. Riwayat Organisasi

Berorganisasi mengajarkan kepada seseorang bagaimana cara menghadapi sebuah kelompok dengan orang berbeda-beda. Dengan berorganisasi pula, seseorang belajar kerja sama, sebuah soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Oleh karena itu, riwayat organisasi sebaiknya dicantumkan dalam CV sebagai tambahan “nilai jual”. Cantumkan nama organisasi, periode, dan jabatan ketiak bergabung dalam organisasi tersebut.

Baca Juga  √ 9 Cara Membuat CV di HP dan Data Wajib yang Ada Didalamnya

5. Pendidikan

Sebagai lulusan baru dari SMA, di bagian ini tentu harus dicantumkan nama sekolah SMA dan jurusannya. Jangan lupa untuk mencantumkan periode pendidikan atau tahun lulus. Sebagian orang juga menuliskan nilai akhir yang didapatkan pada bagian riwayat pendidikan.

Perlu diingat bahwa pelamar tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan di jenjang PAUD, SD, dan SMP dalam riwayat pendidikan. Pasalnya, pendidikan di tingkat itu dianggap tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kualifikasi seseorang.

6. Kemampuan atau Keterampilan

Belum memiliki pengalaman kerja merupakan hal yang sangat wajar bagi fresh graduate. Namun hal ini tidak berarti bahwa seorang lulusan baru tidak dapat “menjual” dirinya. Tuliskan segala skill dan kemampuan yang dimiliki pada bagian ini.

Contoh kemampuan yang dapat dicantumkan antara lain kecakapan mengoperasikan suatu aplikasi, kemampuan bahasa, dan kemampuan untuk mengoperasikan alat tertentu.

7. Hobi dan Minat

Sebagian orang turut mencantumkan hobi serta minatnya di CV. Hal ini masih menjadi perdebatan karena dianggap tidak penting. Dicantumkan atau tidak, hal ini dikembalikan lagi kepada pembuat sekaligus pemilik CV. 

Namun alangkah baiknya tidak terlalu mengekspos hal-hal yang bersifat pribadi ketika membuat CV.

Baca Juga : Contoh CV Fresh Graduate Pasti Lolos Seleksi Meskipun Tanpa Pengalaman

Baca Juga  Contoh CV Fresh Graduate Pasti Lolos Seleksi Meskipun Tanpa Pengalaman

Contoh CV Fresh Graduate SMA

Untuk lebih memahami penulisan atau pembuatan daftar riwayat hidup, sebaiknya pahami contoh-contoh yang ada di bawah ini.

Contoh CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman

Muhammad Taubat
Fresh Graduate

Deskripsi
Lulusan baru dari SMA Negeri 1 Tangerang dengan nilai akhir 8,8. Memiliki ketertarikan dan keterampilan dalam bidang desain grafis. Dapat mengoperasikan berbagai aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDraw.

Kontak
087564784623
Mtaubat@mail.com
Taubatgallery.id
Jalan Taman Makam Pahlawan Nomor 75, Kota Tangerang

Riwayat Pendidikan
SMA Negeri 1 Tangerang
2018 – 2021
Nilai akhir 8,8
10 besar lulusan terbaik SMA Negeri 1 Tangerang 2021

Riwayat Organisasi
1. Ketua Klub Desain Grafis SMA Negeri 1 Tangerang | 2019 – 2020
– Bersama pengurus lain merencanakan dan melaksanakan latihan rutin.
– Memimpin pertemuan mingguan dan bulanan bersama seluruh anggota klub.

2. Pradana Putra Pramuka SMA Negeri 1 Tangerang | 2019 – 2020
– Memimpin dewan pramuka dalam rapat dan kegiatan rutin.
– Berkoordinasi dengan pembina untuk melaksanakan berbagai program yang telah direncanakan.

Prestasi
– Juara 1 lomba desain poster se-Kota Tangerang
– Kandidat 10 besar dalam sayembara HUT Kota Tangerang 2018

Kemampuan dan Ketrampilan
– CorelDraw (level menengah)
– Adobe Photoshop (level menengah)
– Adobe Illustrator (level menengah)
– Adobe InDesign (level pemula)

Baca Juga : Tips Jitu Membuat CV Beasiswa yang Menarik Lengkap Beserta Contohnya

Contoh CV Fresh Graduate SMK

Sedikit berbeda dengan program di SMA, umumnya SMK memiliki program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Praktik Kerja Industri (PKL). Oleh karena itu, kebanyakan fresh graduate SMK telah memiliki setidaknya satu pengalaman magang atau praktik kerja.

Untuk mengetahui seperti apa CV lulusan SMK, simak contoh di bawah ini.

Widi Hartanto
Junior Software Engineer

Deskripsi
Widi berusia 19 tahun dan telah lulus dari SMK Tunas Harapan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak (Program 4 tahun). Telah menyelesaikan magang di dua perusahaan startup dan mengusai mobile serta website development.

Kontak
085462784656
widihartanto@mail.com
github.com/widiprojectwidiproject.com
Jalan Flamboyan Nomor 26, Bandung

Riwayat Pendidikan
SMK Tunas Harapan
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
2017 – 2021

Riwayat Organisasi
1. Junior Programmer Community Bandung 
– Sejak 2020 sampai sekarang
– Anggota

2. OSIS SMK Tunas Harapan
– Juli 2018 – Juni 2019
– Staf Bidang 8

Prestasi
– Juara 1 LKS Web Design Se-Kota Bandung 2019
– Juara 3 LKS Web Design Se-Provinsi Jawa Barat 2019

Pengalaman Kerja
1. PT Maju Terus Tech 
– Front end website developer internship
– Juni – Desember 2020
2. PT Sinar Mas Software
– Android developer internship
– Januari – Maret 2021

Kemampuan dan Ketrampilan
– Web Programming
– Laravel
– PHP
– Javascript
– Android Programming
– Android Studio
– Kotlin

Baca Juga : Contoh CV Mahasiswa Masih Kuliah Magang yang Kreatif dan Menarik

Ketika melamar pekerjaan, CV saja masih belum cukup. Ada beberapa dokumen lain yang sebaiknya dipersiapkan antara lain ijazah, sertifikat dan piagam, transkrip nilai, SKCK, dan beberapa dokumen pendukung lainnya.

Sebelum melamar sebuah pekerjaan, perhatikan lagi kualifikasi yang dibutuhkan. Pastikan dapat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan. Perhatikan pula bagaimana cara melamar pekerjaan tersebut, apakah melalui email, website, atau harus mengirim berkas melalui pos.

Mencari lowongan kerja saat ini sudah tidak sulit karena bantuan internet. Situs penyedia informasi lowongan kerja pun selalu bermunculan setiap harinya. Salah satu yang bisa diandalkan untuk mencari kerja adalah pelangifortunaglobal.com.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *