5 Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Wawancara Kerja

kelebihan dan kekurangan wawancara kerja

Menjawab berbagai pertanyaan yang muncul setiap wawancara kerja pasti membuat pelamar gugup. Padahal, pelamar kerja pasti sudah menyiapkan jawaban-jawaban dengan matang. Apalagi, pertanyaan seperti kelebihan dan kekurangan wawancara kerja.

Topik tersebut seringkali menjadi boomerang bagi pelamar yang tidak bisa atau salah menjawab karena gugup. Saat melakukan wawancara kerja, banyak pelamar yang tidak menjawab pertanyaan yang menanyakan kekurangan dan kelebihan karena bingung bagaimana menjawabnya.

Pada artikel ini, akan dibahas bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, sehingga bisa lolos dari tahapan wawancara. 

3 Poin Penting Saat Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan saat wawancara kerja, sebaiknya pelamar memperhatikan beberapa poin ini:

1. Berikan Jawaban Jujur

Pastikan selalu memberikan jawaban yang jujur atas semua pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri yang diberikan.

Jawablah pertanyaan dengan apa adanya dan jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan. Selain itu, pastikan pewawancara percaya bahwa apa yang dikatakan adalah karakter yang sesungguhnya. 

2. Menjawab Setiap Pertanyaan dengan Benar dan Baik

Para pelamar kerja juga harus menjawab setiap pertanyaan yang pewawancara berikan dengan baik, benar, serta jujur. Walaupun sedang membicarakan kekurangan, pelamar tidak boleh merasa kurang percaya diri, begitupun saat menjawab tentang kelebihan.

Baca Juga  Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

3. Tidak Melimpahkan Kesalahan pada Orang Lain

Hal yang tidak boleh para pelamar kerja lakukan dalam menjawab kelebihan dan kekurangan wawancara kerja adalah dengan menyalahkan orang lain. Pastikan selalu menjawab pertanyaannya dengan bertanggung jawab tanpa menjadikan orang lain sebagai kambing hitam.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan Diri Saat Wawancara Kerja

Sesi wawancara memang menjadi waktu yang sangat mencemaskan bagi para pelamar pekerjaan. Pasalnya, sesi ini merupakan saat penentu lolos atau tidaknya pelamar kerja untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Dari banyaknya pertanyaan saat wawancara, salah satu jenis pertanyaan yang sering membuat pelamar kerja menjadi gugup saat menjawabnya adalah mengenai kekurangan dan kelebihan dirinya. Berikut ini lima cara menjawab pertanyaan terkait kelebihan diri:

1. Dapat Bekerja dalam Tim dengan Baik

Banyak pekerjaan yang membutuhkan koordinasi dan kekompakan yang kuat antara anggota tim. Oleh karena itu, penting bagi setiap pelamar kerja untuk menyatakan bahwa dirinya dapat bekerja dalam tim dengan baik. 

Tapi, jangan lupa utarakan bahwa pelamar juga mampu bekerja secara individu. Menceritakan pengalaman berorganisasi bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kemampuan bekerja dalam tim. 

2. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Komitmen yang tinggi dalam bekerja merupakan hal yang sering pewawancara tanyakan. Salah satu cara menjawabnya adalah dengan menunjukkan kinerja yang baik selama bekerja, serta kemampuan yang mumpuni dan pandangan positif dalam menyikapi setiap masalah dan pekerjaan. 

3. Memiliki Kemampuan Komunikasi dan Interpersonal yang Baik

Komunikasi adalah salah satu aspek yang penting dalam bekerja. Ketika melamar suatu pekerjaan, orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan memiliki nilai lebih. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, koordinasi antar karyawan akan terjalin dengan lancar.

Selain kemampuan komunikasi, kemampuan interpersonal juga menjadi aspek penting dalam bekerja. Pasalnya, aspek ini akan mendukung dan membantu menjaga hubungan dalam bekerja. 

Untuk menjelaskan aspek komunikasi dan interpersonal dalam wawancara, harus ditunjukkan dengan berbicara secara lugas yang mudah dimengerti oleh orang lain. Selain itu, jawaban yang diberikan harus mampu mencerminkan pandangan yang baik dan memiliki kemampuan negosiasi.

Baca Juga  √ Cara Membalas Email Panggilan Kerja dan Interview yang Baik

4. Memiliki Passion pada Bidang Pekerjaan Ini

Salah satu jawaban yang bisa memperlihatkan kelebihan adalah dengan menjawab memiliki passion pada bidang pekerjaan tersebut. Maksud dari passion dalam bekerja adalah pegawai dapat menikmati pekerjaan dan membawa pikiran positif yang akan meningkatkan kinerjanya. 

5. Senang Belajar Hal-Hal Baru

Banyak perusahaan yang senang memiliki karyawan yang terus ingin belajar hal baru. Pasalnya, belajar hal baru bisa mengembangkan pribadi dan juga tempat kerja menjadi lebih baik. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa seseorang tidak takut untuk keluar dari zona nyamannya. 

Baca Juga : Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview Paling Tepat

Tips Menjawab Pertanyaan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

Saat bertanya terkait kelebihan dan kekurangan wawancara kerja, tentu saja yang ditanyakan bukan hanya kelebihan, melainkan juga kekurangan. Ketika menjawab kekurangan, pelamar tidak boleh malu, gugup, atau tidak percaya diri. Berikut contoh menjawab pertanyaannya:

1. Bahasa Asing yang Kurang Baik

Dewasa ini, kebanyakan perusahaan meminta karyawannya untuk dapat menguasai lebih dari satu bahasa asing.

Hal ini terjadi karena tidak terlepas dari kemajuan zaman yang memaksa perusahaan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai institusi asing. Oleh karena itu, karyawan yang menguasai bahasa asing menjadi prioritas.

Maka dari itu, para pelamar kerja perlu untuk menyampaikan kemampuan bahasa asing apa saja yang dikuasai dan apa saja yang masih perlu diasah. Tak perlu takut, pelamar dapat menyampaikan kekurangan ini secara jujur.

2. Belum Memiliki Pengalaman Kerja yang Cukup

Salah satu contoh kekurangan diri yang dapat diungkapkan saat wawancara adalah pengalaman yang masih sedikit. Alasan yang satu ini merupakan hal yang umum, apalagi dalam kalangan fresh graduate

Menjabarkan hal-hal yang dapat menunjang karier, walaupun dengan pengalaman yang sedikit bisa menjadi cara untuk menutupi kelemahan ini. Misalnya, pengalaman mengikuti kursus dan seminar yang dapat menunjang kemampuan dalam bekerja. 

Baca Juga  √ 10 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji (Lengkap!)

3. Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri bisa diungkapkan saat wawancara sebagai suatu kekurangan. Kekurangan yang satu ini biasanya menghantui para introvert yang lebih suka bekerja secara mandiri.

Setelah mengungkapkan kekurangan ini, jangan lupa untuk mengungkapkan bahwa kekurangan ini sudah mulai berkurang. 

4. Sulit Berinteraksi dengan Rekan Kerja

Kesulitan berinteraksi dengan rekan kerja adalah salah satu kelemahan yang biasa diungkapkan selama wawancara. Namun, pastikan untuk dapat menjelaskan bagaimana cara mengatasi dan meningkatkan interaksi antar karyawan.

5. Sulit untuk Meminta Bantuan

Contoh kekurangan diri yang bisa disampaikan saat wawancara adalah sulit atau merasa tidak enak untuk meminta bantuan kepada sesama rekan kerja maupun atasan. 

Sebenarnya, keengganan untuk meminta bantuan bisa dibilang merupakan kemandirian. Tetapi, kemandirian yang merupakan kualitas serta bukti etos kerja yang positif pun ada batasnya. Pekerja tetap perlu mengetahui, kapan harus meminta bantuan dan kapan tidak.

Jika sebelumnya ada keengganan dalam meminta bantuan, maka hal ini harus mulai dihindari. Karena, meminta bantuan bukanlah sebuah pertanda kekurangan. Justru, meminta bantuan adalah cara untuk menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dengan cepat dan lebih efektif. 

Dengan memperlihatkan sikap yang tidak enggan meminta bantuan, maka pihak perusahaan akan melihat pelamar kerja sebagai sosok yang tidak egois dan mau bekerja sama dengan baik.

Baca Juga : Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Itulah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjawab kelebihan dan kekurangan wawancara kerja. Dengan menerapkan jawaban-jawaban yang telah disesuaikan dengan pribadi masing-masing, maka wawancara kerja akan semakin mudah untuk dilakukan. 

Di era pandemi seperti sekarang ini, mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Namun, tak perlu khawatir. Para pelamar dapat mengunjungi website pelangifortunalglobal.com untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kemampuan.