kata kata perpisahan kerja

√ 21+ Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Ketika memutuskan untuk meninggalkan perusahaan, sangat dianjurkan untuk menyampaikan kata-kata perpisahan kerja kepada kolega dan atasan. Selain bagian dari etika dalam dunia kerja, tindakan tersebut menunjukan sikap profesional dan cara menjaga hubungan baik dengan mereka. 

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Teman Kerja yang Berkesan

Selama bekerja, pasti banyak momen berharga yang pernah dilalui bersama para teman kerja. Begitu juga dengan atasan yang telah memberikan arahan, bimbingan dan hal baik lain demi peningkatan kinerja. 

Bentuk apresiasi paling sederhana namun mengena di hati sebelum berhenti kerja adalah mengucapkan kata perpisahan. Berikut 4 cara penyampaian kata perpisahan kerja yang dapat dijadikan referensi: 

1. Mengadakan Acara Perpisahan Kecil-Kecilan

Meninggalkan tempat kerja yang memiliki lingkungan sehat dan kolega yang suportif memang sangat berat. Siapapun yang mengalami hal tersebut pasti ingin menciptakan momen terakhir yang istimewa dan berkesan. 

Caranya bisa dengan mengadakan acara kecil-kecilan di kantor atau tempat lain yang cocok untuk momen perpisahan. Tidak harus mewah, cukup hadirkan makanan dan minuman sambil mengobrol hangat. Tutup acara tersebut dengan menyampaikan kata perpisahan kepada mereka. 

2. Menggunakan Kartu Ucapan

Jika tidak memiliki banyak waktu, maka kata-kata perpisahan kerja dapat disampaikan melalui kartu ucapan. Cara ini terkesan lebih personal karena isi pesan perpisahan bisa dibedakan berdasarkan kedekatan dengan kolega. 

Misalnya, kartu ucapan untuk teman kerja yang dekat dibuat lebih santai dengan isi yang panjang. Sedangkan kartu ucapan perpisahan untuk atasan dibuat lebih formal dengan isi yang seperlunya saja.  

Selain sebagai media untuk menyampaikan rangkaian kata perpisahan, kartu ucapan yang memiliki desain bagus juga dapat dijadikan kenang-kenangan yang berkesan. 

Baca Juga  √ Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contoh Lengkapnya!

3. Menyampaikan Langsung

Cara konvensional untuk menyampaikan kata perpisahan kerja adalah dengan menyampaikan face-to-face tanpa mengadakan acara apapun. Pada hari terakhir kerja, temuilah satu per satu kolega untuk mengatakan kata perpisahan. Kunjungi juga atasan di ruangannya untuk berpamitan. 

Jika ingin meninggalkan kesan yang lebih mendalam, pertimbangkan untuk memberikan kenang-kenangan yang dapat dipakai bersama atau dipajang di ruangan. Misalnya, hampers ATK, coffee maker dan tea set.  

4. Melalui Email

Menyampaikan kata-kata perpisahan rekan kerja melalui email merupakan alternatif terbaik untuk menghemat waktu. Sebab, ucapan perpisahan dapat dikirim sekaligus ke beberapa alamat email sehingga semua kolega otomatis akan menerima kartu ucapan digital tersebut. 

Alamat email para kolega dapat menjadi sarana untuk menghubungi mereka di masa mendatang, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. 

Ide Kata-Kata Perpisahan Rekan Kerja

Merangkai kata perpisahan membutuhkan pertimbangan yang cukup agar kalimatnya bermakna dan sopan. Agar lebih mudah, ide ucapan di bawah ini bisa digunakan sebagai referensi. 

1. Kata-Kata Perpisahan untuk Atasan

Berikut ide kata-kata perpisahan kerja yang ditujukkan untuk atasan: 

  1. Terima kasih banyak atas kesempatan yang Bapak berikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini. Pengalaman yang mengesankan karena penuh dengan pelajaran berharga dan tantangan yang mendorong saya untuk terus maju.
  1. Sebelum undur diri, saya ingin berterima kasih kepada Bapak atas bantuan dan bimbingan selama saya bekerja di sini. Bapak adalah pimpinan yang bijak dan bersedia mendengarkan pendapat karyawan. Semoga saya tetap bisa menjalin hubungan baik dengan Anda. 
  1. Ibu adalah pimpinan sekaligus mentor terbaik sehingga saya terdorong untuk menghasilkan output kerja yang maksimal. Saya tidak akan melupakan semua yang Ibu ajarkan selama saya bekerja di kantor ini. 
  1. Terima kasih banyak, Bos. Anda adalah pimpinan terbaik yang mampu mendidik karyawan untuk bekerja lebih efektif dan giat. Saya akan selalu mengingat ilmu yang Anda ajarkan. Saya berharap semoga Anda bersedia merespons ketika suatu saat saya menghubungi untuk berkonsultasi. 
  1. Waktu saya untuk bekerja di perusahaan ini memang sudah habis. Namun, saya harap hubungan profesional antara Bapak dan saya tidak berhenti sampai di sini. Terima kasih atas kesempatan besar dan didikan Anda selama ini, Pak. 
  1. Saya menerima begitu banyak ilmu baru dan mengalami perkembangan pesat selama mengabdi di perusahaan ini. Hal tersebut berkat bimbingan dan ilmu yang Bapak berikan. Semoga Anda sehat selalu dan tetap menjadi pimpinan yang dihormati para karyawan di sini. 
  1. Saya sangat bangga memiliki atasan seperti Bapak. Anda tidak hanya memerintah tetapi juga memberikan arahan yang berdampak positif pada hasil kerja para karyawan. Saya izin pamit dari perusahaan ini. Terima kasih banyak, Pak. 
  1. Semangat dan keahlian Anda akan selalu menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi saya. Pengalaman dan perjalanan saya selama di perusahaan ini merupakan hal berharga sebagai bekal untuk terus melangkah di jalan yang berbeda.
Baca Juga  √ Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

2. Kata-Kata Perpisahan untuk Kolega

Selanjutnya, kata-kata perpisahan teman kerja di kantor yang bagus dan berkesan antara lain: 

  1. Saya sangat senang bisa bekerja di perusahaan ini dan bertemu dengan rekan kerja yang baik. Walaupun terasa berat untuk pergi, tapi ada kesempatan lain yang sudah menunggu saya. Sampai jumpa, kawan-kawan! 
  1. Jujur, saya sedih harus meninggalkan pekerjaan ini dan berpisah dengan kalian. Momen kebersamaan akan selalu teringat dalam memori. Semoga kita semua bisa meraih kesuksesan yang lebih di kemudian hari. 
  1. Terima kasih, rekan-rekan yang baik. Kalian semua telah membuat perjalanan karier saya di sini terasa begitu menyenangkan walaupun banyak hal yang cukup menantang. Jangan ragu untuk menghubungi saya jika ada perlu, ya. 
  1. Perasaan yang campur aduk datang kepada saya saat menulis pesan perpisahan ini. Saya bersyukur atas kesempatan untuk menghabiskan beberapa tahun di kantor ini. Terima kasih atas obrolan yang seru, bantuan yang tulus dan dukungan yang tidak pernah putus. 
  1. Sangat menyenangkan bekerja satu kantor dengan kalian semua. Sayangnya, saya harus melanjutkan langkah ke jalan yang berbeda. Semoga kita bisa berjumpa lagi di waktu mendatang, ya! 
  1. Saya bangga memiliki kolega yang saling mendukung, tidak menjatuhkan satu sama lain dan saling berbagi hal menyenangkan. Saya berharap, kita tidak menjadi orang asing walaupun saya sudah tidak bekerja di sini lagi. Terima kasih dan saya pamit ya, kawan! 
  1. Tidak mudah untuk mengambil keputusan berhenti dari pekerjaan yang saya cintai ini. Apalagi, kalian adalah rekan kerja yang terbaik. Maaf apabila saya menorehkan banyak salah dan semoga silaturahmi kita tetap langgeng walaupun sudah berbeda tempat kerja.
  1. Saya merasa beruntung bertemu kalian, rekan kerja yang suka menolong dan berkepribadian menarik. Saya pasti akan merindukan kalian semua ketika sudah tidak bekerja lagi di bawah atap yang sama. Sampai bertemu lagi dan semoga kita bisa meraih impian yang lebih besar. 
  1. Waktu berjalan sangat cepat sehingga saya merasa baru kemarin berkenalan dengan kalian di kantor ini. Walaupun sudah tidak satu tim lagi, jangan putus hubungan, ya! Kalian tetap teman terbaik yang saya miliki. Semoga karier kalian semakin bagus ke depannya. 
Baca Juga  √ Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

Sekarang, merangkai kata-kata perpisahan kerja sudah tidak sulit lagi. Bagaimana jika ternyata tak kunjung memiliki pekerjaan? Maka, solusi terbaik adalah berkonsultasi dengan pihak terpercaya pelangifortunaglobal.com yang mampu mencarikan pekerjaan yang terbaik dan paling cocok.

Related Posts