√ Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana dan Cara Membuatnya!

slip gaji karyawan

Slip gaji diberikan perusahaan kepada karyawan saat menerima gaji. Meskipun kecil, penulisan slip gaji karyawan harus benar dan sesuai format yang telah ditentukan secara umum. Untuk mencegah kesalahan, bisa menggunakan contoh slip gaji yang sudah banyak digunakan di semua perusahaan.

Slip gaji dengan format yang benar tentunya telah menyesuaikan kebutuhan karyawan. Dalam hal ini kebutuhan informasi mengenai detail gaji, mulai gaji pokok hingga hal lain yang berkaitan di dalamnya. Jadi, penggunaannya sangat penting demi mencegah ketidakpuasan karyawan atas nominal gaji yang mereka terima.

Format Slip Gaji Karyawan

Sebelum mengetahui contoh dan cara membuat slip gaji yang baik dan benar, ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam slip gaji. Komponen tersebut selanjutnya disusun dalam bentuk format yang rapi dan mudah dilihat.

Adapun format yang benar dari slip gaji pada umumnya yaitu:

1. Nama dan Identitas Perusahaan

Bagian ini berada di bagian paling atas perusahaan dengan font yang lebih besar. Tujuannya untuk menunjukkan nama perusahaan yang sudah menuntaskan tanggung jawabnya dalam memberi gaji pada karyawan. 

Baca Juga  Contoh CV Fresh Graduate SMA / SMK Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik

Nama perusahaan juga menunjukkan formalitas slip gaji sehingga karyawan yakin bahwa gaji tersebut benar-benar dari perusahaan tempatnya bekerja dan bukan dari pihak lain. Identitas perusahaan sendiri biasanya terdiri dari nama perusahaan, alamat, logo, dan nomor telepon. Tapi ada juga yang hanya menyertakan nama saja.

2. Periode Gaji

Bagian selanjutnya adalah periode pembayaran gaji. Periode berisi tanggal dan bulan gaji diberikan. Bagian ini sangat penting dituliskan dan tidak boleh sampai hilang. Jika tidak dibutuhkan, bisa terjadi kesalahan informasi.

Akibat buruknya, karyawan yang sudah mendapat gaji minta diberikan gaji lagi karena belum ada periode yang tertera. Demikian sebaliknya, perusahaan bisa saja mengaku sudah memberi gaji walaupun sebenarnya belum karena ada slip gaji yang tidak tertulis jelas tanggal dan waktu pemberian gaji.

3. Kerahasiaan Dokumen

Gaji seseorang memang merupakan sesuatu yang bersifat privasi sehingga sering dirahasiakan.

Meskipun sudah jelas privasi, tapi penulisan dokumen rahasia pada slip gaji tetap diperlukan agar semua pihak mau menjaga kerahasiaan slip gaji yang diterima.

4. Nama dan Identitas Penerima Gaji

Untuk meminimalisir kesalahan menerima gaji, nama dan Identitas karyawan penerima juga dibubuhkan. Identitas penerima gaji tidak hanya berupa nama lengkap saja, namun juga nomor karyawan, jabatan, alamat, serta nomor teleponnya.

5. Besarnya Gaji Pokok

Gaji Pokok setiap perusahaan berbeda-beda. Demikian hal nya setiap karyawan dalam perusahaan juga menerima gaji yang berbeda sesuai lamanya masa kerja dan jabatannya.

6. Rincian Gaji yang Diterima

Dalam perusahaan terkadang ada tunjangan khusus yang tidak terdapat pada perusahaan lain. Tunjangan ini wajib ditulis dalam slip gaji agar karyawan tahu rincian dari total gaji yang mereka terima.

Baca Juga  Contoh CV Mahasiswa Masih Kuliah Magang yang Kreatif dan Menarik

7. Besarnya Potongan Gaji

Potongan gaji adalah tanggungan khusus yang harus dibayar karyawan sehingga gaji mereka dipotong dari nominal aslinya. Bisa berupa potongan jaminan kesehatan, asuransi, ataupun potongan masa kerja karena banyak libur tanpa izin.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Ada banyak contoh slip gaji yang bisa ditiru. Namun tidak semua menggunakan format yang benar sehingga terkadang sulit dipahami rinciannya. Untuk contoh yang lebih sederhana dan formatnya sudah sesuai, bisa dilihat di bawah ini.

1. Contoh Slip Gaji Sederhana

PT Nipotech Sejahtera
Slip Gaji
No      : NP23891122Nama : Hendro Sulistiyo
Nominal Diterima                                                                        Potongan
Gaji Pokok            : Rp2.500.000                                                     BPJS: Rp60.000,00
Transport              : Rp50.000                                                          PPH  : Rp270.000,00
Lembur                 : Rp150.000,00
Konsumsi             : Rp100.000
Total yang Diterima: Rp2.800.000                                                     Total potongan: Rp330.000
THP : Rp2.470.000. 


HRD                                                                                                             Diterima Oleh

Adelina Maulina                                                                                        Hendro Sulistio

2. Contoh Slip Gaji Online Sederhana

PT Masterindo Jaya
Slip Gaji 
Periode Juli 2022
*Dokumen Rahasia
Muhammad AfrizalQuality Control bagian Produksi
Gaji yang Diterima
Gaji Pokok                         : Rp2.000.000
Uang Penghargaan Jabatan : Rp100.000
Potongan BPJS                  : Rp50.000

Total gaji                            :Rp2.050.000

3. Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana dengan Excel

PT Masih Baru
Jln Tambak Beras Lamongan
Slip Gaji Karyawan
Periode 1 juli – 31 Juli 2022
Nomor:KJ52819
Nama: Eriyana
Jabatan: Kepala Produksi
Status: Karyawan Tetap
PenghasilanPotongan
Gaji PokokRp2.500.000.AsuransiRp100.000
Tunjangan jabatanRp50.000Pph 21Rp180.000
Tunjangan transportasiRp50.000
Tunjangan konsumsiRp200.000
LemburRp150.000
TotalRp2.950.000TotalRp280.000
Penerimaan bersihPenghasilan-potonganRp2.670.000

4. Contoh Slip Gaji Sederhana dengan Word

Slip Gaji

Baca Juga  √ 3 Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill beserta Contohnya!

Nusa Anugerah Abadi

Jl. Melinjo 12 Gresik

Gaji Periode : juli 2022

Nama : Ardiali

Jabatan : Karyawan Produksi

Gaji Pokok : Rp3.000.000

Tunjangan Konsumsi : Rp50.000

Tunjangan Transportasi : Rp100.000

Lembur : Rp500.000

Potongan : Rp100.000

Total Gaji yang diterima : Rp3.650.000 – Rp100.000 = Rp3.550.000

Gresik 26 Juli 2022

HRD

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan

Apabila komponen penting dalam slip gaji sudah diketahui, tentu saja cara membuat slip gaji sangat mudah. Cukup dengan menyesuaikan format dengan komponen sesuai dengan karyawan masing-masing yang menerima gaji. Berikut langkah-langkah membuat slip gaji untuk karyawan yang benar.

1. Menulis Nama Perusahaan dan Karyawan

Langkah pertama adalah menulis nama perusahaan pada bagian paling atas slip gaji. Penulisan nama perusahaan bisa dicetak tebal dengan font yang lebih besar.

Sementara nama karyawan ditulis sekaligus dengan nomor identitas pengenalnya dalam perusahaan.

2. Menulis Komponen yang Ada dalam Slip Gaji Sesuai Format

Setelah mengetahui format wajib yang harus ada dalam slip gaji, maka perusahaan wajib menerapkannya. Pastikan semua komponen terkait gaji yang diberikan juga ditulis di dalamnya.

Format penulisan nominal gaji tidak harus vertikal dari atas ke bawah. Jika merasa kurang nyaman, bisa juga horizontal dengan menggunakan tabel agar lebih rapi.

3. Memasukkan Nominal Gaji dalam Format yang Telah Dibuat

Setelah format dibuat dalam kolom-kolom ataupun tulisan biasa dalam bentuk baris, langkah selanjutnya adalah memasukkan nominal gaji karyawan sesuai formatnya. Mulai dari gaji pokok, harian, berbagai tunjangan, serta potongan yang dikenakan.

4. Menghitung Total Seluruh Gaji yang Diterima Karyawan

Kalau menggunakan aplikasi pengolah angka, menentukan total gaji bisa langsung menggunakan rumus pada kolom paling bawah.

Tapi untuk slip gaji yang ditulis manual dengan pengolah kata, maka total seluruh gaji, tunjangan, serta dikurangi potongan harus dihitung secara teliti menggunakan kalkulator atau alat bantu hitung lainnya.

5. Menulis Tanggal dan Tanda Tangan Pihak Perusahaan

Langkah terakhir yang tidak kalah penting dalam pembuatan slip gaji adalah menulis tanggal gaji diberikan dan tanda tangan pihak perusahaan. Bisa dari HRD, personalia, manajer, ataupun pihak perusahaan lainnya yang bersangkutan.

Khusus tanggal diberikan gaji sifatnya tidak mutlak. Jika periode gaji sudah ditulis di bagian awal, maka tanggal diberikan gaji bisa ditulis ataupun tidak. Tapi kalau periode belum ditulis di awal, tanggal ini wajib dibubuhkan di bagian bawah sebelum tanda tangan.

Contoh dan cara membuat slip gaji karyawan di atas cukup sederhana sehingga mudah diterapkan perusahaan. Namun bagi Anda yang justru masih mencari-cari pekerjaan, bisa mengunjungi pelangifortunaglobal.com sebagai satu-satunya wadah terbaik untuk mendapat pekerjaan sesuai bakat dan kemampuan.