pakaian interview kerja pria

Tips Pakaian Interview Kerja Pria yang Bisa Jadi Inspirasi

Bekerja di perusahaan impian merupakan salah satu keinginan banyak orang. Oleh karena itu, seseorang perlu memberikan kesan pertama yang baik kepada HRD saat melamar kerja, termasuk dari cara berpenampilan. Lantas, seperti apa pakaian interview kerja pria yang baik dan tepat? 

Selain rapi, seseorang juga perlu memperhatikan pakaian yang digunakan ketika akan melakukan proses interview kerja. Pasalnya, HRD bisa menilai dan mengetahui pribadi seseorang melalui baju yang dikenakannya.  

Jenis Pakaian Interview Pria 

Bukan hanya pada wanita, seorang pria juga perlu memperhatikan penampilan. Kerapihan dan kesopanan menjadi penampilan penting bagi seorang pelamar kerja. Hal ini karena seseorang akan terlihat lebih serius terhadap pekerjaan yang sedang dilamar. 

Lalu, seperti apa pakaian interview kerja pria yang baik? Berikut beberapa gaya pakaian untuk para pria yang ingin tampil keren ketika interview kerja. 

1. Gunakan Kemeja 

Salah satu pakaian yang seringkali digunakan saat interview adalah kemeja. Selain simple, kemeja juga membuat seorang pria terlihat rapi. Biasanya, seseorang akan menggunakan kemeja favoritnya agar lebih percaya diri. 

Namun, kemeja dengan warna netral juga bisa menjadi pilihan untuk melakukan interview kerja. Selain itu, tambahan dasi mampu membuat seseorang tampak lebih serius dan professional. Dengan begitu, interviewer bisa memberikan nilai lebih atas penampilan para pelamar. 

2. Memakai Jas 

Salah satu pakaian yang cocok untuk interview adalah jas. Jas bisa menjadi salah satu outfit paling cocok dipadukan dengan kemeja. Selain itu, pilihlah celana dengan warna yang senada. Jika tidak punya, pakailah celana dengan warna yang netral, seperti hitam, coklat atau abu-abu.

Baca Juga  Tanda Diterima Kerja Saat Interview dan Lolos Interview

Pastikan bahwa jas yang digunakan tidak kebesaran, tidak kusut dan sudah disetrika. Pasalnya, hal tersebut juga bisa menciptakan kesan buruk pada interviewer. 

3. Hindari Pakai Jeans 

Pakaian melamar kerja pria yang seharusnya dihindari saat interview adalah mengenakan celana jeans. Meskipun memakai kemeja dan jas, celana jeans bukanlah celana yang tepat untuk dipakai saat interview. Biasanya, seorang interviewer atau HRD menganggapnya tidak sopan. 

4. Gunakan Batik 

Selain kemeja dan jas, alternatif pakaian interview kerja pria adalah batik. Para pria bisa menggunakan batik dengan celana panjang berwarna hitam. Pastikan agar memilih batik dengan warna yang netral dan tidak mencolok. 

Jika masih ragu, tanyakanlah pada teman tentang penampilan menggunakan batik tersebut. Biasanya, teman akan memberikan saran agar penampilan terlihat keren dan lebih baik. 

5. Gunakan Ikat Pinggang

Bukan hanya pakaian untuk interview kerja pria yang harus senada, warna ikat pinggang dan sepatu pun sebaiknya harus cocok. Ketika menggunakan ikat pinggang berwarna coklat, sebaiknya pakai sepatu berwarna coklat juga. 

6. Hindari Pakaian Bermotif 

Sebaiknya, gunakanlah pakaian polos dengan warna netral. Hal ini lebih terlihat formal dan profesional daripada menggunakan kemeja dengan motif yang terlalu meriah. Jika ingin menggunakan kemeja bermotif, pilihlah motif garis atau motif batik. 

7. Sederhana 

Tampilah sederhana, namun tetap formal. Hal tersebut mampu memberikan kesan kepada interviewer atau manajer yang sedang merekrut. Selain itu, siapkan CV dan Portfolio terbaik agar semakin besar kesempatan diterima. 

Baca Juga : Cara Membatalkan Interview Kerja Sopan Tanpa Merusak Citra Diri

Tips Berpakaian Saat Interview Kerja Untuk Pria 

Selain memperhatikan penampilan saat melamar kerja, para pria juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Rambut Rapi 

Selain pakaian yang rapi, gaya rambut juga menjadi salah satu elemen yang mempengaruhi penampilan para pria. Oleh karena itu, pria perlu menyiapkan gaya rambutnya dengan tepat sebelum mengikuti interview di sebuah perusahaan. 

Baca Juga  Contoh CV Fresh Graduate SMA / SMK Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik

Ada beberapa gaya rambut pria yang bisa ditiru ketika ingin melakukan interview kerja, seperti klasik, belah pinggir, dan gaya rambut anthony. 

2. Bersih 

Bukan hanya rapi, seorang pria juga perlu memperhatikan kebersihan tubuhnya ketika ingin melakukan interview kerja. Salah satu hal yang paling kecil dan seringkali dilupakan adalah kebersihan kuku. 

Selain itu, pastikan agar tidak ada noda atau pun bercak di baju yang sedang dipakai. Perhatikanlah hal-hal kecil pada diri sendiri sebelum berangkat melakukan interview. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi salah satu penilaian penting bagi interviewer. 

3. Wangi 

Tips interview selanjutnya adalah wangi. Selain mandi dengan bersih, menggunakan parfum juga menjadi hal yang penting. Parfum bisa membuat pemakainya menjadi lebih percaya diri. 

Bukan hanya itu, parfum juga mampu mempengaruhi orang yang menciumnya. Aroma parfum tersebut mampu meninggalkan kesan yang baik bagi calon klien atau bos di tempat perusahaan tersebut. 

Ada beberapa aroma parfum yang bisa meninggalkan kesan mendalam, seperti melati, lavender, rosewood, dan vanilla. Aroma tersebut bisa membuat pemakainya lebih rileks dan tak merasa tegang, terlebih saat sedang interview kerja. 

Sementara itu, ada beberapa aroma parfum yang bisa meningkatkan kepercayaan diri, seperti aroma lemon, mint, white neroli, basil, dan mimosa. Pilihlah parfum yang sesuai dengan karakter diri. 

4. Aksesori Tambahan 

Sebelum melakukan interview, pastikan warna sepatu yang digunakan sudah senada sehingga lebih menarik. Hindari memakai sandal atau sepatu sandal yang tampak santai karena interviewer akan melihat hal itu tidak sopan. 

Selain itu, beri beberapa aksesoris sebagai tambahan. Mulai dari jam tangan atau ikat pinggang agar terlihat professional dan rapi. 

Baca Juga  5 Tips Agar Bisa Bekerja Sesuai Passion

5. Pilih Pakaian Warna Gelap 

Sebagian orang tak mempedulikan warna baju yang dipakai saat akan interview. Padahal, secara psikologis pemilihan warna pada baju bisa mempengaruhi lawan bicara, yakni interviewer. 

Sebaiknya, gunakanlah pakaian warna gelap agar memberikan kesan yang lebih positif daripada memakai baju berwarna terang ketika sedang interview. Mulai dari, hitam, biru, abu-abu, atau coklat. Beberapa warna tersebut menciptakan kesan formal dan membuat pria terlihat lebih professional. 

6. Merasa Nyaman 

Setelah melakukan berbagai hal di atas, merasa nyaman adalah hal yang paling penting. Ketika seseorang pelamar merasa nyaman, dirinya tidak akan gugup dan salah tingkah saat sedang menjalani interview. 

Pasalnya, interviewer akan melihat sikap seseorang sebagai calon pegawainya. Selain itu, gunakanlah pakaian yang nyaman, seperti ukuran baju yang tidak kebesaran atau kesempitan agar lebih percaya diri.

Baca Juga : Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Tips Interview Online

Meski interview secara virtual, seseorang juga perlu memperhatikan penampilannya. Sebaiknya, gunakanlah pakaian formal dengan kemeja dan celana panjang. 

Kemudian, hindari menggunakan atasan yang rapi, namun bawahannya hanya celana pendek atau boxer. Meski hanya online, para interviewer bisa menilai penampilan dan seberapa rapi pelamar lewat video. 

Itulah beberapa jenis pakaian interview kerja pria yang bisa menjadi referensi. Sebelum itu, ada berbagai lowongan pekerjaan yang bisa ditemukan di berbagai platform dan situs, salah satunya adalah pelangifortunaglobal.com. 

Pelangifortunaglobal.com hadir untuk memberikan solusi bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Ada berbagai lowongan kerja yang bisa ditemukan di sana, seperti bidang design, social media, developer, marketing, E-Commerce, dan Help & Support. 

Jangan lewatkan informasi menarik dan berbagai lowongan kerja di pelangifortunaglobal.com. Cek situsnya sekarang agar bisa bekerja di perusahaan impian.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *