wawancara kerja bahasa inggris

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Sekarang ini ada banyak sekali perusahaan yang akan mewawancarai pelamarnya dengan wawancara bahasa Inggris.  Hal ini mungkin bisa membuat banyak orang menjadi gugup dan akhirnya tidak dapat menjawab wawancara kerja bahasa Inggris dengan baik. 

Persiapan Sebelum Interview Bahasa Inggris

Wawancara kerja atau interview adalah sebuah proses yang sangat penting dan krusial dimana nantinya akan menentukan apakah seorang pelamar akan mendapatkan pekerjaan yang dilamar atau tidak. 

Maka dari itu, penting bagi semua pelamar untuk mempersiapkan diri mereka sebelum proses wawancara. Pada pembahasan kali ini, secara spesifik akan dibahas lebih dalam mengenai apa saja yang harus disiapkan untuk wawancara kerja bahasa Inggris.

Sejatinya, wawancara bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sebenarnya sama saja. Pertanyaan yang ditanyakan dan juga kriteria penilaian pun tergolong sama. Satu-satunya hal yang membedakan adalah tujuannya.

Dengan bahasa Inggris, user tentu akan menguji kemampuan bahasa Inggris dari pelamar itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa pelamar lakukan sebagai persiapan untuk menghadapi wawancara kerja dalam bahasa Inggris:

1. Mempersiapkan Jawaban dari Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan

Karena biasanya pertanyaan yang ditanyakan pada proses wawancara merupakan pertanyaan-pertanyaan umum pada wawancara lainnya, para pelamar bisa mempersiapkan jawaban yang kira-kira akan dibutuhkan terlebih dahulu.

Pelamar tentunya sudah memiliki gambaran sendiri akan pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan di proses wawancara. 

Jika pelamar masih belum tahu pertanyaan yang biasanya ditanyakan, sekarang ini juga ada banyak sekali sumber yang bisa membantu pelamar untuk mengetahui hal tersebut. 

Baca Juga  5 Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Wawancara Kerja

Sudah ada sosial media dan juga berbagai website yang bisa digunakan untuk mencari informasi mengenai pertanyaan wawancara. Jika sudah menemukan pertanyaannya, maka pelamar tinggal mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Pelamar bisa mempersiapkan jawaban dalam bentuk poin-poin utama saja, atau bahkan membuat sebuah narasi jawaban secara lengkap yang bisa dihafalkan sebelum wawancara.

2. Berlatih untuk Menjawab Pertanyaan

Mempersiapkan jawaban saja tentunya belum cukup untuk menjamin pelamar bisa menghadapi wawancara kerja dengan baik, apalagi wawancara bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing dan tidak dipakai sehari-hari.

Maka dari itu, setelah mempersiapkan jawaban, para pelamar bisa berlatih dahulu untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara. Hafal dan lafalkan jawaban yang tadi sudah disiapkan agar pada proses wawancara nantinya pelamar bisa menjawab dengan lancar.

Pelamar juga bisa melatih pelafalan atau pengucapan agar terkesan lebih natural dan tidak terlihat dengan jelas bahwa pelamar menghafalkan jawaban yang mereka berikan.

Baca Juga : Contoh CV Fresh Graduate Pasti Lolos Seleksi Meskipun Tanpa Pengalaman

Contoh Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Masih bingung dengan gambaran wawancara kerja bahasa Inggris? Berikut ini adalah contoh pertanyaan sekaligus dengan jawaban yang sering kali muncul dalam proses wawancara. Jadikan contoh ini sebagai panduan untuk mempersiapkan diri sebelum proses wawancara.

1. Tell Me About Yourself

Kalimat yang satu ini mungkin bukan merupakan sebuah pertanyaan, namun sebuah permintaan untuk menceritakan diri sendiri. Untuk menjawab kalimat ini, pelamar bisa menceritakan secara singkat tentang diri sendiri. Berikut adalah contoh jawabannya:

“My name is Bagus Nugroho Sentosa. I am 25 years old and graduated from Bandung Institute of Technology with a bachelor’s degree in education. I currently live in West Jakarta in the Grogol area. 

I already have quite a lot of work experience in the education field. I have worked in several well-known institutions and agencies. 

I was once a head of the education consultant team at an online learning agency that focuses on developing Indonesian education for 2 years.

I am interested in applying at your company because I have a passion and background that is in line with your company’s goals and the position I am applying for.”

2. What Are Your Strengths That Make You Better Than Other Appliers?

Ketika menjawab pertanyaan ini, pastikan menjawab dengan skill yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu, jangan hanya menjawab dengan soft skill saja. Jawab dengan beberapa hal lain yang sekiranya bisa membuat diri lebih unggul dibandingkan dengan pelamar lainnya.

Baca Juga  Cara Perkenalan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

“I am a person who is very passionate in the field of education and also has a dream to be able to make Indonesian education to be more advanced and better. Therefore, I believe I have the same goals as your company. 

In addition, I have also been working in the education field for 5 years professionally so that I already have a lot of knowledge that can help your company to achieve your company’s goals. 

I am a hard worker and never give up. I can be relied on to work alone or as part of a team where I have to work with many people. I am also a disciplined person, I realize that time is a very important thing and I always do the project or task assigned to me on time.”

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

3. What Are Your Expectations For This Job or Position?

Saat menjawab pertanyaan ini, jawab dengan jawaban sesungguhnya apa saja ekspektasi ketika melamar pekerjaan. Dengan begini, maka pewawancara bisa tahu apakah seorang pelamar cocok dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga  8 Tips Agar Sukses Wawancara Kerja di Bank dan Contoh Wawancara [Lengkap!]

I believe that working in your company, especially in the position I am applying for, will give me a lot of development and as a means for me to realize my goals that I have mentioned earlier. 

I believe that this position will be the right platform for me to channel my passion and skills to be even better.

In addition, I’ve looked into your company’s reputation for being well-known for its highly teamwork-based work. I want to channel and also develop my teamwork skills so that I can socialize and work with many people better.”

4. Do You Have Any Questions That You Would Like to Ask?

Pertanyaan ini biasanya menjadi pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pewawancara sebelum proses wawancara selesai. ketika menjawab pertanyaan ini, jawab dengan pertanyaan yang memang ingin ditanyakan.

Namun jika bingung harus mengajukan pertanyaan apa, berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan yang bisa diajukan untuk mengetahui posisi dan perusahaan lebih dalam lagi:

  • What are the company’s expectations of me or what kind of project will be given to me when I assume the position I’m applying for?
  • How does the company assess my performance or performance, whether from the results of my work alone or from the whole process?
  • What are the characteristics of the people who work in this company, and how is the relationship between employees and their superiors?

Salah satu kunci utama dalam menghadapi wawancara kerja bahasa Inggris adalah untuk mempersiapkan diri dan bersikap tenang saat proses wawancara. Untuk tips lain menghadapi wawancara dan tips penting lainnya, kunjungi https://www.pelangifortunaglobal.com.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *