√ 8 Website untuk Buat CV Gratis dan Menarik (100% Mudah!)

buat cv gratis

Sudah coba sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi belum pernah dapat panggilan interview? Jangan pesimis dulu, mungkin CV yang digunakan belum menarik. Saat ini sudah banyak website buat CV gratis yang bisa di akses dengan mudah oleh para pelamar kerja lho!

HRD atau pihak rekruiter hanya membutuhkan waktu 5-10 detik untuk memeriksa CV yang dikirim oleh para pelamar. Oleh sebab itu, pelamar perlu membuat CV dengan desain menarik serta menggunakan kalimat yang bisa meyakinkan HRD agar ingin tahu lebih banyak mengenai potensi dirinya.

8 Website Buat CV Gratis yang Bisa Digunakan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini sudah banyak situs online yang bisa membantu para pelamar kerja membuat CV menarik sesuai keinginannya. Simak pembahasan lengkap mengenai 10 website gratis untuk membuat cv yang bisa menarik perhatian HRD. 

1. Visual CV

Cara membuat CV gratis juga bisa memanfaatkan website bernama Visual CV. Aplikasi pembuat CV satu ini, cocok digunakan bagi para pelamar yang ingin memasukkan lamaran ke perusahaan internasional yang memiliki kredibilitas tinggi. 

Visual CV akan membantu tampilan CV terlihat lebih formal dan profesional. Template yang tersedia pada Visual CV mayoritas memiliki latar belakang berwarna putih minimalis. Visual CV juga menawarkan tatanan teks profesional menggunakan format bahasa Inggris. 

2. Aplikasi Canva

Canva menyediakan banyak pilihan template gratis untuk membuat desain CV yang bagus. Tidak hanya menyajikan template desain, Canva juga menawarkan berbagai pilihan ikon menarik untuk mempercantik tampilan CV. 

Baca Juga  Tips Pakaian Interview Kerja Pria yang Bisa Jadi Inspirasi

Desain CV yang disediakan dalam aplikasi Canva terdiri atas tema abstract, colorful hingga profesional. Jadi siapapun bisa menciptakan sebuah CV dengan nuansa yang terlihat kreatif dan resmi. Bahkan Canva bisa mengatur tata letak CV, upload foto. copy paste, heading dan lainnya. 

3. Buat CV Online Gratis dengan Noveresume

Dalam pembuatan CV terkadang banyak orang yang belum memahami kekurangan apa yang terdapat dalam CV tersebut. Nah, aplikasi Noveresume akan membantu untuk mengidentifikasi kekurangan pada CV. Hal ini dikarenakan Noveresume dilengkapi fitur live content feedback. 

Fitur tersebut memungkinkan CV bisa dikoreksi oleh para pakar profesional, sehingga CV lebih menarik dan sesuai preferensi HRD. Noveresume menyediakan template desain dalam berbagai kategori, seperti basic, college, executive dan juga creative. 

4. Aplikasi Cuuveed

Cuuveed bisa membantu para pelamar kerja untuk menciptakan CV menarik secara gratis. Kelebihan dari Cuuveed yaitu bisa langsung terintegrasi dengan aplikasi Linkedin. Tidak hanya itu, Cuuveed juga terhubung langsung dengan portal lowongan kerja yang dikelola oleh Karir.com

Jadi para penggunanya bisa memanfaatkan fitur Cuuveed bernama v-card. Profil khusus tersebut nantinya akan memudahkan pengguna mendapatkan informasi lowongan kerja yang diinginkan. Sama dengan aplikasi buat CV gratis lainnya, Cuuveed juga menyediakan pilihan template bagus.

5. Connect CV

Connect CV merupakan website yang cocok digunakan para pemula ketika akan memasuki dunia kerja. Melalui website ini, penggunanya akan diberi pemahaman mengenai dasar-dasar menulis resume yang baik dan benar. 

Para penggunanya juga bisa menambahkan tabel, gambar dan mengeditnya dengan mudah. Website Connect CV memungkinkan setiap penggunanya bisa memodifikasi beragam contoh CV yang sebelumnya sudah ada kemudian disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca Juga  √ Surat Paklaring Kerja: Contoh & Cara Membuatnya (Lengkap!)

6. Kick Resume

Melalui Kick Resume, setiap pelamar bisa membuat desain CV sesuai dengan industri yang ingin dilamar. Menariknya lagi, Kick Resume memiliki menu resume examples yang memungkinkan penggunanya bisa melihat CV orang lain yang lolos seleksi di perusahaan ternama lengkap dengan template nya.

Sebagai salah satu website CV gratis terbaik, Kick Resume menawarkan fitur attachment file yang bisa digunakan untuk menambahkan foto atau gambar. Selain itu, Kick Resume juga dilengkapi dengan fitur proofreading yang berfungsi untuk mendeteksi kesalahan ejaan pada CV agar meminimalisir typo. 

7. Zety

Website Zety menyediakan berbagai contoh CV online yang bisa dimodifikasi lebih optimal. Para penggunanya bisa mengedit desain, template kalimat deskripsi diri dan juga background warna. Desain yang tersedia pada website tersebut mayoritas masuk kategori tema profesional karena hampir semua desain nya elegan. 

Dengan begitu sudah bisa dipastikan CV online dari Zety ramah ATS. Biasanya pengguna diminta menjawab beberapa pertanyaan riwayat hidup pada tahap awal, kemudian pada bagian samping sudah muncul pilihan preview desain otomatis yang disesuaikan. Wah mudah dan praktis bukan?

8. Bikin CV

Buat CV gratis akan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Bikin CV. Tampilan interface Bikin CV sangat user friendly. Para pengguna tinggal mengisi tabel informasi, kemudian memilih desain dan mengunduh file cv dengan mudah. 

Sayangnya, website Bikin CV ini kurang banyak pilihan variasi desain. Jadi jika penggunanya ingin membuat CV online yang unik sepertinya bukan pilihan yang tepat. Namun, membuat CV online lewat website ini ramah ATS dan cara penggunannya lebih simpel. 

Tips Buat CV Gratis Agar Mudah Dilirik Oleh HRD

Tidak perlu bingung jika baru pertama kali membuat CV untuk melamar kerja. Namun, dalam mengedit CV online memang sebaiknya harus eye catching dan sesuai dengan kebutuhan lowongan sasaran. Ikuti tips membuat CV online dibawah ini agar lebih mudah lolos seleksi melamar kerja. 

Baca Juga  √ Contoh Soft Skill dalam CV yang Benar (Lengkap!)

1. Buat Desain CV Sesuai Kebutuhan Lowongan

Setiap perusahaan pada umumnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang menyukai kriteria CV resmi dan ada juga yang menyukai tipe CV kreatif. Jadi setiap pelamar perlu menyesuaikan CV dengan perusahaan yang akan dilamar. 

2. Membuat Desain CV Ramah ATS

Ketika memanfaatkan berbagai aplikasi buat CV gratis, baik tema profesional maupun kreatif, sebaiknya pertimbangkan mengenai kepadatan teks. Mengapa demikian? Karena model CV dengan porsi teks yang cukup akan lebih mudah lolos dari review ATS. 

Hal tersebut akan lebih memudahkan para pelamar kerja saat mendaftar di perusahaan besar. Bagaimana cara membuat CV ATS friendly? Cukup gunakan template CV formal, font tulisan standar dan mengoptimalkan kata kunci.

3. Membuat Layout CV Lebih Simpel dan Jelas

Para pelamar kerja perlu memastikan jenis font, ukuran dan warna yang konsisten dalam setiap heading informasi. Tujuannya agar HRD lebih mudah untuk mencari informasi spesifik yang dicantumkan dalam CV yang dikirimkan. 

Selain itu, perbanyak white space dalam pembuatan CV. Beri jarak spasi antar kalimatnya dan jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang jelas mengenai jobdesk dan pencapaian. Edit size font optimal sekitar 11-12 agar HRD lebih mudah membaca isi CV tersebut. 
Dalam memanfaatkan website untuk buat CV gratis juga perlu memperhatikan poin-poin penting yang perlu dicantumkan dalam CV. Mau mendapatkan kerja sesuai skill dan kemampuan? Kunjungi website https://pelangifortunalglobal.com/ untuk mendapatkan informasi kerja dan konsultasi lainnya.