cara membatalkan interview kerja

Cara Membatalkan Interview Kerja Sopan Tanpa Merusak Citra Diri

Hampir semua orang pernah melamar beberapa pekerjaan sekaligus. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan peluang diterima yang lebih besar. Akan tetapi, bagaimana cara membatalkan interview kerja ketika menerima tawaran secara bersamaan?

Tentunya pelamar hanya bisa memilih satu perusahaan yang paling prospektif, artinya tawaran interview yang lain harus  segera dibatalkan. Berikut penjelasan cara menolak undangan wawancara dengan sopan tanpa merusak relasi dengan perekrut:

Cara Membatalkan Interview Kerja Secara Langsung

Sebaiknya pembatalan interview dilakukan secara langsung agar tersampaikan dengan baik. Inilah cara menolak tawaran kerja yang tepat:

  1. Renungkan dengan Baik Tawaran Interview

Kesempatan belum tentu akan datang lagi, renungkan dengan baik ketika mendapat undangan interview secara bersamaan. Pilih salah satu perusahaan yang benar-benar memberikan jenjang karir bagus.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, diantaranya yakin pada diri sendiri bahwa memahami pekerjaan tersebut, gaji sesuai dengan peran dan keterampilan, menyetujui kebijakan perusahaan, serta siap membantu perusahaan mencapai tujuan.

Sementara itu, team HRD tidak sembarangan memilih kandidat. Banyak faktor yang melatar belakangi terpilihnya beberapa pelamar. 

Ingat bahwa banyak pesaing memperebutkan posisi tersebut di perusahaan, artinya kandidat terpilih adalah orang-orang unggul yang memenuhi syarat. Apabila memang harus membatalkan undangan interview, pikirkan dengan matang agar tidak menyesal nantinya.

  1. Segera Sampaikan Keputusan yang Diambil

Segera sampaikan keputusan yang diambil jika memang sudah memiliki tekad kuat menolak pekerjaan. Jangan membuat pihak recruiter menunggu lama, dan secepatnya mencari pengganti untuk posisi tersebut. Hubungi kembali paling lama dua hari setelah mendapat undangan interview. 

Semakin cepat semakin baik karena pihak recruiter juga bekerja dengan target, mempersiapkan seluruh rangkaian tes masuk perusahaan dengan sangat baik. Itulah sebabnya jangan membuat recruiter menunggu konfirmasi yang terlalu lama.

  1. Ucapkan Permohonan Maaf dan Terima Kasih
Baca Juga  √ 6 Cara Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan (Lengkap!)

Ingat bahwa recruiter juga berpikir keras dalam memilih kandidat yang paling tepat. Tidak hanya duduk-duduk santai, mengecek satu persatu CV dari sekian banyak pelamar cukup memusingkan.

Sebagian besar recruiter juga melakukan pengecekan sosial media dan Linkedln untuk memastikan reputasi pelamar. Setelah menemukan beberapa pelamar yang memenuhi syarat, barulah mengundang para kandidat, dan membuat jadwal interview.

Jadi, sampaikan permohonan maaf jika memang harus menolak pekerjaan tersebut. Hargai usaha recruiter dengan ucapan terima kasih karena sudah diberi kesempatan mengikuti interview.

Cara membatalkan undangan interview dengan permohonan maaf dan ucapan terima kasih menggambarkan seseorang yang memiliki attitude baik.

  1. Jangan Mengatakan Menghadiri Interview Lain

Di tengah sulitnya mencari pekerjaan seperti saat ini, tidak sedikit yang melamar pekerjaan bercabang. Akan tetapi, hindari memberikan alasan menghadiri undangan lain untuk membatalkan interview.

Apabila alasannya memang berbenturan jadwal, jangan terburu-buru membatalkan salah satunya. Coba bernegosiasi dengan perusahaan yang memiliki aturan mudah untuk melakukan pergantian jadwal.

Recruiter tidak hanya bertugas mengurus karyawan baru saja, masih banyak proyek perusahaan yang menanti. Oleh karena itu, hubungi secepatnya agar segera dibuatkan jadwal wawancara baru.

  1. Coba Minta Perubahan Jadwal Sebagai Opsi Terakhir

Meskipun kurang profesional, minta perubahan jadwal sebagai opsi terakhir tidak masalah. Oleh karena itu, atur rencana kegiatan terlebih dahulu.

Jangan mengajukan perubahan jadwal untuk urusan yang tidak penting, seperti berlibur ke luar kota. Ajukan perubahan jadwal jika memang dibutuhkan. Cek agenda kembali terlebih dahulu agar tidak ada benturan jadwal dengan kegiatan lain.

  1. Sampaikan Alasan dengan Bahasa yang Sopan
Baca Juga  Walk in Interview : Pengertian, Persiapan & Tips Menghadapinya (Lengkap!)

Jangan menolak undangan interview tanpa memberi alasan. Banyak yang ingin mendapatkan pekerjaan tersebut, lalu kenapa ada pelamar yang justru menolak?

Faktor penyebab pelamar menolak pekerjaan juga menjadi masalah yang perlu diselesaikan nantinya. Jadi, apapun alasannya sampaikan dengan baik kepada pihak recruiter.

Apabila memang tidak cocok dengan kebijakan perusahaan, sampaikan saja dan beri penjelasan aspek-aspeknya. Misalnya, tidak dapat bekerja sampai larut malam, tapi perusahaan menerapkan sistem lembur.

Jelaskan dengan sopan jika sudah diterima dan bekerja di tempat lain. Alasan ini masih dapat diterima dan dimaklumi oleh recruiter.

Jika kondisi saat itu tidak memungkinkan untuk menghubungi recruiter secara langsung, tidak masalah menyampaikan maksud via online. Simak artikel ini sampai selesai untuk mempelajari contoh email menolak panggilan kerja yang baik dan benar. 

  1. Bersikap Profesional untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Perusahaan

Menyampaikan dengan bahasa yang sopan dan sikap profesional memungkinkan perusahaan tetap memberikan peluang kerja kemudian hari. Siapa tahu recruiter dengan senang hati menyimpan CV pelamar.

Oleh sebab itu, menjaga relasi sangat penting. Jangan menunjukkan sikap tidak respek kepada recruiter maupun kandidat lain. Fokus saja pada penyampaian maksud penolakan interview, dan akhiri percakapan.

Membatalkan Interview Kerja Melalui Email

Apabila seluruh tahap seleksi masuk perusahaan dilakukan secara online, berikut ini cara menolak undangan interview dengan sopan melalui email:

  1. Berikan Balasan Secepatnya

Cara membatalkan undangan interview melalui email tidak jauh berbeda dengan menyampaikan secara langsung. Apabila keputusan menolak pekerjaan sudah bulat, segera sampaikan pada recruiter secepatnya. Berikut ini contoh email tidak dapat hadir interview:

Kepada Perusahaan XX

Saya mengucapkan terima kasih atas tawaran yang Bapak/Ibu berikan, dan saya sangat menghargainya.

Saya terkesan dengan misi perusahaan XX yang inovatif dan profesional. Akan tetapi, setelah mempertimbangkan banyak hal, saya belum bisa menerima tawaran tersebut.

Posisi pekerjaan yang diberikan kepada tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman saya. 

Semoga berharap Bapak/ibu segera mendapatkan kandidat pengganti yang lebih cocok untuk posisi tersebut. 

Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari saya melamar kembali di perusahaan XX apabila ada lowongan yang sesuai.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas keputusan ini. Sekali lagi, terimakasih atas tawaran yang Bapak/Ibu berikan. Sukses selalu untuk perusahaan XX.

Hormat saya,

Pelamar

  1. Hindari Kalimat yang Bertele-tele
Baca Juga  Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele, tulis yang penting untuk dikatakan saja. Hindari gaya penulisan yang terkesan emosional. Hal ini membuat recruiter menganggap pelamar tidak kompeten.

Apabila perusahaan tersebut membuka lowongan kembali, bisa jadi kesempatan diterima menjadi lebih rendah.

Pastinya, penolakan membuat salah satu pihak merasa kecewa. Namun, tidak menjadi masalah karena berani mengambil tindakan jujur dalam hal pekerjaan.

Berikan alasan yang to the point agar perusahaan tidak berasumsi macam-macam. Tidak perlu berlebihan apalagi menjelaskan masalah di luar pekerjaan, seperti tidak dapat mengikuti interview karena penyakit bawaan kambuh, atau ke luar kota karena saudara meninggal.

Sebaiknya, berikan alasan yang berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya, sudah diterima kerja di tempat lain, lolos beasiswa S2 luar negeri, dan masih banyak lagi.Sebagian besar pelamar pasti pernah berada di posisi ingin menolak tawaran perusahaan, tapi tidak tahu cara membatalkan interview kerja dengan benar. Jangan khawatir, pelangifortunaglobal.com bisa mengatasi masalah tersebut , serta menyediakan pembahasan seputar dunia karir lainnya.

Related Posts