√ Cara Membalas Email Panggilan Kerja dan Interview yang Baik

cara membalas email panggilan kerja interview

Cara berkomunikasi maupun berinteraksi dengan recruiter bukan hanya penting ketika awal melamar pekerjaan saja. Akan tetapi, juga sangat penting dilakukan ketika menerima panggilan kerja. Pada kenyataannya cara membalas email panggilan kerja juga membutuhkan skill yang bagus.

Tidak boleh sembarangan ketika membalas email tersebut. Karena melalui cara tersebut, pihak recruiter bisa mengetahui bagaimana sikap sesungguhnya dari si pelamar. Maka dari itu, ketahui dengan baik bagaimana cara membalas email untuk panggilan kerja. 

Tips untuk Membalas Email Panggilan Kerja Terbaik 

Ketika menerima sebuah email panggilan kerja, maka perlu segera meresponnya dengan baik sesegera mungkin. Dalam hal ini tentu membutuhkan skill yang bagus sehingga tidak menimbulkan kekeliruan persepsi. Untuk itu, cermatilah beberapa tips untuk membalas email panggilan kerja berikut.

1. Balas Email Tepat Waktu, Hindari Molor 

Cara membalas email panggilan kerja yang bagus dimulai dari timing atau waktu. Usahakan untuk membalas email tersebut secara tepat waktu. Hindari molor atau menunda-nunda untuk membalas email panggilan kerja. 

Tentu saja recruiter membutuhkan waktu untuk mengatur sejumlah persiapan untuk proses wawancara kerja. Jadi, jangan biarkan recruiter menunggu balasan email tersebut dalam waktu lama. Sesegera mungkin balaslah email tersebut. 

2. Tunjukkan Apresiasi yang Bagus 

Ketika hendak membalas email dari panggilan kerja, maka sebaiknya tunjukkan apresiasi yang bagus terlebih dahulu. Ini penting sebagai upaya untuk  menunjukkan sopan santun maupun etiket yang baik kepada recruiter. Tunjukkan rasa apresiasi dan antusias yang tinggi terhadap panggilan kerja tersebut. 

Baca Juga  8 Tips Agar Sukses Wawancara Kerja di Bank dan Contoh Wawancara [Lengkap!]

Jangan lupa berikan ucapan terima kasih kepada recruiter karena telah menghubungi dan memberikan kesempatan interview kerja. Ini akan menjadi salah satu cara membalas email panggilan kerja terbaik yang bisa dilakukan. 

3. Hindari Sikap Bertele-Tele 

Saat membalas email panggilan kerja, sebaiknya hindari sikap bertele-tele. Usahakan untuk membalas dengan segera dan menggunakan bahasa yang bagus. Pakailah kalimat yang to the point atau langsung ke intinya dan jangan berlebihan.

Pastikan jawaban email tersebut singkat, jelas, padat, sopan dan tetap memuat unsur apresiasi serta antusias yang tinggi. Ini adalah langkah terbaik untuk mendapatkan impresi bagus dari pihak recruiter tersebut. 

4. Pastikan Email Senantiasa Tetap Profesional 

Kemudian, pastikan email balasan tetap senantiasa profesional. Misalnya, dengan cara membalas email tersebut dengan kalimat yang ringkas, padat dan langsung saja ke intinya. Tidak perlu berlebihan maupun bertele-tele dengan kalimat tidak penting.

Konfirmasikan juga tentang waktu interview, nomor telepon maupun alamat lokasi sehingga nantinya akan mampu menghindari kebingungan. Pastikan juga sudah mengoreksi email sebelum mengirimkan balasan tersebut ke recruiter. 

5. Jika Jadwal Tidak Sesuai, Usulkan Jadwal Lain 

Tentu akan membingungkan ketika jadwal wawancara yang diberikan recruiter justru tidak sesuai dengan jadwal kosong pelamar. Jika demikian, jangan sungkan untuk mengusulkan jadwal lain. Tentukan waktu yang sesuai untuk melakukan wawancara. 

Tidak lupa katakan bahwa pelamar sangat menghargai kesempatan yang diberikan terlebih dahulu. Barulah usulkan jadwal lain yang ingin dipilih. Kemudian, tanyakan apakah waktu tersebut memungkinkan atau tidak untuk melakukan wawancara. 

6. Apabila Tidak Memungkinkan Wawancara, Tetap Balas Email dengan Sopan 

Penting sekali untuk membalas email meskipun tidak dapat menghadiri maupun menolak wawancara tersebut. ini merupakan etika terbaik yang dapat dilakukan agar kedepannya tidak terjadi permasalahan lain yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Tips Menghadapi Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Mungkin pelamar sudah terlanjur menandatangani kontrak di tempat lain sehingga tidak dapat menghadiri wawancara atau memang sudah mendapatkan pekerjaan lainnya. Saat hendak membalas email, pastikan memberikan ucapan terima kasih terlebih dahulu dan disertai permohonan maaf. 

Cara Membalas Email Panggilan Kerja dan Contohnya 

Setelah mengetahui tips-tips apa saja yang harus dipahami sebelum membalas email panggilan kerja, maka sebaiknya langsung cermati seperti apa contohnya. Ini penting agar pelamar bisa mempersiapkan dengan baik email balasan seperti apa yang perlu diberikan. 

1. Balasan Email untuk Menerima Panggilan Kerja 

Yth. Bapak Putra Muezza

Terima kasih atas pertimbangan dan pemberitahuan yang diberikan untuk proses wawancara pekerjaan di PT. Surya Cahaya Bersinar untuk posisi content writing. 

Bersama email ini saya memberitahukan bahwa saya bisa menghadiri wawancara sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan tersebut. Saya menantikan wawancara ini dan ingin belajar lebih banyak tentang perusahaan yang bapak pimpin. 

Jika ada pemberitahuan kelengkapan dokumen lainnya, mohon informasikan melalui email ini. Terima kasih atas pemberitahuannya. 

Dengan hormat, 

Cahayu Prabandini 

0812 2222 1111 

2. Balasan Email untuk Menolak Panggilan Kerja 

Yth. Bapak Lutfi Nur Hidayat 

Terima kasih banyak karena telah menghubungi dan memberikan kesempatan wawancara untuk mengisi posisi sebagai SEO Specialist di PT. Necispran. 

Akan tetapi, saya mohon maaf karena tidak dapat melanjutkan proses wawancara dikarenakan sudah menerima pekerjaan lainnya. Sekali lagi, saya sampaikan permohonan maaf saya kepada bapak sekaligus rasa terima kasih saya atas kesempatan yang sudah diberikan. 

Hormat saya, 

Citra Tias 

0812 1111 3333 

3. Balasan Email untuk Mengatur Ulang Jadwal Wawancara 

Yth. Bapak Muhammad Faridl 

Baca Juga  √ 9 Cara Melakukan Wawancara yang Benar dan Efektif (Lengkap!)

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan. Saya sangat menantikan untuk bertemu langsung dan melakukan wawancara di PT. Hallo Dokter Indonesia untuk mengisi posisi sebagai Technical Writer. 

Sayangnya, pada waktu tersebut saya sedang berhalangan hadir dikarenakan ada jadwal kontrol ke rumah sakit. Jika berkenan, saya memohon untuk bisa melakukan pergantian waktu wawancara di perusahaan yang bapak pimpin. Sekiranya bisa cocok dengan bapak. 

Besar sekali harapan saya untuk dapat mengikuti tahapan tersebut dan saya harap bapak bisa mempertimbangkannya dengan baik. Saya tunggu kabar berikutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Dengan hormat, 

Fauzi Erwan Rizkian 

0812 9999 0000

Persiapan Sebelum Proses Wawancara 

Cara membalas email panggilan kerja memang penting sekali diperhatikan. Setelah membalasnya, maka berikutnya perlu mempersiapkan juga hal-hal lain untuk proses wawancara. Beberapa hal yang perlu dicermati sebelum melakukan wawancara di kantor tujuan, diantaranya:

  1. Pastikan sudah membuat catatan kecil tentang pengalaman kerja yang dimiliki. Nantinya bisa diceritakan sejak awal kepada pihak recruiter. 
  2. Jangan lupa pahami dengan baik profil perusahaan serta recruiter. 
  3. Pelajari juga deskripsi pekerjaan serta posisi yang hendak dilamar. 
  4. Siapkan kelengkapan dokumen untuk proses wawancara. Tentunya jika sudah tahu bagaimana cara membalas email panggilan kerja dengan baik, maka tidak sulit untuk mendapatkan informasi tentang kelengkapan dokumen apa saja yang butuh dibawa saat wawancara. 
  5. Siapkan pakaian yang sesuai, rapi dan terlihat profesional. Hindari merias diri secara berlebihan, termasuk memakai parfum yang mencolok. Rapi dan enak dilihat saja sudah cukup. 
  6. Terus berlatih wawancara agar nantinya tidak belepotan atau gugup saat wawancara. 

Gunakan dengan baik setiap kesempatan untuk mempromosikan diri dengan baik untuk mendapatkan pekerjaan. Jika masih bingung, barangkali bisa mengecek pelangifortunaglobal.com yang merupakan wadah bagi pelamar kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.