surat izin tidak masuk kerja

√ Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contoh Lengkapnya!

Etika dalam bekerja benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya ketika tidak dapat masuk kerja seperti biasa karena alasan tertentu, maka perlu mengirimkan surat izin tidak masuk kerja. Penulisan surat ini pun harus memperhatikan hal-hal tertentu. 

Misalnya, memberikan alasan yang jelas mengapa tidak dapat masuk bekerja. Di samping itu, penting sekali untuk memperhatikan dan mencermati dengan seksama bentuk atau susunan dari surat izin tersebut sehingga tidak akan terjadi kekeliruan nantinya. 

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja 

Tidak boleh sembarangan dalam menulis surat izin untuk tidak masuk kerja. Perlu benar-benar memperhatikan bagaimana susunan surat tersebut sejak awal sampai ke bagian penutup. Meskipun memang tidak ada peraturan resminya, namun hal tersebut tetap perlu dicermati dengan baik. 

1. Bagian Pembuka Surat 

Terdapat beberapa hal yang perlu dicantumkan pada bagian pembuka surat. Mulai dari tempat dan tanggal ketika membuat surat, perusahaan atau orang yang dituju sampai salam pembuka. Pastikan penulisan komponen tersebut dilakukan dengan jelas dan lengkap. 

2. Isi atau Bagian Inti Surat Izin Tidak Masuk Bekerja 

Setelah menulis bagian pembuka surat, berikutnya adalah menulis bagian isi. Pada bagian ini, pembuat surat bisa menulis identitas diri, alasan tidak masuk kerja dan waktu izin yang diminta. Tuliskan semuanya dengan jelas dan lengkap. Tentunya dalam pembuatan alasan juga harus logis. 

Baca Juga  √ Customer Service Adalah: Fungsi, Tugas, dan Jobdesknya!

3. Bagian Penutup Surat 

Terakhir, bagian penutup surat. Pada bagian penutup surat izin tidak masuk kerja ini perlu mencantumkan salam penutup, ucapakan terima kasih atas izin yang diberikan dan salam hormat. Pastikan tidak terlalu terbelit-belit dan to the point saja. 

Berbagai Macam Alasan Tidak Masuk Kerja 

Terdapat banyak alasan mengapa seseorang tidak dapat masuk kerja seperti biasa. Alasan-alasan tersebut pun terbilang masuk akal dan boleh ditulis pada surat izin tidak masuk kerja. Pastikan penulisan semua komponen yang dibutuhkan lengkap dan jelas. 

1. Mengikuti Seminar Tertentu 

Salah satu alasan mengapa tidak dapat masuk kerja yang kerap dimaklumi adalah mengikuti seminar tertentu. Terutama seminar yang diadakan di luar kota. Alasan ini juga masuk akal untuk para peserta internship yang magang di kantoran. 

2. Sakit 

Ini adalah salah satu alasan yang paling umum disertakan dalam surat izin tidak masuk kerja. Kondisi tubuh seseorang tentu tidak dapat diprediksi dengan mudah. Lalu, jika tubuh benar-benar sakit maka sebaiknya urungkan niat sejenak untuk bekerja dan kirimkan surat izin. Bila perlu tambahkan surat dokter. 

3. Menstruasi 

Bagi para wanita tentu alasan ini terbilang sangat logis. Gejala atau keluhan tamu bulanan bagi tiap-tiap wanita tentu berbeda satu sama lainnya. Bahkan tidak jarang yang merasa hampir pingsan saat menstruasi datang. 

4. Keperluan Keluarga 

Selain itu, alasan keluarga juga menjadi yang paling sering dicantumkan dalam surat izin untuk tidak masuk kerja. Alasan keluarga tersebut bisa berupa pernikahan, kematian maupun anggota keluarga terdekat tengah sakit dan membutuhkan pertolongan. 

5. Keperluan Mendadak Lainnya 

Seringkali keperluan mendadak menjadi alasan yang sering dilampirkan dalam surat izin tidak bekerja. Misalnya, kebanjiran, kebakaran, terkena musibah bencana alam, kecelakaan, urusan kepolisian dan sebagainya. 

Baca Juga  Tanda Diterima Kerja Saat Interview dan Lolos Interview

Acuan Menulis Surat untuk Tidak Masuk Kerja 

Ketika ingin menulis surat tidak masuk kerja, tentunya terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai acuan. Ini penting agar penulisan surat tersebut tidak keliru atau justru terlihat tidak profesional seperti yang seharusnya. 

1. Jelaskan Alasan Ketidakhadiran dengan Jelas 

Penting sekali menjelaskan ketidakhadiran dengan lengkap pada surat izin tersebut. Sebab, pada alasan tersebut pihak HRD atau bagian personalia bisa memutuskan apakah alasan tersebut bisa diterima atau tidak. 

2. Sertakan Lama Waktu Izin Tidak Dapat Bekerja 

Ini juga terbilang penting dijadikan sebagai acuan dalam penulisan surat izin tidak masuk kerja. Misalnya, ketika izin sakit dan belum tahu kapan sembuhnya, maka sebaiknya cantumkan juga surat keterangan dirawat atau sakit dari pihak rumah sakit. 

3. Berikan Identitas Diri yang Lengkap dan Jelas 

Ketika menulis surat izin untuk tidak masuk bekerja, maka seharusnya perlu mencantumkan identitas diri yang lengkap dan jelas. Bahkan termasuk nomor pegawai, jabatan di kantor, alamat domisili dan informasi lainnya. 

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 

Mengingat banyaknya alasan masuk akal untuk tidak masuk kerja, maka contoh dari surat izin tersebut pun sangat beragam. Misalnya, surat izin tidak masuk kerja karena sakit, keperluan mendadak di keluarga, pernikahan dan sebagainya. 

1. Surat Izin Sakit 

Jakarta, 01 Desember 2021

Hal: Permohonan Izin untuk Tidak Masuk Kerja 

Yth. Bagian Personalia 

PT. Maju Makmur Abadi 

Jakarta 

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari ini, Rabu 01 Desember 2021 tidak dapat masuk kerja seperti biasa dikarenakan sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk bekerja sampai waktu yang tidak dapat ditentukan. 

Sebagai pelengkap, saya lampirkan surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit. Jika memang sampai surat tersebut tidak berlaku dan saya masih belum sembuh, maka saya akan mencantumkan surat keterangan sakit lanjutan. 

Baca Juga  √ 21+ Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Demikian surat ini dan lampiran surat keterangan sakit saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Sujarwo Duta 

2. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Keperluan Mendadak di Keluarga 

Jakarta, 01 Desember 2021 

Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja 

Kepada Yth. Kepala Bagian SDM 

PT. Ria Persada 

Jakarta 

Dengan hormat, 

Bersama surat ini saya memohon izin untuk tidak masuk bekerja di kantor seperti biasa dikarenakan ada keperluan mendadak keluarga. Saya memohon izin agar kiranya bapak bisa berkenan untuk memberikan saya izin tidak masuk kerja pada hari ini. 

Jika sampai keperluan keluarga yang mendadak ini belum selesai, maka saya akan memberikan konfirmasi lagi. Demikian permohonan izin untuk tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaan dan kebaikan bapak, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Julian 

3. Surat Izin Pernikahan 

Jakarta, 01 Desember 2021

Kepada Yth. Pimpinan HRD 

PT. Agustus Desember Sejahtera 

Di 

Jakarta 

Dengan hormat, 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ni Aku Saputri 

Alamat : Perumahan Taman Ria Persada Blok B4, Cileungsi, Bogor

Jabatan : Staf Stock Opname 

NIP : 2018220190

Bermaksud mengajukan izin cuti untuk menikah pada tanggal 02 dan 03 Desember 2021. Demikian surat izin cuti ini saya buat. Atas perhatiannya dan kebijaksanaannya untuk izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih. 

Pemohon, 

Ni Aku Saputri 

Penulisan surat izin tidak masuk kerja harus diperhatikan dengan baik sehingga bisa sistematis dan mudah dipahami oleh pihak yang dituju. Untuk informasi seputar pekerjaan lainnya, bisa mengunjungi pelangifortunaglobal.com. Ini adalah wadah yang bisa membantu pelamar kerja memperoleh pekerjaan. 

Related Posts