6 Contoh CV Tulis Tangan yang Baik dan Benar Beserta Caranya!

Setiap perusahaan biasanya memiliki persyaratan masing-masing bagi pelamar yang ingin mengikuti proses rekrutmen kerja. Salah satu persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh pelamar yakni membuat CV tulis tangan untuk mencantumkan deskripsi diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan lainnya. 

Memang CV dalam bentuk tulisan tangan termasuk cara lama, namun perusahaan menganggap bahwa CV cukup ampuh dalam mendeskripsikan karakter pelamar. HRD nantinya akan lebih mudah untuk lihat kepribadian calon karyawan dari gaya tulisannya sebagai bentuk tes keseriusan saat kirim lamaran. 

Cara Membuat CV Tulis Tangan yang Menarik dan Kreatif

Jika tulisan pada CV berantakan, tentunya HRD akan merasa kesulitan saat membacanya, bukan? Nah, cara agar CV manual tulisan tangan bisa menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada pembahasan kali ini, maka Anda bisa pahami tips untuk membuat CV yang baik dan benar. 

1. Buatlah CV Secara Rapi

Memang tidak semua orang memiliki tulisan yang bagus, namun saat membuat CV manual bisa diusahakan untuk membuat tampilannya terlihat rapi. Membuat CV tulisan tangan tidak semudah mengeditnya dalam bentuk cetak, sehingga Anda harus memastikan tulisannya rapi. 

Untuk membuat tampilan CV lebih rapi, maka langkah awal bisa ciptakan garis tipis pada bagian sisi kiri dan kanan kertas. Ketika mengalami kesalahan penulisan, maka hindari menutupinya dengan memakai correction pen, tetapi lebih baik gunakan lembar baru untuk menulisnya. 

Baca Juga  √ Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

2. Cantumkan Poin Penting Dalam CV

Dalam menulis CV tulis tangan, maka sebaiknya Anda cantumkan informasi penting yang terkait dengan data diri. Masukkan penjelasan mengenai identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang dimiliki untuk bisa menarik perhatian dari HRD. 

Pastikan tiap poin yang dimasukkan dalam CV sudah mencakup berbagai informasi penting yang perlu diketahui oleh HRD. Jangan memasukkan informasi yang tidak penting pada CV karena akan membuat HRD merasa tidak tertarik untuk membacanya sampai selesai. 

3. Buat CV Dalam Bentuk Kreatif

Saat melamar ke suatu perusahaan, start up, atau industri kreatif, maka usahakan untuk kirim CV dengan tampilan yang sangat kreatif. Namun hindari terlalu berlebihan dalam menghias tampilan CV karena akan membuat tampilannya norak dan tidak menunjukkan profesionalitas. 

Pastikan CV masih dalam bentuk formal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hindari menggunakan kata tidak baku dalam CV karena bisa menimbulkan poin minus, kemudian perhatikan masalah tata ejaan yang disempurnakan berdasarkan EYD. 

Biasanya perusahaan memiliki aturan tersendiri dalam pembuatan CV, sehingga Anda bisa coba untuk mencari informasinya terlebih dahulu. Ikuti format yang ada sesuai prosedur perusahaan agar tingkat keberhasilan diterima kerja tentu berpeluang tinggi untuk berhasil. 

4. CV Format Umum Masukkan Informasi Penting Saja

Jika sudah melihat contoh CV lamaran kerja tulis tangan, mungkin Anda akan lebih mudah paham bagian penting apa saja yang perlu dimasukkan. Kebanyakan perusahaan memang ingin pelamar mengirim CV sekreatif mungkin tanpa mengikuti format tertentu. 

Jika perusahaan sama sekali tidak memberikan batasan mengenai informasi yang dicantumkan dalam CV manual, maka cukup masukkan beberapa informasi penting. Tuliskan nama, tanggal lahir, tempat tinggal, alamat, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan pendidikan non formal. 

Jangan lupa untuk menempelkan pas foto pada bagian atas CV, kemudian masukkan kontak aktif yang bisa dihubungi. Jika memang masih ada halaman kosong, maka tambahkan informasi tentang media sosial dan LinkedIn sebagai bentuk pertimbangan bagi HRD. 

Baca Juga  √ 7+ Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Masuk Akal (100% Berhasil!)

Berbagai Contoh CV Tulis Tangan Terbaik yang Bisa Digunakan

Memang ada baiknya CV manual dalam bentuk tulisan tangan berisi informasi lengkap sama seperti CV digital yang menggunakan tools editing profesional. Untuk lebih mudah pembuatan CV manual, maka Anda bisa mencari contoh-contoh yang ada di bawah ini sesuai kebutuhan. 

1. CV Manual Sederhana

Dalam pembuatan CV manual sederhana, maka Anda bisa memasukkan beberapa informasi penting meliputi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, dan agama. Agar lebih lengkap, tambahkan informasi alamat tempat tinggal selengkap mungkin. 

Bagian bawahnya tambahkan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Format tulis CV manual umumnya dibuat singkat saja, kemudian beri kalimat penutup satu baris. Bubuhkan tanda tangan pada bagian pojok kanan bawah sebagai bentuk profesional. 

2. CV Professional Fresh Graduate

Butuh contoh CV tulis tangan untuk fresh graduated? Umumnya CV mencantumkan informasi penting meliputi nama lengkap, usia, nomor telepon, email, agama, suku, dan jenis kelamin, Untuk bagian bawahnya terdapat tambahan informasi pendidikan, organisasi, skill, dan keahlian. 

Penulisan CV ini benar-benar sangat rapi menggunakan lembar portofolio. Pada bagian akhir cukup berikan kalimat dalam bentuk singkat, kemudian pojok kanan bahwa TTD pelamar. Jika memang dibutuhkan, maka Anda bisa membubuhkan materai pada bagian TTD tersebut.

3. CV Kerja British Style

Terkadang ada perusahaan yang memberikan persyaratan mengirimkan CV kerja menggunakan bahasa asing. Nah, Anda bisa memilih format CV British Style untuk menarik perhatian HRD. Masukkan informasi data diri, profile, pendidikan, pengalaman kerja, dan hobi sesingkat mungkin.

Dalam penulisan CV manual menggunakan model British Style, maka Anda harus memastikan tata bahasa atau grammar sudah benar. Pastikan bahasa yang digunakan benar-benar baku agar HRD mudah memahami informasi yang tertulis dalam CV tersebut. 

Baca Juga  √ Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contoh Lengkapnya!

4. CV Lamaran + CV

Jika penulisan CV menggunakan tangan biasanya sudah dilengkapi bagian kalimat lamaran sehingga HRD tidak membutuhkan banyak lembaran. Penulisan CV lamaran menjadi satu bisa mencantumkan alamat perusahaan, kalimat pembuka, nama, TTL, pendidikan, email, dan nomor. 

Setelah mengisi identitas diri, maka Anda bisa menyisipkan informasi mengenai persyaratan apa saja yang sudah disiapkan. Baru pada bagian akhir tambahkan kalimat penutup dan tanda tangan pelamar menggunakan materai atau sesuai kondisi. 

5. CV Manual Tulis Tangan Latin

CV tulis tangan satu ini benar-benar terlihat menarik karena tulisannya dalam bentuk latin rapi. Untuk membuatnya memang membutuhkan waktu lama, namun pasti bisa menarik perhatian HRD. Tuliskan informasi mengenai data diri, pendidikan formal, pengalaman kerja, dan keahlian. 

6. CV Manual Creative Style

Banyak perusahaan startup yang mewajibkan pelamar untuk membuat CV manual menggunakan tulisan tangan sekreatif mungkin. Untuk membuatnya tentu membutuhkan kreativitas menggambar agar tata letaknya terlihat rapi dan menarik perhatian pihak rekruiter tentunya. 

Informasi yang disampaikan dalam CV manual creative style berupa pengalaman kerja, skills, hobi, pendidikan, dan bentuk kontribusi. Akan lebih menarik lagi ketika CV dibuat dalam bentuk bahasa Inggris, sehingga peluang untuk lolos pada tahap interview lebih besar. 

Biasanya perusahaan meminta kreativitas CV disesuaikan dengan bidang yang akan dilamar misal bagian administrasi. Anda bisa menambahkan hiasan laptop, komputer, orang duduk di meja sambil kerja, dan berbagai kreativitas lainnya. 

Membuat CV tulis tangan memang terlihat tidak mudah, namun banyak rekomendasi gambar yang ada di internet yang bisa Anda contoh. Butuh informasi lowongan pekerjaan? Langsung saja kunjungi laman website https://pelangifortunalglobal.com/ untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan.