fasilitas yang diharapkan selain gaji

√ 10 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji (Lengkap!)

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa ada sejumlah fasilitas yang diharapkan selain gaji dalam dunia kerja. Beberapa fasilitas ini nantinya akan diberikan oleh perusahaan korporasi maupun startup sebagai benefit bagi para calon karyawan di luar jumlah gaji yang ditetapkan.

Sejumlah fasilitas ini akan disediakan sebagai cara untuk membuat para karyawan tetap mampu memberikan performa yang baik ketika sedang bekerja. Selain itu, fasilitas yang diharapkan di luar gaji ini pun juga bisa menjadi sumber semangat bagi para karyawan yang sedang bekerja.

10 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji dalam Bekerja

Proses negosiasi gaji memang wajib dilakukan oleh para pelamar kerja. Nantinya, melalui proses ini para pelamar kerja bisa mengetahui berapa jumlah gaji yang bisa diberikan perusahaan kepada mereka. Selain itu, pelamar kerja juga bisa mengetahui apa saja fasilitas lain yang bisa diberikan.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah 10 fasilitas yang diharapkan selain gaji dalam dunia kerja, yaitu:

1. Tunjangan Transportasi

Umumnya, perusahaan korporasi maupun startup akan memberikan benefit ini kepada para karyawannya di luar gaji yang ditetapkan. Perusahaan korporasi maupun startup akan memberikan fasilitas ini kepada para karyawan yang memang tinggal jauh dari kantor.

Karena mereka harus berangkat dan pulang kerja dalam jarak yang cukup berjauhan seperti ini, perusahaan akan memberikan tunjangan transportasi yang dapat sangat membantunya. Selain itu, fasilitas ini juga bisa didapatkan oleh seorang account manager yang sering bertemu dengan klien.

Namun, seorang pelamar kerja harus menanyakan beberapa hal tertentu ketika mereka mengetahui bahwa perusahaannya menyediakan fasilitas ini, dan beberapa pertanyaan tersebut adalah:

  • Apakah perusahaan bisa menjamin biaya langganan parkir, uang bensin, dan uang tol yang berlaku?
  • Apakah uang transportasi yang diberikan tersebut akan reimburse di akhir bulan atau sudah termasuk dalam gaji?
  • Apakah perusahaan menyediakan mobil dinas maupun mobil jemputan?
  • Apakah kantor memiliki akun transportasi online yang bisa digunakan oleh para karyawan?
  • Apakah tunjangan transportasi ini juga bisa digunakan oleh para pengguna transportasi umum?

2. Tunjangan Tempat Tinggal

Fasilitas yang diharapkan selain gaji selanjutnya adalah tunjangan tempat tinggal bagi karyawan. Biasanya, fasilitas ini akan disediakan oleh perusahaan ketika karyawan bersedia ditugaskan di luar kota. Jadi, penyediaan tempat tinggal ini pun pasti akan menjadi fasilitas yang sangat diharapkan.

Baca Juga  Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

Ketika seorang karyawan harus ditugaskan di luar kota, ini bisa diartikan mereka harus bekerja di tempat yang jauh dari rumahnya. Jadi, mereka harus memulai dari awal dan salah satunya mencari tempat tinggal yang bisa dihuni selama masa bekerja tersebut.

Jika perusahaan menyanggupi tunjangan yang satu ini, maka pelamar kerja bisa menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah perusahaan menyediakan asrama di dekat kantor?
  • Apakah asrama akan dihuni oleh satu karyawan per kamar atau satu kamar untuk berdua?
  • Apakah perusahaan akan membayar biaya kos atau pun kontrak para karyawan?
  • Berapa lama kontrak dan tanggung jawab yang harus dilakukan karyawan?

3. Tunjangan Teknologi

Tunjangan lain yang bisa dipertimbangkan oleh para pelamar kerja adalah tunjangan teknologi. Jenis tunjangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang patut diperhitungkan, khususnya bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan IT maupun digital.

Mulai dari seorang desainer grafis, copywriter, content writer, cyber security, dan beberapa profesi sejenis ini lainnya bisa menanyakan tentang fasilitas ini ke pihak perusahaan di mana mereka bekerja. Jika perusahaan memang menyediakan fasilitas ini, tanyakan lebih lanjut mengenai benefit tersebut.

Baca Juga  √ Apa Itu Surat Keterangan Kerja : Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan

Pastikan apakah perusahaan akan menyediakan laptop untuk digunakan oleh para karyawan. Kemudian, lakukan negosiasi juga dengan perusahaan terkait kompensasi yang bisa diharapkan jika fasilitas teknologi tersebut mengalami kerusakan tertentu.

4. Katering untuk Makan Siang

Para pelamar kerja juga bisa menanyakan tentang fasilitas yang diharapkan selain gaji saat interview satu ini. Saat ini, semakin ada banyak perusahaan yang menyediakan katering makan siang untuk para karyawannya.

Dengan adanya fasilitas yang sangat menguntungkan ini, tentu akan membuat para karyawan lebih mudah untuk menghemat pengeluarannya.

Bahkan, para karyawan juga jadi bisa menikmati makan siang yang lezat dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Tentu ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

5. Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

Program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga bisa menjadi salah satu jenis fasilitas yang diharapkan selain gaji. Umumnya, fasilitas ini akan diberikan dalam bentuk benefit non-materil, seperti training maupun workshop pengembangan diri karyawan.

Mulai dari leadership training, management training, skill training, hingga public speaking training sudah menjadi hal yang mudah ditemukan di beberapa perusahaan Indonesia.

Sebab, semakin meningkat kemampuan yang ada dalam diri masing-masing karyawan, hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik untuk kemajuan perusahaan.

6. Fasilitas Cuti Berbayar

Fasilitas yang diharapkan selain gaji satu ini juga biasa dikenal dengan sebutan paid leave. Dengan adanya fasilitas ini, karyawan bisa lebih merasa bebas untuk beristirahat sejenak di sela-sela kesibukan kantornya.

Pada dasarnya, fasilitas cuti berbayar akan memberikan kemungkinan kepada para karyawan untuk tetap menerima gaji meski sedang mengambil cuti selama bekerja. Jadi, sudah menjadi hal yang wajar jika fasilitas ini penting untuk dimiliki para karyawan.

7. Dukungan Kesehatan Mental Karyawan

Sekarang semakin ada banyak orang yang aware dengan kesehatan mentalnya masing-masing. Bahkan, sekarang juga sudah semakin bertambah perusahaan yang menyediakan dukungan kesehatan mental kepada para karyawannya.

Baca Juga  √ Customer Service Adalah: Fungsi, Tugas, dan Jobdesknya!

Hampir semua karyawan pasti pernah mengalami suatu kondisi yang dapat membuatnya stress. Maka dari itu, perusahaan harus bisa menjamin kesehatan mental karyawannya selalu terjaga dengan baik.

8. Fasilitas untuk Karyawan Wanita

Fasilitas ini juga termasuk salah satu fasilitas yang diharapkan selain gaji yang patut untuk dipertimbangkan. Fasilitas untuk karyawan wanita ini bisa berupa cuti haid, cuti hamil, dan cuti melahirkan.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan Indonesia yang menyediakan fasilitas ini untuk para karyawan wanita yang dimilikinya. Sebab, peraturan ini sudah diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003.

9. Fleksibilitas Jadwal Kerja

Pada dasarnya, setiap perusahaan akan memiliki aturan dan kebijakan tersendiri mengenai jadwal serta waktu kerja yang berlaku di dalamnya. Maka dari itu, setiap pelamar kerja harus menanyakan tentang hal ini ketika masih dalam tahapan interview.

Fleksibilitas jadwal kerja juga akan menjadi salah satu fasilitas yang diharapkan selain gaji dalam dunia kerja. Dengan adanya fasilitas ini, karyawan bisa lebih merasa nyaman dan semangat untuk bekerja.

10. Sponsor Beasiswa

Umumnya, fasilitas ini akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan teladan yang dimilikinya. Sponsor beasiswa ini bisa dimanfaatkan oleh para karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan di institusi yang sesuai harapan.

Mengapa perusahaan bersedia memberikan beasiswa yang sangat menguntungkan ini kepada karyawannya? Karena ketika kemampuan yang ada dalam diri karyawan bisa selalu meningkat, hal ini dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap perusahaan.

Ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuan dan mendapatkan fasilitas yang diharapkan selain gaji seperti yang ada di atas? Segera kunjungi situs pelangifortunaglobal.com. Situs ini akan membantu semua orang dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuan.

Related Posts