√ 7 Cara Menjawab “Mengapa Kami Harus Menerima Anda?” (Lengkap!)

mengapa kami harus menerima anda

Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika interview kerja adalah “Mengapa kami harus menerima Anda?”. Pernah mendapatkan pertanyaan serupa? Bagaimana, sudah bisa menjawabnya dengan sempurna atau belum? 

Pastinya semua pelamar ingin tahap interview berjalan lancar dan semua jawaban memuaskan, sehingga persentase diterimanya sebagai karyawan atau pekerja semakin besar. Dengan demikian, menyiapkan jawaban terbaik adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. 

Daftar Cara Menjawab Mengapa Kami Harus Menerima Anda?

Sebenarnya, ada berbagai macam jawaban yang bisa diutarakan ketika mendapat pertanyaan “mengapa kami harus menerima Anda?”. Lantas, bagaimana jawaban terbaiknya? Berikut ini ulasannya:

1. Menjabarkan Keahlian dan Keterampilan

Perusahaan tentu saja membutuhkan alasan mengapa kami harus menerima Anda sebagai bahan pertimbangan yang matang ketika hendak menerima pelamar. Jika mendapatkan pertanyaan serupa, maka cara pertama untuk menjawabnya adalah dengan menjabarkan keahlian serta keterampilan yang dimiliki. 

Jelaskan kepada HRD bahwa keahlian dan keterampilan yang dimiliki merupakan hal yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Jelaskan pula bahwa keahlian dan keterampilan yang dimiliki akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

Contoh jawaban interview saat ditanya mengapa kami harus menerima Anda?:

“Kemahiran yang saya miliki pada beberapa hal, masih sangat berhubungan dengan posisi ini, sehingga berpotensi mendukung kemajuan serta perkembangan perusahaan, khususnya di bidang ini. 

Selain itu, keterampilan yang saya miliki sangat relevan di bidang ini. Dengan demikian, saya yakin bahwa dapat mengikuti arus kerja dengan cepat dan baik.”

2. Menjelaskan Pengalaman Kerja yang Serupa

Jika dirasa cara pertama belum cocok, maka silahkan menggunakan cara kedua, yakni menjelaskan pengalaman yang telah dilalui dan serupa dengan posisi yang dibutuhkan. Pada beberapa perusahaan, pengalaman kerja menjadi tolak ukur utama untuk menerima karyawan. 

Baca Juga  Cara Perkenalan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

Dengan demikian, menjelaskan pengalaman kerja ketika mendapatkan pertanyaan mengapa kami harus menerima Anda adalah jawaban terbaik yang efektif serta bisa menjadi bahan pertimbangan HRD. 

Contoh jawaban:

“Seperti yang saya sudah lampirkan pada portofolio, saya sudah sangat berpengalaman di bidang ini beberapa tahun terakhir dan sudah menghasilkan beberapa hasil karya. Maka dari itu, saya sangat percaya akan mampu berkontribusi dengan hasil memuaskan, khususnya untuk kemajuan perusahaan.”

3. Memiliki Background Pendidikan yang Sesuai

Masih ada jawaban lain yang bisa dijadikan pertimbangan ketika mendapatkan pertanyaan tersebut, misalnya saja menjelaskan jika memiliki background pendidikan yang sesuai dengan posisi dalam perusahaan. 

Jelaskan kepada perusahaan, meskipun merupakan seorang fresh graduate, tetapi pendidikan yang ditempuh selama ini sangat sesuai, sehingga bisa belajar serta mengikuti arus kerja dengan cepat. 

Jika sebelum melamar pekerjaan sudah pernah mengikuti magang atau pelatihan, maka akan sangat baik untuk menceritakannya kepada HRD sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut. 

Contoh jawaban:

“Saya lulusan juruan A di salah satu perguruan tinggi, namun saya sadar betul hal tersebut bukanlah hal besar karena saya belum memiliki pengalaman banyak. 

Meskipun masih fresh graduate serta belum memiliki banyak pengalaman, akan tetapi saya sudah pernah magang dan mengikuti berbagai macam pelatihan di bidang ini. 

Dengan demikian, pengalaman yang saya peroleh dari pelatihan serta magang sudah membuat saya terbiasa bekerja dalam sebuah tim, sehingga bisa belajar dengan cepat serta mudah dalam beradaptasi.” 

4. Ceritakan Keunikan yang Dimiliki

Perlu diketahui, ketika sedang melamar pekerjaan, tidak hanya satu orang saja yang mengajukan lamaran tetapi banyak. Dengan demikian, saingan untuk mendapatkan posisi tersebut sangatlah banyak dan cara efektif agar bisa menjadi satu-satunya yang terpilih adalah dengan menceritakan keunikan yang dimiliki. 

Baca Juga  Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Keunikan yang dimiliki dapat menjadi nilai plus ketika interview, sehingga kemungkinan untuk diterima dan bergabung dalam perusahaan sangat besar. Nah, yang dimaksud dengan keunikan tersebut adalah bisa berupa sertifikasi tertentu yang tentunya masih berhubungan dengan posisi atau jabatan pekerjaan yang dilamar. 

Contoh jawaban:

“Saya merupakan personal yang telah mengantongi beberapa sertifikasi dan sangat sesuai dengan posisi yang perusahaan ini inginkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan berkas-berkas yang sudah saya lampirkan dan juga tercatat dalam CV. 

Oleh karena itu, saya merasa sangat layak dan mampu mengemban tugas yang diberikan sesuai job desc yang tertera.”

5. Hindari Jawaban Klise

Terdapat beberapa hal yang perlu dihindari ketika mendapatkan pertanyaan tentang alasan mengapa harus diterima di sebuah perusahaan, salah satunya adalah memberikan jawaban klise. Jangan sampai memberikan jawaban yang klise, karena dapat berakibat fatal dalam interview. 

Pasalnya, jawaban-jawaban klise memiliki kesan yang mengambang dan tidak bisa menunjukkan potensi yang dimiliki, sehingga pihak perusahaan tidak akan tertarik untuk menerima pelamar. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memberikan jawaban dengan bukti nyata, agar terlihat unggul dari pelamar lainnya. 

Contoh jawaban yang baik:

“Saya pribadi merupakan personal yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap hal baru. Selain itu, saya sangat mau untuk belajar hal-hal baru, baik tentang pekerjaan ataupun hal lainnya. 

Tentu saja sisi diri saya satu ini sangat berguna, khususnya untuk perkembangan kinerja yang lebih baik serta berkembang dari waktu ke waktu.” 

6. Sampaikan Hal yang Tidak Tercantum di CV

Ketika sudah berhasil masuk ke tahap interview, itu berarti CV yang telah dilampirkan sudah lolos melalui proses screening. Karena di dalam CV sudah ada beberapa informasi mengenai pelamar, maka sangat disarankan untuk tidak menyampaikannya kembali ketika ada pertanyaan “mengapa kami harus menerima Anda?”. 

Baca Juga  Walk in Interview : Pengertian, Persiapan & Tips Menghadapinya (Lengkap!)

Sangat tidak baik apabila mengulang jawaban yang sudah tertuang di dalam CV, sehingga wajib untuk dihindari. Lantas, apa yang perlu dilakukan? Untuk menjawabnya, sampaikan skill yang sedang dipelajari atau bisa juga dengan menyampaikan workshop yang pernah diikuti, sehingga terkesan memiliki nilai lebih. 

Contoh jawaban:

“Semasa kuliah, saya merupakan mahasiswa yang sangat aktif di berbagai organisasi, baik intra maupun ektra. Saya juga aktif menjadi asisten salah satu dosen di kampus. Selain itu, saya juga pernah menjadi salah satu sukarelawan di berbagai macam event sosial, tepatnya di sekitar kampus dan dipercaya menjadi PIC pada acara tersebut.”

7. Menunjukkan Hasil Karya atau Portofolio

Nah, cara terakhir yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan serupa adalah dengan menunjukkan hasil karya atau portofolio yang pernah dibuat dan tentunya relevan dengan bidang tersebut. 

Dengan portofolio yang telah disampaikan tersebut, perusahaan bisa menilai bahwa pelamar merupakan kandidat yang layak dan bisa bergabung dengan perusahaan di posisi tertentu. 

Contoh jawaban:

“Jawaban atas pertanyaan tersebut terdapat dalam portofolio yang sudah saya buat dan ini adalah beberapa hasil kerja saya serta sudah menunjukkan bahwa skill yang saya miliki sangat cocok dengan kebutuhan perusahaan di bidang tersebut.”

Dengan mengikuti cara-cara di atas, dapat dipastikan pertanyaan seputar “mengapa kami harus menerima Anda?” akan terjawab dengan sempurna. Nah, jika sedang membutuhkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian namun tidak tahu caranya, silahkan kunjungi pelangifortunaglobal.com

Di sana merupakan wadah untuk membantu para pelamar kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian serta kemampuannya. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan pekerjaan yang sesuai agar tidak setengah hati dalam menjalaninya!