bekerja sesuai passion

5 Tips Agar Bisa Bekerja Sesuai Passion

Bekerja sesuai passion adalah impian banyak orang. Siapa yang tidak ingin menjalani pekerjaan sehari-hari dengan penuh semangat, antusias, dan kebahagiaan? Tapi, bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan pekerjaan impian tersebut? Simak ulasanya berikut ini. 

Apa Itu Passion?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pekerjaan sesuai passion, mari kita bedah terlebih dahulu apa itu passion. Banyak yang beranggapan passion mirip dengan hobi atau kegemaran. Tapi, apakah pendapat tersebut benar?

Sebenarnya kurang tepat jika menyamakan hobi dan passion. Sebab, hobi atau kegemaran seseorang bisa berubah-ubah seiring bergantinya waktu. Sedangkan passion cenderung menetap lama. Namun, tak jarang juga seseorang memiliki passion dan hobi yang sama. 

Mengutip seorang peneliti terkemuka, Robert Vallerand, passion merupakan suatu hal yang menjadikan hidup seseorang layak dijalani. Artinya, dengan menjalani passion tersebut, seseorang akan merasa hidupnya lebih bermakna. Dia merasa lebih hidup dan  termotivasi untuk berkembang lebih baik.

Dari definisi tersebut, kita dapat simpulkan bahwa passion tak melulu sesuatu hal yang kita suka. Passion juga membawa tantangan tertentu yang justru membuat kita semakin semangat untuk menyelesaikannya. Bahkan, kita akan lebih rajin dan terampil dalam menjalaninya.

Baca Juga : Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview Paling Tepat

Keuntungan Bekerja Sesuai Passion

Menekuni passion sebagai pekerjaan mempunyai banyak keuntungan. Tidak hanya untuk peningkatan skill bekerja, tapi yang lebih penting adalah menjaga kondisi psikis agar tetap bahagia dalam bekerja. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika bekerja sesuai passion.

Baca Juga  √ Contoh Surat Cuti Melahirkan yang Baik dan Benar (Terlengkap!)

1. Antusias dalam Bekerja

Saat passion menjadi pekerjaan, bekerja tidak lagi terasa sebagai sebuah keterpaksaan atau sekadar tuntutan kehidupan. Tidak akan ada lagi keluhan-keluhan seperti “I hate Monday” saat minggu pertama bekerja tiba.

Atau terlalu mendambakan hari libur ketika tidak perlu bekerja seperti biasanya. Sebaliknya, bekerja akan terasa seperti sebuah hiburan, karena setiap hari mengerjakan sesuatu yang memang kita sukai.

Kita pun akan lebih semangat dan antusias dalam bekerja. Malahan kita akan cepat bosan jika terlalu lama libur dan tidak bekerja.

2. Cepat Beradaptasi

Biasanya, passion bukan hanya sesuatu yang kita sukai, tapi juga kita kuasai. Karena itulah, mendalami passion sebagai pekerjaan seringkali memudahkan kita saat beradaptasi. Baik itu beradaptasi dengan jobdesk yang harus kita kerjakan maupun saat bekerjasama dengan rekan kerja.

Tentu ini sangat menguntungkan. Kita bisa lebih betah berada di tempat kerja dan tidak menemui banyak kesulitan ketika harus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan. Khususnya saat brainstorming bersama anggota tim lainnya.

Baca Juga : Inilah Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

3. Termotivasi untuk Berprestasi

Dengan mengerjakan apa yang telah menjadi passion, juga mendorong kita untuk lebih semangat dalam berprestasi. Sebab, kita tidak ingin jika hasilnya setengah-setengah. Kita selalu ingin berusaha mengerjakan yang terbaik dan mendapatkan hasil prestasi yang baik pula untuk pekerjaan kita.

Tak jarang, orang yang bekerja di passion-nya cenderung lebih bersemangat meningkatkan karirnya. Bekerja bukan sekedar untuk memenuhi penghasilan, tapi juga sebagai ekspresi dan eksistensi diri. Jadi lebih bermakna kan? 

4. Tidak Takut Tantangan

Ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, dimana passion akan membuat diri kita semakin tertantang untuk bekerja lebih lagi. Setiap ada kendala atau terjadi masalah tertentu dalam pekerjaan, kita tidak akan lari. Kita justru tertantang untuk menemukan solusinya.

Baca Juga  √ 7+ Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

5. Meminimalisir Stress dan Burnout

Ini adalah keuntungan yang banyak dicari orang-orang yang mendalami passion sebagai pekerjaan. Dengan memilih mengerjakan passion sebagai ladang penghasilan, kita bisa meminimalisir risiko stress dan burnout alias kelelahan dalam bekerja. 

Sebab, passion lebih memungkinkan kita untuk menjalani pekerjaan dengan hati riang dan penuh semangat. Beda halnya ketika kita menghabiskan waktu setiap hari pada pekerjaan yang tidak kita suka. Kita akan lebih rentan stress dan mudah lelah.  

Cara Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Passion

Tergiur ingin segera bekerja sesuai passion? Tapi, bagaimana caranya? Kebanyakan orang tidak bisa mendapatkan pekerjaan impiannya ini karena tidak tahu apa yang menjadi passion-nya. Ada juga yang sudah tau passion-nya, tapi terhalang tidak adanya lowongan pekerjaan yang sesuai.

Tidak perlu khawatir, simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan pekerjaan sesuai passion:

1. Gali Potensi Diri

Langkah pertama yang perlu kita lakukan yaitu mengenali passion kita. Cari tahu hal-hal apa sajakah yang kita sukai dan menjadi kelebihan kita. Jika masih bingung, coba gali potensi diri dengan aktif mengikuti banyak kegiatan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan.

Mulai dari aktif berkegiatan seni, riset, atau olahraga. Untuk awalan sebaiknya ikuti banyak kegiatan berbeda. Sehingga kita bisa memilih manakah kegiatan yang paling kita suka. Analisa juga manakah kegiatan yang paling mahir kita lakukan. 

Jika sudah tahu jawabannya, dalami kegiatan tersebut. Fokus ke 1-2 keterampilan saja, dan gali terus sampai benar-benar mahir di bidang tersebut. Tidak perlu mengambil banyak kursus berbeda lagi. Cukup fokus mendalami 1-2 bidang yang menjadi passion. 

2. Bergabung Komunitas dan Belajar dari Ahlinya

Berkumpul dengan orang-orang se-passion akan membuat kita lebih update dengan perkembangan bidang yang menjadi passion kita. Kita juga bisa belajar banyak hal dari anggota lainnya, terutama yang sudah expert. 

Baca Juga  Management Trainee : Pengertian dan Tugasnya (Lengkap!)

Apalagi saat ini banyak komunitas sering mengadakan pelatihan khusus, sehingga sangat bermanfaat untuk menunjang skill dan menjalin relasi. Jangan mendalami passion sendirian. Keluarlah dan bergabung dengan komunitas-komunitas yang mendukung.

3. Tingkatkan Skill hingga Menjadi Ahli

Jangan puas dengan kemampuan standar. Pastikan untuk terus mengasah kemampuan hingga menjadi ahli di bidang tersebut. Sebab, untuk menjadi berprestasi di suatu bidang tidak cukup hanya dengan kemampuan yang biasa-biasa saja.

Apalagi jika sudah banyak orang yang mampu melakukannya. Misalnya saja Anda mempunyai passion di bidang penerjemahan Bahasa Inggris. Jangan terlalu puas hanya dengan kemampuan menerjemahkan.

Pelajari juga bagaimana teknik menulis sebuah konten tulisan yang bagus dalam Bahasa Inggris, sehingga kemampuan Anda pun berkembang.

4. Rencanakan Pekerjaan 

Jika sudah mantap ingin berkarir sesuai passion, saatnya merencanakan keinginan tersebut jauh-jauh hari. Mulai dari menganalisa kebutuhan pasar terhadap apa yang menjadi passion-mu. 

Sebab, ketika sudah menjadi pekerjaan, passion bukan sekadar kesenangan pribadi, tapi harus memenuhi kebutuhan industri.

Perbanyak informasi tentang prospek kerja dari passion yang kita sukai, kemudian pelajari masing-masing cara kerja dan tahap perekrutannya. Siapkan kemampuan hard skill dan soft skill yang dibutuhkan agar nantinya kita lolos seleksi saat mendaftar di industri tersebut.

Untuk memudahkan pencarian kerja sesuai passion, coba manfaatkan situs www.pelangifortunaglobal.com. Sebuah wadah yang akan mempertemukanmu dengan pekerjaan impian dan sesuai passion.

5. Terus Berusaha Lebih Baik

Jika di kesempatan pertama masih belum menemukan pekerjaan impian, jangan langsung menyerah. Terus asah kemampuan dan tingkatkan skill yang dibutuhkan dunia industri. Bisa jadi, bukan kemampuanmu yang kurang, akan tetapi kemampuanmu belum sesuai dengan kebutuhan industri.
Itulah 5 tips sederhana agar bisa bekerja sesuai passion. Dapatkan pekerjaan sesuai passion dengan melamar di www.pelangifortunaglobal.com. Ribuan orang telah berhasil mendapatkan pekerjaan impiannya bersama kami. Sekarang giliran Anda!

Related Posts