motivasi kerja saat interview

Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview Paling Tepat

Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview Paling Tepat

Salah satu penentu lolos seleksi dilihat dari jawaban motivasi kerja saat interview berlangsung. Sebagai pelamar yang menginginkan posisi tersebut, alasan yang diberikan harus meyakinkan dan masuk akal.

Banyak pencari kerja yang gagal mendapatkan pekerjaan karena asal-asalan memberi jawaban. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini ada beberapa contoh motivasi yang baik dan benar dijamin sukses masuk perusahaan impian:

Tips Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview

  1. Motivasi Sesuai dengan Pekerjaan

Motivasi kerja harus relevan dengan pekerjaan, berikan jawaban sesuai job desc. Sebagai contoh, melamar kerja sebagai marketing, tapi tidak ingin berhubungan dengan banyak orang. Alasan ini sudah pasti ditolak oleh perekrut.

Tunjukkan sikap optimis dan keinginan yang kuat untuk menjalankan peran serta tanggung jawab. Misalnya, ingin menjalin relasi dengan rekan kerja dan klien agar target tercapai.

Coba kaitkan dengan pengalaman dan beri respon terhadap pekerjaan tersebut. Misal, memiliki keahlian kerja tim dan menarik hubungan klien sehingga proyek-proyek kreatif berjalan dengan baik.

Kemampuan tersebut dapat digunakan sebagai motivasi kerja, ingin menerapkan pencapaian sebelumnya di perusahaan baru.

  1. Berikan Alasan Jujur

Tips paling ampuh dalam menghadapi interview adalah bersikap jujur, termasuk ketika menjawab motivasi melamar kerja. Terus terang membuat perasaan lebih tenang karena tidak dihantui rasa khawatir atas jawaban palsu yang diberikan.

Disisi lain, recruiter dapat menilai kejujuran dari bahasa tubuh yang ditunjukkan pelamar. Sepintar-pintarnya berbohong akan tetap ketahuan.

Tampil berlebihan dan bicara tidak sesuai kenyataan mendatangkan kerugian besar. Lebih baik menjawab apa adanya, jujur saja apabila memiliki kekurangan. Intinya, utamakan sikap baik saat melakukan interview. Jangan lupa meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Jangan Menunjukkan Sikap Sombong

Membanggakan diri saat interview kerja boleh dilakukan, tapi lebih baik tidak berlebihan untuk menjaga image. Sikap ini dapat dianggap sombong oleh recruiter dan cenderung menjadi sinyal negatif.

Baca Juga  8 Tips Agar Sukses Wawancara Kerja di Bank dan Contoh Wawancara [Lengkap!]

Perlu diketahui, perusahaan manapun membutuhkan orang yang dapat bekerjasama dengan baik untuk mencapai target.

Meskipun memiliki kemampuan yang dapat dibanggakan, tetap sampaikan dengan hati-hati. agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Bicarakan prestasi yang pernah dicapai dengan rendah hati, jangan seolah semua itu dilakukan sendirian.

Tidak menunjukkan bahwa pencapaian tersebut dilakukan oleh team terkesan memiliki ego besar. Padahal, sikap ini cenderung menghambat jalannya kerja di dalam team.

  1. Motivasi Mengarah pada Hal Positif

Memberikan jawaban motivasi positif sudah pasti disukai oleh perusahaan. Hal ini tidak hanya memberikan kesan baik, tapi juga meningkatkan peluang lolos seleksi.

Jangan memberikan nada yang biasa saja, jelaskan dengan penuh antusias untuk menambah nilai. Buat jawaban motivasi kerja saat interview semenarik mungkin untuk memikat recruiter.

Selain itu, motivasi positif memberikan pengaruh yang baik terhadap produktivitas karyawan dalam jangka panjang. Perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki motivasi positif, sekaligus dapat menerapkan di lingkungan kerja.

Contoh Jawaban Motivasi Kerja pada Saat Interview

Tak jarang memang ketika melamar pekerjaan dan berhasil lolos ke tahapan interview, pelamar akan bingung sendiri terkait persiapan jawaban atas pertanyaan. Jangan ragu menjelaskan motivasi kerja saat interview, berikut contoh jawaban yang dapat ditiru:

  1. Keluar dari Zona Nyaman

Seseorang berjiwa tangguh akan melamar pekerjaan yang dianggap menantang. Keluar dari zona nyaman ini dapat digunakan sebagai jawaban motivasi saat interview kerja. 

Cara ini cukup ampuh untuk memikat recruiter. Akan tetapi, berikan alasan yang jelas dan hati-hati untuk menghindari pertanyaan jebakan lainnya.

Sebagai contoh, tertantang dengan pekerjaan karena adanya target yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Didukung latar pendidikan sesuai dengan bidang tersebut, sehingga sekaligus dapat mengukur kemampuan yang dimiliki.

  1. Perusahaan Memiliki Ruang untuk Mengembangkan Karya
Baca Juga  Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Sampaikan jawaban dengan cara yang lebih bagus. Tidak masalah jika ingin menambahkan pujian karena tidak semua perusahaan memberikan ruang pada karyawan untuk berkreasi.

Kurang lebih seperti ini contoh motivasi kerja saat interview, perusahaan memberikan ruang yang luas untuk berinovasi secara signifikan. Dengan demikian, potensi karyawan dapat tersalurkan dengan baik melalui bidangnya.

Motivasi ini jelas membuat rekuiter tertarik, pasalnya perusahaan membutuhkan cara berbeda untuk memecahkan setiap masalah.

  1. Mewujudkan Misi Perusahaan dengan Bakat yang Dimiliki

Sebagian besar pelamar memberikan jawaban motivasi yang mengarah pada kepentingan pribadi. Membantu mewujudkan misi perusahaan sangat jarang digunakan. Meskipun terkesan terlalu percaya diri, alasan ini dapat menarik perhatian recruiter.

Sebagai contoh, melamar pekerjaan karena ingin memajukan perusahaan. Beberapa produk yang dikeluarkan tertinggal dari kompetitor. Hal tersebut dapat mengakibatkan market share turun.

Dengan pengalaman yang mumpuni, pelamar menjanjikan perusahaan dapat menyaingi kompetitor dengan mengupgrade produk-produk tersebut.

Calon karyawan yang tidak pelit membagi pengalaman dan ilmu menguntungkan bagi perusahaan. Pelamar seperti ini otomatis masuk sebagai kandidat karyawan unggulan.

Jawaban Motivasi Kerja yang Harus Dihindari

Ternyata ada juga jawaban yang wajib dihindari agar lolos ke tahapan selanjutnya. Jangan memberikan jawaban yang terlalu umum, berikut ini contoh motivasi kerja yang harus dihindari:

  1. Mencari Pengalaman Baru

Jawaban ini sering kali digunakan oleh pelamar fresh graduate. Perlu diingat, perusahan bukan tempat mencapai pengalaman baru. Recruiter jelas lebih memilih calon karyawan yang lebih berpengalaman.

Bukan berarti fresh graduate kalah bersaing dengan lulusan lama yang sudah malang melintang di dunia kerja. Perusahaan melirik sarjana baru dengan kualifikasi memiliki kemampuan berpikir kritis,  problem solving, leadership, kerjasama team, atau lainnya.

Baca Juga  Cara Perkenalan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

Meskipun belum pernah bekerja sebelumnya, setidaknya bekali diri dengan skill yang mendukung pekerjaan.

Dengan kata lain, perusahaan adalah tempat untuk menerapkan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan. Jadi, jangan lagi menggunakan alasan mencari pengalaman baru sebagai jawaban motivasi saat interview.

  1. Ingin Mendapatkan Penghasilan Lebih Tinggi

Setiap perusahaan sudah pasti memberikan upah kepada semua karyawan. Standarnya pun berbeda sesuai dengan bidang pekerjaan.

Membicarakan gaji sebagai jawaban motivasi kerja bukan hal yang baik. Rekruitmen tidak mengharapkan calon karyawan memberikan alasan tersebut.

Biasanya, motivasi yang berhubungan dengan uang mengarah pada masalah pribadi. Sangat tidak disarankan membicarakan hal tersebut saat interview.

Selain penghasilan, jangan memberikan jawaban motivasi yang mengarah ke hal negatif, seperti tidak nyaman dengan lingkungan terdahulu, mendapat perlakuan tidak adil, beban kerja berlebihan, dan masih banyak lagi.

Alasan-alasan tersebut membuat calon pelamar terkesan tidak memiliki tujuan. Lebih baik cari motivasi kerja yang jelas dan masuk akal.

  1. Mengisi Waktu Senggang

Melamar pekerjaan hanya untuk mengisi waktu senggang menunjukkan ketidakseriusan, dan menurunkan nilai pelamar di mata rekuiter. Saat ini lapangan pekerjaan diperebutkan banyak orang, jawaban tersebut cenderung terkesan meremehkan.

Apalagi saat mengisi bidang yang bukan main-main, perusahaan tidak membutuhkan karyawan yang sekadar mengisi waktu luang saja.

Jawaban saat interview tentang motivasi kerja harus dipikirkan dengan sungguh-sungguh. Jangan sia-siakan kesempatan, tampilkan yang terbaik dan semaksimal mungkin.Siapkan diri sebaik mungkin agar pewawancara terkesan dan segera merekrut calon karyawan. Jawaban motivasi kerja saat interview dapat dipelajari di pelangifortunaglobal.com. Pelamar juga dapat menemukan ribuan lowongan pekerjaan.

Related Posts