contoh application letter

√ Contoh Application Letter Profesional yang Baik dan Benar

Meta deskripsi: Banyak contoh application letter dirancang untuk memudahkan Anda membuat surat lamaran sendiri. pelajari beberapa contohnya disini.

Para pencari kerja perlu mempelajari berbagai contoh application letter sebelum membuat application letter atau lamaran kerja sendiri. Application letter mengandung pernyataan resmi yang berhubungan dengan minat seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan.

Tujuan dibuatnya application letter adalah untuk membuat minat perekrut terhadap profil pelamar meningkat. Surat ini adalah semacam perwakilan minat pelamar terhadap perusahaan. Application letter harus ditulis dengan baik agar perusahaan tertarik untuk mempekerjakan kandidat tersebut.

Beberapa Contoh Application Letter yang Baik dan Benar

Application letter biasanya ditulis dalam Bahasa Inggris. Tapi ada perusahaan yang tidak meminta surat lamaran dengan Bahasa Inggris. Kandidat perlu membuat application letter atau surat lamaran dengan bahasa yang diminta oleh perusahaan. Beberapa contohnya ada di bawah ini.

1. Application letter lulusan baru

March 2, 2022

Mrs. Yuyun Imanuela

GM Academy Library

987 New York Blvd., New York

(987) 987-987

Dear Mrs. Imanuela,

I heard from Mr. Willy Gunawan about a position that is now available in your office. Therefore, I would love to let you know that I am interested in the vacant position. I just graduated from the library and information science department and I am currently searching for a job. 

I have a degree in library and information science. I have done on-job training and I have had a part time job as a library clerk. I believe I am an ideal candidate for the vacant job in the GM Academy Library.

Baca Juga  √ Apa Itu Surat Keterangan Kerja : Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan

If the position is not occupied yet, please consider this application letter of mine for the available position. I attached my curriculum vitae as well as some certifications of seminars that I attended before the graduation.

Looking forward to your library’s positive response. Thank you.

Sincerely,

Anggita Pascalia

Contoh application letter untuk lulusan baru di atas cukup singkat tapi sekaligus jelas. Agar bisa mempelajari contoh diatas dengan lebih jelas, perhatikan terjemahannya atau versi Bahasa Indonesianya di bawah ini.

2 Maret 2022

Ibu Yuyun Imanuela

Perpustakaan Akademi GM

987 New York Blvd., New York

(987) 987-987

Ibu Imanuela yang terhormat,

Saya mendapat informasi dari Bapak Willy Gunawan mengenai posisi yang saat ini tersedia di kantor Anda. saya ingin menyatakan ketertarikan saya terhadap posisi tersebut. Saya baru saja lulus dari jurusan ilmu perpustakaan dan informasi dan saat ini sedang mencari pekerjaan. 

Saya mempunyai gelar dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Saya juga telah menyelesaikan pelatihan kerja dan pernah bekerja paruh waktu sebagai petugas perpustakaan. Saya yakin saya merupakan kandidat yang ideal untuk pekerjaan yang tersedia di Perpustakaan Akademi GM.

Jika posisi tersebut belum terisi, mohon pertimbangkan surat lamaran saya ini untuk mengisi posisi yang tersedia. Saya lampirkan daftar riwayat hidup serta beberapa sertifikat seminar yang pernah saya hadiri sebelum kelulusan.

Saya menantikan tanggapan yang positif dari perpustakaan Anda. Terima kasih.

Hormat saya,

Anggita Pascalia

Contoh application letter Bahasa Inggris dan artinya akan perlu dipelajari dengan mendalam jika perusahaan yang diminati oleh kandidat meminta surat lamaran dalam Bahasa Inggris.

2. Contoh application letter untuk posisi tenaga kependidikan

March 1, 2022

Jefta Inkiriwang

Baca Juga  √ 7 Perbedaan Resume dan CV yang Wajib Calon Karyawan Ketahui!

Human Resources Manager

Maju Makmur Company Inc

789 Indiana Street

Jakarta

Dear Mr. Inkiriwang,

I am highly interested in applying for the teacher position that is now available in your High School. I graduated from Gadjah Mada University in 2010. I have several experiences in teaching for you to consider. I have been teaching in several high schools in Yogyakarta.

I am hard working, patient, nurturing, creative, and love children. I would like to use my ability and experience in teaching to grow with the High School under your surveillance. I can be a smart, enthusiastic, and also a creative teacher in order to give a contribution to your High School.

Enclosed with this application letter is my resume. I would appreciate an interview and I am hoping to get confirmation at your earliest convenience.

Sincerely,

Dwi Kazmina

Gunakan contoh application letter di atas sebagai inspirasi untuk membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang akan dikirimkan ke administrasi sekolah. Terjemahan atau versi Bahasa Indonesianya bisa dipelajari di bawah ini.

1 Maret 2022

Jefta Inkiriwang

Manajer SDM

Maju Makmur Company Inc.

Jalan Indiana 789

Jakarta

Bapak Inkiriwang yang terhormat,

Saya sangat tertarik untuk melamar posisi pengajar yang saat ini tersedia di SMA Anda. Saya merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada angkatan 2010. Saya mempunyai beberapa pengalaman mengajar yang bisa Anda pertimbangkan.

Saya pernah mengajar di beberapa SMA di Yogyakarta. Saya adalah seorang pekerja keras, sabar, kreatif, dan menyukai anak-anak. Saya ingin memanfaatkan kemampuan serta pengalaman saya dalam mengajar untuk tumbuh bersama SMA yang berada di bawah pengawasan Anda.

Saya bisa menjadi pengajar yang cerdas, bersemangat, dan kreatif demi memberikan kontribusi bagi SMA Anda. Bersama dengan surat lamaran ini, terlampir resume saya. Saya akan sangat menghargai wawancara dengan Anda. Saya berharap mendapatkan konfirmasi sesegera mungkin.

Baca Juga  √ Contoh Deskripsi Diri Sendiri dalam CV dan Tips Menulisnya (Lengkap!)

Hormat saya,

Dwi Kazmina

Struktur Lengkap Application Letter

Setiap application letter sebaiknya mengandung 3 unsur penting. Unsur pertama adalah pembuka, yang diikuti dengan bagian isi, kemudian diakhiri dengan bagian penutup.

1. Bagian Pembuka

Pembuka berisi pihak yang menjadi tujuan surat. Bagian pembuka ini ditulis di sebelah kiri atas surat lamaran.

2. Bagian Isi

Bagian ini adalah yang paling penting karena berisi tujuan ditulisnya application letter. Kandidat perlu menuliskan keinginan pribadi secara resmi dan menyertakan profil singkat serta posisi pekerjaan yang akan dilamar.

Kandidat juga perlu menggambarkan kemampuan yang dimiliki, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Pandangan pribadi kandidat terhadap perusahaan juga sebaiknya dituliskan di bagian ini.

3. Bagian Penutup

Di bagian akhir, application letter perlu ditutup dengan menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Kandidat perlu menegaskan bahwa dirinya adalah orang paling tepat bagi posisi yang terbuka. Harapan kandidat juga bisa ditulis di bagian akhir bersama dengan ucapan terima kasih.

Setelah memahami seluk beluk contoh application letter secara mendalam, Anda perlu membuat surat lamaran atau application letter dengan benar, menggunakan 3 struktur yang sudah dijelaskan di atas. Kirimkan surat lamaran ke perusahaan secara langsung atau melalui Pelangi Fortuna Global.

Pelangi Fortuna Global merupakan salah satu situs web terbaik yang wajib dikunjungi oleh para pencari kerja. Tersedia banyak lowongan pekerjaan di situs web ini dari berbagai perusahaan di Indonesia. Anda bisa menemukan pekerjaan yang paling tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Berbagai lowongan pekerjaan, persyaratan, penjelasan singkat mengenai job desc, dan rata-rata penghasilan tersedia lengkap di Pelangi Fortuna Global.

Related Posts