14 Contoh Tes Analogi Verbal dan Cara Menjawabnya!

tes analogi verbal

Saat melamar kerja, CPNS, beasiswa, dan sebagainya pasti sering keluar yang namanya tes analogi verbal. Analogi verbal merupakan jenis tes intelegensi, dimana dulunya memang bagian dari teori dinamakan Inteligensi Thurstone atau Reasoning (R) yang terlihat mudah, namun membingungkan. 

Apa yang dimaksud dengan Reasoning? Reasoning merupakan suatu kemampuan untuk mengambil sebuah kesimpulan dari aturan, contoh, dan prinsip yang bisa diartikan agar bisa memecahkan masalah. Namun terkadang masih banyak orang terkecoh dan salah mengambil pilihan jawaban yang tersedia. 

Ketahui Munculnya Dasar Tes Analogi Verbal

Analogi verbal merupakan sejenis persamaan yang saling berhubungan satu sama lain, jadi Anda perlu memiliki penalaran jawaban untuk memecahkan kasus paralel. Pola-pola analogi yang sering kali ditemui bisa menggunakan berbagai bentuk seperti numerik, geometris, verbal, dan masih banyak lagi. 

Fungsi analogi verbal diantaranya sebagai hubungan, penyusunan kombinasi, padanan kata, logika, kemampuan daya pikir, kemauan berpikir eksploratif, dan padanan kata. Untuk bisa menyelesaikan soal analogi verbal, maka peserta dituntut menemukan pola dalam suatu persoalan tertentu. 

Setelah berhasil menemukan pola, maka bisa menciptakan hipotesa atau formula dari adanya kejadian. Dari pernyataan sebelumnya dapat diambil garis besar, analogi verbal test merupakan suatu kemampuan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kumpulan kata-kata. 

Kata-kata yang dikeluarkan dalam soal analogi verbal terkadang sudah sering digunakan sehari-hari, sedangkan beberapa model lainnya juga asing dan diambil dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Untuk menyelesaikan jenis soal seperti ini, maka Anda perlu mengandalkan logika dan pengetahuan. 

Bagaimana Cara Tepat Mengerjakan Soal Analogi Verbal? 

Tes analogi verbal adalah soal yang simpel, namun sangat menguras pikiran. Anda terkadang merasa bingung menentukan jawabab yang sesuai karena kemiripan satu sama lain. Namun tidak perlu khawatir, coba rajin berlatih menjawab soal sambil terapkan beberapa tips penting berikut ini. 

  • Untuk menjawab soal verbal analogi, maka Anda bisa menentukan hubungan yang tepat antar kata dengan pasangan yang diberikan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengungkapkan hubungan dalam suatu frase atau kalimat. 
  • Saat menjawab soal analogi verbal terkadang ada banyak jawaban yang terlihat benar. Identifikasi terlebih dahulu berbagai aspek yang diberikan, supaya mendapatkan jawaban yang benar. 
  • Satu kata dalam soal bisa memiliki banyak makna, oleh sebab itu pastikan untuk memperhatikan berbagai makna yang tersirat didalamnya. 
  • Sering-seringlah melakukan latihan soal agar lebih mudah mengenali, merumuskan hubungan antar kata, dan mengetahui banyak arti kosakata. 
  • Temukan kata kunci terlebih dahulu pada soal, kemudian terapkan pada semua jawaban yang tersedia. Hubungan makin spesifik, akan lebih mudah menemukan hubungan paling sesuai. 
  • Hindari langsung memutuskan jawaban terbaik tanpa membaca dan mengecek kesesuaian pilihan jawaban satu per satu. 
Baca Juga  √ Tes Koran Adalah : Contoh & Cara Mengerjakan Soalnya!

Kumpulan Contoh Soal Tes Analogi Verbal Lengkap Dengan Jawabannya

Umumnya dalam soal analogi verbal, maka Anda akan menemukan yang namanya padanan kata atau sinonim, antonim, dan kesetaraan makna. Banyak pelamar kerja yang sering kali merasa kesulitan saat tidak mengetahui makna dari kata tersebut atau gagal memahami permintaan soal. 

SINONIM

  1. Konvensi = …..
  1. Kesamaan
  2. Keputusan
  3. Kesepakatan
  4. Kebijakan
  5. Kesimpulan

Perlu diketahui, konvensi sendiri memiliki arti permufakatan atas berbagai aturan, adat, tradisi, dan lainnya. Jawaban yang paling tepat (C) Kesepakatan. 

  1. Friksi =…..
  1. Perpecahan
  2. Licin
  3. Kasar
  4. Tidak Nyata
  5. Mengecek

Friksi merupakan sebuah istilah dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang artinya gesekan menimbulkan perdebatan dan perpecahan. Jawaban yang paling tepat untuk tes analogi verbal yaitu (A) Perpecahan.

  1. Tangkal =..
  1. Tidak Mempan
  2. Cegah
  3. Rangkul
  4. Himbau
  5. Ralat
Baca Juga  √ Tes DISC dan Jawabannya (100% Lengkap!)

Tangkal memiliki arti menahan agar tidak terjadi sesuatu. Dalam hal ini tangkal memiliki sebuah makna yang sama dengan “Cegah” (B).

Saat menghadapi tes pastinya setiap peserta tidak pernah tahu mendapatkan model soal sulit atau mudah karena kemampuan serta pengetahuan orang juga beda-beda. Untuk ahli menjawab soal analogi verbal dalam bentuk sinonim, maka Anda bisa lebih banyak berlatih soal dan membaca. 

Selain persamaan kata atau sinonim, dalam analogi verbal juga banyak ditemui soal berupa antonim atau mencari lawan kata. Jika sinonim menggunakan sama dengan (=), maka antonim menggunakan tanda seperti ini (><), oleh sebab itu peserta harus bisa membedakannya dengan teliti. 

7. Absurd ><….

a. Masuk Akal

b. Manja

c. Lucu

d. Omong Kosong

e. Mustahil

Absurd memiliki sebuah arti tidak logis, mustahil, dan masih diragukan. Lawan kata yang sesuai untuk kata absurd yakni masuk akal (A). 

8. Sekuler ><…

  1. Penuh
  2. Akhir
  3. Keagamaan
  4. Prioritas
  5. Asing

Sekuler memiliki arti fokus dengan duniawi, sehingga berusahaa memisahkan diri dengan hal-hal yang berbau agama. Sudah terlihat bahwa lawan kata dari sekuler yaitu keagamaan (C). 

9. Nomadik ><….

  1. Sempurna
  2. Menetap
  3. Mapan
  4. Teratur
  5. Tinggal 

Nomadik memiliki makna berpindah-pindah atau orang yang tidak bisa tinggal secara menetap. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka nomadic memiliki lawan kata menetap (B). 

Banyak orang terkecoh membedakan soal sinonim dan juga antonim, padahal tandanya saja sudah dibedakan dalam soal. Usahakan untuk sering membaca dan mengetahui makna kosakata baru, sehingga Anda tidak bingung saat menemui model soal seperti ini saat tahap seleksi. 

Baca Juga  √ Tes Pauli: Pengertian, Contoh dan Cara Mengerjakannya!

10. Reptilia : Kadal

  1. Aves : Bebek
  2. Mamalia : Ayam
  3. Ular : Reptilia
  4. Telur : Ayam
  5. Menyusui : Mamalia

Untuk menjawab soal tes analogi verbal seperti ini, maka Anda harus memahami konsep soal. Kadal merupakan salah satu hewan reptilia. Dari sekian banyak pilihan jawaban, bebek termasuk hewan yang masuk dalam kelas aves, sehingga jawaban paling tepat (A).

11. Lumpia : Semarang

  1. Surabaya : Rujak Cingur
  2. Sop Konro : Manado
  3. Gudeg : Solo
  4. Dodol : Garut
  5. Mendoan : Palembang

Lumpia merupakan salah satu makanan khas dari Kota Semarang. Analogis yang paling cocok dengan soal yaitu dodol berasal dari Garut. Dalam hal ini, Anda perlu memahami kuliner khas lengkap dengan daerah asalnya. 

12. Diabetes : Gula

  1. TBC : Batuk
  2. Virus : HIV
  3. Stroke : Kolesterol
  4. Gondok : Kelenjar
  5. Astigmatisme : Mata

Berdasarkan soal yang ada, diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kondisi gula darah dalam tubuh melebihi batas normal. Analogi tersebut sesuai dengan jawaban (C), dimana stroke bisa disebabkan karena kolesterol tinggi dalam tubuh. 

13. Bulan-Bumi = Yupiter –  ……

  1. Orbit
  2. Komet
  3. Satelit
  4. Venus
  5. Matahari

Dalam tes analogi verbal model seperti ini, Anda harus memahami permintaan soal. Bulan mengitari matahari, sedangkan jawaban paling tepat Yupiter mengelilingi matahari (E). 

14. Gunung : Pasir = Laut :…

  1. Bulan
  2. Pondok
  3. Ikan
  4. Payung
  5. Perahu

Soal tersebut menunjukkan bahwa pada gunung terdapat hamparan pasir, maka di laut terdapat ikan didalamnya (C). 
Mudah bukan mengerjakan tes analogi verbal? Anda tidak perlu tergesa-gesa menjawab sebelum tahu makna masing-masing jawaban, agar mendapatkan pilihan jawaban tepat. Mau cari info lowongan kerja sesuai dengan bidangnya? Maka langsung temukan informasi lewat https://pelangifortunaglobal.com/.