contoh deskripsi diri

√ Contoh Deskripsi Diri Sendiri dalam CV dan Tips Menulisnya (Lengkap!)

Dalam CV atau daftar riwayat hidup tentu terdapat hal-hal yang perlu ditulis dengan baik. Salah satunya adalah deskripsi diri. Di dalamnya memuat informasi seputar pendidikan, pengalaman maupun tujuan karir secara singkat. Untuk lebih detailnya mungkin bisa melihat contoh deskripsi diri

Setiap pelamar perlu menulis deskripsi diri secara bagus. Sebab, deskripsi diri akan menjadi salah satu cara agar HRD bisa langsung memberikan penilaian kepada pelamar ketika mengirimkan CV. Maka dari itu, agar CV dipertimbangkan dengan baik oleh HRD, maka tulislah deskripsi diri yang bagus. 

Tips Menulis Deskripsi Diri 

Tiap-tiap pelamar kerja perlu menulis dengan baik tentang deskripsi diri. Hal ini penting agar CV yang dikirimkan bisa diterima dan dipertimbangkan oleh HRD untuk lanjut ke tahapan berikutnya yaitu wawancara. Agar lancar membuat CV, maka cermati apa saja tips menulis deskripsi diri. 

1. Buat Deskripsi Diri Secara Singkat 

Perlu diketahui bahwa tidak semua HRD mempunyai cukup waktu untuk menyaring berbagai macam CV yang masuk. Maka dari itu, penting sekali membuat deskripsi diri secara singkat agar pihak HRD cukup mampu mendapatkan gambaran tentang diri pelamar melalui deskripsi singkat tersebut. 

Cobalah untuk membuat deskripsi singkat yang terdiri dari dua sampai tiga frasa ke dalam berbagai poin maupun bentuk paragraf singkat. Buat sebaik mungkin agar HRD bisa langsung memperoleh gambaran tentang diri pelamar dengan cepat. 

Baca Juga  Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

2. Tunjukkan Poin Apa Saja yang Ingin Ditunjukkan 

Ketika membuat deskripsi diri, maka selalu tonjolkan hal apa saja yang memang menjadi nilai plus. Tidak perlu harus memasukkan semua pengalaman maupun kelebihan, namun pastikan hal-hal penting dalam diri harus digambarkan dengan baik lewat deskripsi diri. 

Pada berbagai macam contoh deskripsi diri tentu sudah memuat hal ini dengan baik. Caranya adalah dengan melihat keseluruhan isi CV dan kemudian tuliskan hal-hal penting yang cocok dengan kriteria perusahaan. 

3. Lakukan Identifikasi Diri Secara Profesional 

Cermati dengan baik bagaimana cara memperkenalkan diri dengan baik melalui CV secara profesional tentunya dalam bentuk deskripsi singkat. Jangan sampai terlalu berlebihan maupun kurang dalam memperkenalkan diri. 

Gunakan kata-kata terbaik sehingga bisa mempromosikan diri dengan baik pula melalui deskripsi singkat tersebut. Berikutnya, hindari penggunaan kata-kata yang kasar atau terkesan kurang formal dalam penulisan deskripsi diri. 

4. Jelaskan Tujuan Karir dengan Baik 

Dalam berbagai macam contoh deskripsi diri banyak yang memuat tentang tujuan karir. Penulisan tujuan karir seperti ini sangat bagus dicantumkan. Pastikan tujuan karir yang ditulis hendak sesuai dengan posisi pekerjaan yang ingin dilamar. 

Jangan sesekali ragu untuk memberikan sentuhan pribadi pada deskripsi diri. Termasuk ketika menjelaskan tujuan karir. Sentuhan pribadi yang diberikan tentunya akan memberikan keunikan tersendiri pada diri pelamar sebagai seorang kandidat yang harus dipilih. 

5. Cek Kembali Sebelum Dicantumkan 

Terakhir, penting sekali untuk mengecek dan memeriksa ulang deskripsi diri sebelum dicantumkan dalam CV. Lakukan identifikasi kesalahan pada bagian tersebut. Jika terdapat kesalahan penulisan maupun typo, maka sebaiknya segera diganti sehingga tidak terlupa.

Periksa juga apakah bahasa dan kalimat-kalimat yang digunakan sudah termasuk ke dalam kategori profesional atau belum. Maksimalkan deskripsi diri agar bisa diterima dan dipertimbangkan oleh pihak HRD tujuan. Tulis apa yang penting dan dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang ingin dilamar. 

Baca Juga  5 Tips Agar Bisa Bekerja Sesuai Passion

4+ Contoh Deskripsi Diri Terbaik dan Pasti Lolos 

Demi mempermudah penulisan deskripsi diri, maka sebaiknya cek terlebih dahulu seperti apa saja contohnya. Contoh-contoh tersebut tentu dapat dijadikan sebagai acuan untuk menulis deskripsi diri dengan baik. 

1. Deskripsi Diri Fresh Graduate 

  • Lulusan Baru Pemasaran Digital 

Lulusan S1 dengan fokus pemasaran digital. Mempunyai pengalaman dalam mengembangkan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang di perusahaan multinasional yang bertempat di Jkaarta Pusat. 

Saat ini sedang mencari peluang kerja baru yang dapat memberikan kesempatan untuk semakin berkembang dalam menata karir yang lebih baik lagi. Tentunya yang berkaitan erat dengan pengalaman magang sebelumnya dalam ranah pemasaran digital. 

  • Lulusan Baru S2 

Lulusan S2 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sakti Mandraguna dengan pengalaman mengajar selama 4 tahun di tingkat SMP dan SMA bertaraf internasional Jakarta. mempunyai sertifikasi dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa utama di tingkat SMP dan SMA tersebut. 

2. Contoh Deskripsi Diri untuk Berpengalaman 

  • Pengalaman Kerja sebagai Manajer 

Seorang accounting manager dengan pengalaman akuntansi pada industri otomotif dan marketing selama 5 tahun. Memahami dengan baik akuntansi umum, budgeting, payroll dan pembukuan. Mempunyai berbagai sertifikat keahlian di bidang akuntansi dan siap bekerja dengan profesional. 

  • Pengalaman Kerja Customer Service 

Customer service specialist dengan pengalaman bekerja lebih dari 2 tahun di Home Shopping Jakarta. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru dengan meningkat loyalitas pelanggan sebanyak 35% dan kini siap melanjutkan karir di bidang yang lebih baik lagi. 

  • Pengalaman Kerja IT 

Seorang profesional IT yang berorientasi detail kepada software support specialist dan sistem IT lainnya selama 10 tahun. Terampil menggunakan berbagai macam platform ternama, mempunyai kemampuan komunikasi verbal yang bagus maupun menyelesaikan permasalahan seputar software lainnya. 

Baca Juga  10 Contoh Alasan Resign Paling Masuk Akal dan Cara Mengungkapkannya

3. Contoh Deskripsi Diri untuk Mengubah Jalur Karir 

  • Pengalaman Sebelumnya di Bidang Real Estate 

Seorang profesional di bidang real estate yang mempunyai pengalaman selama 5 tahun. Berkeinginan untuk membawa pengalaman ini ke ranah sales executive di bidang properti. Tentunya dengan memiliki keahlian di bidang layanan pelanggan yang baik, maka siap memulai karir baru segera. 

  • Pengalaman Web Design 

Profesional di bidang web design dengan pengalaman selama 6 tahun. Memiliki pengalaman yang bagus dan keterampilan dalam bidang analitis, pemecahan masalah, kemahiran komputer hingga menangani berbagai macam proyek. Siap bekerja jika segera dibutuhkan dalam kurun waktu dekat. 

4. Contoh Deskripsi Diri dalam CV untuk Business Management 

  • Pengalaman Koordinator Business Development 

5 tahun berpengalaman sebagai koordinator business development dengan kemampuan kolaborasi tim yang sangat bagus. Mampu menangani proyek komplek dengan susunan tim penjualan, pemasaran bisnis dan produk dengan sangat baik. Siap melanjutkan karir di bidang sejenis lainnya dengan lebih baik lagi. 

  • Pengalaman Business Management 

Seorang profesional di bidang business management selama 4 tahun dengan orientasi pertumbuhan bisnis yang berimplementasi pada strategi penjualan, evaluasi pertumbuhan dan analisa pasar. Siap bekerja secepatnya apabila dibutuhkan dalam waktu dekat. 

5. Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Posisi HRD 

HR Generalist dengan pengalaman selama 4 tahun dalam hal melakukan pengelolaan benefit karyawan, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kerja dan pendataan SDM. Sangat terampil dalam hal berkomunikasi maupun membangun hubungan yang baik dengan karyawan lainnya. Memahami contoh deskripsi diri memang penting sekali dilakukan sebelum menuliskannya dalam CV demi bisa mendapatkan pekerjaan impian. Jika masih bingung menemukan pekerjaan terbaik, maka bisa kunjungi pelangifortuna.com. Ini adalah wadah yang mampu memberikan pekerjaan terbaik bagi siapapun.

Related Posts