kontribusi untuk perusahaan

√ 9 Cara Menjawab Kontribusi untuk Perusahaan Saat Interview

Kontribusi untuk perusahaan adalah salah satu hal yang akan ditanyakan oleh perekrut saat mewawancarai kandidat atau pelamar kerja. Kandidat perlu menjawab pertanyaan ini dengan tegas dan tidak bertele-tele. Jawaban apa yang sebaiknya diberikan pada perekrut?

Sebelum mencari tahu jawaban seperti apa yang cocok untuk pertanyaan tersebut, kandidat perlu memahami terlebih dahulu mengapa perekrut menyampaikan pertanyaan mengenai kontribusi. Semua informasi mengenai pertanyaan wawancara ini bisa ditemukan di bawah ini.

Mengapa Perekrut Bertanya Mengenai Kontribusi?

Beberapa perekrut akan mengajukan pertanyaan seperti ‘kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan?’ Kandidat perlu mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan ini sebelumnya. Kandidat juga perlu memahami alasan dibalik pertanyaan yang disampaikan oleh perekrut ini.

1. Memastikan kualifikasi

Tujuan utama perekrut bertanya mengenai kontribusi kandidat adalah menggali jawaban dari kandidat. Jawaban yang diberikan oleh kandidat bisa menunjukkan kemampuan dan skill kandidat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

2. Mengecek kecocokan kandidat

Perekrut mempunyai tugas penting, yaitu menemukan kandidat yang mampu menyelesaikan pekerjaan serta sanggup bekerja sesuai dengan budaya yang dimiliki oleh perusahaan. Perekrut bisa mencari tahu apakah kandidat bisa cocok dengan budaya perusahaan melalui pertanyaan tentang kontribusi.

Pertanyaan mengenai kontribusi ini membawa pengaruh yang besar. Kandidat perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan ini dengan jujur dan tegas. Dengan begitu, posisi pekerjaan yang diinginkan pun akan berhasil diraih setelah wawancara selesai.

Baca Juga  Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

Menjawab Pertanyaan Tentang Kontribusi untuk Perusahaan

Bagaimana sebaiknya kandidat menjawab pertanyaan mengenai kontribusi apa yang bisa diberikan bagi perusahaan? Kunci utama untuk menjawab pertanyaan ini dengan sukses adalah jujur. Kemudian pelajari beberapa contoh kontribusi untuk perusahaan berikut ini sebelum interview.

1. Berkomitmen memajukan perusahaan

Kontribusi terbaik yang bisa dilakukan oleh karyawan adalah komitmen yang tinggi. Komitmen tinggi sangat penting karena bisa menjadi jembatan antara atasan dan karyawan. Dengan jembatan ini, etos kerja yang lebih baik bisa dibangun sehingga perusahaan bisa meraih kesuksesan.

Contoh jawaban tentang komitmen adalah: “Di perusahaan sebelumnya, saya selaku Sales Executive yang mampu membuat 25% konsumen kembali dan bergabung ke komunitas untuk membeli lebih banyak produk. Saya berkomitmen untuk menggunakan kemampuan dalam memajukan perusahaan.”

2. Bekerja keras meraih kesuksesan

Kerja keras adalah kontribusi terbaik lainnya yang bisa diberikan oleh karyawan kepada perusahaan. Kerja keras ibarat jembatan yang membawa perusahaan meraih kesuksesan. Komitmen yang disandingkan dengan kerja keras akan menghasilkan etos kerja yang lebih baik.

Informasikan perwujudan kerja keras yang bisa Anda lakukan, misalnya: “Saya bekerja keras memberikan semua yang terbaik untuk perusahaan. Saya tidak suka menunda pekerjaan, selalu berusaha untuk tidak membuat kesalahan dalam bekerja, dan selalu datang tepat waktu.”

3. Menyumbang inovasi bagi perusahaan

Inovasi serta kreativitas adalah dua hal penting yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan, apapun perusahaannya. Inovasi adalah kontribusi yang baik bagi perusahaan, terutama jika kandidat bisa menyumbang inovasi di project yang baru serta telah direncanakan dengan sangat matang.

Contoh kontribusi berupa inovasi adalah: “Dengan kemampuan kreativitas yang tinggi, saya telah berhasil memberikan terobosan kreatif untuk beberapa proyek besar di perusahaan sebelumnya. Saya akan menggunakan kemampuan saya dalam memajukan perusahaan ini.”

Baca Juga  Berapa Lama Menunggu Hasil Interview? Pelamar Kerja Wajib Tahu!

4. Loyal dan berdedikasi bagi perusahaan

Saat ini, perusahaan kesulitan menemukan karyawan yang loyalitasnya tinggi serta mempunyai dedikasi penuh. Jika Anda mempunyai kualitas tersebut, sampaikan pada perekrut bahwa salah satu kontribusi untuk perusahaan adalah loyalitas dan dedikasi bagi perusahaan.

Salah satu cara untuk menginformasikan pada perekrut mengenai kontribusi ini adalah: “Saya loyal terhadap perusahaan dengan cara mengikuti seluruh peraturan yang ada. Saya juga mempunyai dedikasi untuk mencapai seluruh target yang diberikan.”

5. Selalu jujur dan berintegritas

Perusahaan sangat menghargai karyawan yang punya integritas tinggi serta tetap jujur meskipun orang lain bertindak tidak jujur. Biasanya, orang yang terbukti jujur akan dilibatkan dalam proyek yang besar, apalagi jika orang tersebut mau bekerja keras untuk perusahaan.

Contoh jawaban kontribusi mengenai kejujuran adalah: “Saya selalu bertindak jujur dalam semua aspek kehidupan, termasuk saat bekerja. Saya tidak pernah membocorkan data perusahaan demi kepentingan pribadi. Saya juga tidak pernah mengambil hak dan barang yang bukan milik saya.”

6. Punya motivasi dan semangat yang tinggi

Motivasi dan gairah yang tinggi akan membantu karyawan untuk menghadapi masalah yang muncul di perusahaan dengan lebih tenang. Hasilnya, karyawan akan mampu menangani permasalahan dengan baik serta memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan tersebut.

Kandidat bisa menjawab pertanyaan kontribusi dengan: “Dengan semangat dan motivasi yang tinggi, saya ingin memajukan perusahaan agar menjadi lebih kuat. Saya akan melakukan yang terbaik dalam melakukan pekerjaan dengan lebih maksimal sesuai dengan yang perusahaan harapkan.”

7. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Bagaimana caranya memberikan kontribusi untuk perusahaan dengan tujuan meningkatkan produktivitas perusahaan? Diperlukan berbagai perilaku positif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, misalnya mampu memberikan pengaruh positif pada rekan-rekan sekerja.

Contoh jawaban untuk pertanyaan yang satu ini adalah: “Saya mempunyai kepribadian yang ramah dan menyenangkan hingga mendapatkan reward best employee di perusahaan sebelumnya. Saya mampu beradaptasi dengan lebih cepat dan memotivasi tim untuk memberikan yang terbaik.”

Baca Juga  Ketahui Beberapa Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

8. Mampu membangun tim yang baik

Perusahaan akan maju jika karyawannya mau bekerja bersama-sama sebagai tim yang kompak. Diperlukan fleksibilitas serta kemampuan untuk bekerja sama agar sebuah tim bisa beroperasi dengan maksimal sehingga perusahaan bisa berkembang tanpa hambatan.

Salah satu cara untuk menjawab pertanyaan kontribusi ini adalah: “Saya mempunyai sifat mudah dan suka bersosialisasi. Saya bisa dengan mudah bekerja sama dalam sebuah tim. Saya juga mampu menurunkan ego sehingga lebih mudah untuk berpikir bersama demi kesuksesan proyek.”

9. Mengikuti perkembangan perusahaan

Perusahaan akan selalu berkembang. Bisa jadi karyawan perlu menyesuaikan diri lagi dengan job description yang baru. Perusahaan akan sangat menghargai karyawan yang mampu beradaptasi dan mempunyai minat yang tinggi untuk belajar sesuatu yang baru demi memajukan perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan kontribusi, kandidat bisa mengatakan: “Saya mempunyai minat yang tinggi untuk belajar serta kemampuan yang bagus untuk beradaptasi dengan hal yang baru. Ini bisa membantu saya bekerja dengan lebih maksimal sesuai perkembangan perusahaan.

Kontribusi Menentukan Pekerjaan Anda

Kontribusi yang kandidat berikan untuk perusahaan bisa mempengaruhi kemajuan dan perkembangan perusahaan. Pahami kemampuan yang Anda miliki sebelum melamar pekerjaan melalui Pelangi Fortuna Global. Berbagai lowongan pekerjaan tersedia untuk berbagai posisi.

Kunjungi situs web resmi Pelangi Fortuna Global dan temukan pekerjaan yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Kirimkan lamaran untuk pekerjaan tersebut dan pelajari semua contoh jawaban kontribusi untuk perusahaan di atas sambil menunggu panggilan untuk interview atau wawancara.

Pastikan untuk memilih jawaban yang memang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Hindari memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan kenyataan agar peluang untuk diterima lebih besar.

Related Posts