√ 7+ Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Masuk Akal (100% Berhasil!)

alasan izin tidak masuk kerja

Mengerjakan tugas dan tanggungjawab di perusahaan tempat bekerja memang hal yang wajib dilakukan. Namun, terkadang ada beberapa alasan izin tidak masuk kerja yang membuat karyawan akhirnya tidak bisa masuk kerja dan mengerjakan tugas serta tanggung jawabnya.

Apa saja alasan izin tidak dapat masuk kerja yang diperbolehkan oleh atasan di perusahaan? Informasi ini penting diketahui agar nantinya tidak terjadi permasalahan di tempat kerja karena ketidakhadiran seorang karyawan. Yuk, langsung simak informasinya!

Alasan Izin Tidak Masuk Kerja

Terdapat beberapa alasan yang membuat seorang pekerja akhirnya tidak dapat masuk kerja. Berikut ini beberapa alasan izin tidak masuk kerja yang tepat, yaitu:

1. Sakit

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika kesehatan terganggu atau sakit, maka aktivitas sehari-hari juga akan terganggu. Seseorang yang sakit tidak akan nyaman mengerjakan apapun termasuk masuk kerja dan bekerja.

Oleh karena itu, sebaiknya minta izin untuk tidak masuk kerja. Waktu yang ada bisa digunakan untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kesehatan. Selain itu, waktu yang ada sebaiknya digunakan untuk beristirahat agar kembali sehat dan dapat segera bekerja.

Oh ya, ketika memeriksakan diri ke dokter, jangan lupa untuk meminta surat keterangan sakit. Surat ini bisa digunakan sebagai bukti sakit ke atasan di tempat kerja.

2. Jadwal Pemeriksaan Kesehatan dengan Janji Dokter

Alasan kedua adalah adanya jadwal pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan. Pemeriksaan kesehatan ini biasanya tidak bisa diganti ke hari lain karena sudah dibuat janji dengan dokter tertentu. Hal ini karena jadwal pemeriksaan biasanya ditentukan oleh rumah sakit dan kesibukan dokter.

Baca Juga  √ Contoh Surat Cuti Melahirkan yang Baik dan Benar (Terlengkap!)

Alasan ini bisa diutarakan ke atasan di tempat kerja jauh-jauh hari sebelum izin ya. Hal ini untuk membuat atasan lebih percaya dan memberikan izin.

3. Ada Anggota Keluarga yang Meninggal Dunia

Keluarga merupakan orang-orang terdekat yang memiliki hubungan darah. Tentu saja keluarga harus menjadi prioritas utama. Adanya anggota keluarga yang meninggal dunia bisa menjadi alasan untuk tidak masuk kerja.

Perusahaan pastinya juga akan memberikan izin untuk alasan ini. Izin untuk tidak masuk kerja dengan alasan berkabung bisa ditambah dengan izin cuti selama beberapa hari. Terutama jika orang yang meninggal adalah salah satu keluarga inti. 

Bicarakan dengan baik-baik kepada atasan di tempat kerja agar lebih memahami situasi dan keadaan berkabung yang dialami.

4. Panggilan ke Sekolah Anak

Contoh alasan izin tidak masuk kerja lainnya adalah adanya panggilan atau undangan dari pihak sekolah anak. Misalnya, ketika jadwal terima raport hasil belajar anak.

Selain itu, terkadang ada juga orang tua yang dipanggil untuk menghadiri rapat orang tua murid, sehingga harus izin tidak masuk kerja atau izin setengah hari kerja. Jadikan surat edaran dari sekolah sebagai bukti dan lampiran ketika izin tidak masuk kerja.

Panggilan ke sekolah anak juga bisa terjadi karena anak mengalami masalah di sekolah. Jika hal ini terjadi, maka sebagai orang tua harus izin tidak masuk kerja untuk mengatasi masalah anak di sekolah.

5. Keguguran atau Melahirkan secara Tiba-tiba

Waktu melahirkan memang tidak bisa diprediksi secara tepat. Seorang wanita pekerja yang hamil bisa saja mengalami kontraksi dini dan melahirkan tiba-tiba. Jika hal tersebut terjadi, maka karyawan tersebut bisa izin tidak masuk kerja sekaligus izin mengambil cuti melahirkan.

Baca Juga  √ Contoh Soft Skill dalam CV yang Benar (Lengkap!)

Wanita pekerja yang sedang hamil juga bisa mengalami masalah kehamilan secara mendadak, seperti keguguran. Ketika hal ini terjadi, maka ia juga bisa izin tidak masuk kerja demi kesehatan dan keselamatan dirinya.

Pastinya dibutuhkan penanganan dan perawatan dalam jangka waktu tertentu untuk kembali pulih dan dapat bekerja.

6. Bencana

Bencana juga bisa menjadi alasan seseorang tidak masuk kerja. Tentunya bencana tidak dapat diperkirakan waktu terjadinya, sehingga seseorang terpaksa izin tidak masuk kerja secara mendadak. Perusahaan pun pasti menerima alasan tersebut.

Bencana yang dimaksud disini misalnya, kebakaran, gempa parah, angin topan, banjir, dan lain sebagainya.

7. Kecelakaan Mendadak

Alasan lainnya untuk izin tidak masuk kerja adalah mengalami kecelakaan sehingga membutuhkan perawatan dan penanganan khusus dari rumah sakit. Keadaan ini termasuk keadaan darurat, sehingga perusahaan pasti akan memberikan izin demi keselamatan karyawannya.

8. Menikah

Menikah juga bisa menjadi alasan seorang karyawan tidak masuk kerja. Alasan ini bisa dibicarakan dengan atasan jauh-jauh hari, sehingga perizinan lebih mudah diberikan ya. Jika ada anggota keluarga yang menikah, maka izin tidak masuk kerja juga bisa diterima.

Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Tidak Masuk Akal

Selain alasan yang masuk akal untuk tidak masuk kerja, ketahui juga beberapa alasan yang tidak masuk akal dan sebaiknya tidak digunakan ya. Nah, berikut ini beberapa alasan tidak masuk kerja yang tidak boleh digunakan dan harus dihindari, yaitu:

  • Sakit kepala ringan
  • Terlambat bangun
  • Tidak ada pakaian yang dapat digunakan
  • Ada masalah dengan rekan kerja
  • Merasa malas bekerja
  • Alasan tidak profesional lainnya

Jangan gunakan alasan-alasan tersebut agar mendapat izin tidak masuk kerja ya. Hal ini malah bisa menyebabkan seorang karyawan dinilai tidak profesional dalam bekerja dan memiliki sikap atau attitude yang buruk.

Baca Juga  √ Networking Adalah : Manfaat dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

Atasan bisa berpikir negatif tentang karyawan seperti itu. Tentunya ini akan bisa mempengaruhi penilaian kinerja bahkan karir dari karyawan tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Izin Tidak Masuk Kerja?

Ketika tidak bisa masuk kerja karena alasan mendadak, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera menghubungi atasan. Sampaikan alasan dan penjelasan detail kenapa tiba-tiba tidak bisa masuk kerja.

Ketika sudah masuk kerja kembali, maka bawalah bukti yang menunjukkan bahwa alasan tidak masuk kerja mendadak kemarin memang alasan yang sebenarnya (tidak direkayasa). Misalnya, ketika sakit mendadak, maka harus membawa surat keterangan sakit dari dokter.

Jika izin masuk kerja karena alasan yang memang sudah direncanakan, maka sebaiknya meminta izin tidak masuk kerja ke atasan jauh-jauh hari ya. Nantinya ketika mendekati hari izin tidak masuk kerja, ingatkan lagi atasan tentang perizinan tersebut.

Tindakan ini dilakukan agar atasan lebih memahami alasan seorang karyawan tidak masuk kerja. Hal ini bisa dilakukan ketika akan izin tidak masuk kerja karena menikah, pernikahan saudara, janji bertemu dokter, dan alasan lainnya.

Alasan izin tidak masuk kerja yang masuk akal bisa digunakan dengan sewajarnya. Tentunya sampaikan alasan tersebut secara jelas dan terus terang agar mendapatkan izin dari atasan.

Sebaliknya hindari alasan tidak masuk akal, berbohong, bahkan terasa dibuat-buat. Tidak masuk kerja karena alasan tidak masuk akal bisa membuat penilaian atasan menurun dan tentunya dianggap sebagai karyawan tidak profesional dalam bekerja.

Selain penting untuk para pekerja, informasi ini juga penting untuk para pelamar kerja sebagai pembelajaran ketika memasuki dunia kerja. Selain itu, para pelamar kerja juga harus tahu informasi tentang pekerjaan sesuai kemampuannya di pelangifortunaglobal.com.