√ Surat Paklaring Kerja: Contoh & Cara Membuatnya (Lengkap!)

surat paklaring kerja

Selain bisa mendapatkan upah untuk memenuhi kebutuhan hidup, bekerja juga dapat memberikan pengalaman dan ilmu yang berharga. Tidak heran jika ada orang yang pindah tempat kerja untuk memburu pengalaman. Agar lebih mudah diterima di perusahaan baru, seseorang membutuhkan surat paklaring.

Surat ini dapat disisipkan pada resume/CV untuk lebih meyakinkan tim penyeleksi di perusahaan baru sehingga kemungkinan untuk diterima akan lebih besar. Namun sebelumnya, pahami terlebih dahulu apa itu definisi dari dokumen paklaring dan bagaimana cara yang benar untuk membuatnya.

Apa Itu Surat Paklaring

Definisi dari surat paklaring adalah sebuah dokumen yang di dalamnya berisi keterangan bahwa seseorang yang membawa surat tersebut atau yang namanya tercantum di dalam surat tersebut pernah memiliki pengalaman kerja di suatu perusahaan. 

Banyak yang salah mengira bahwa paklaring sama dengan surat referensi kerja. Padahal, keduanya cukup berbeda meskipun sekilas tampak sama. 

Dibandingkan dengan surat pengalaman kerja, isi dari paklaring kerja termasuk lebih detail karena biasanya di dalam surat tercantum sejumlah hal seperti berikut ini:

  • Posisi/jabatan
  • Jenjang karir
  • Kualitas kerja
  • Prestasi/pencapaian selama kerja
  • Berapa lama telah bekerja di perusahaan yang bersangkutan
  • Berbagai hal lain terkait awal masa kerja hingga akhirnya individu yang dimaksud resign.

Berdasarkan definisi di atas, dapat dikatakan juga bahwa paklaring kerja merupakan sebuah surat yang menunjukkan kontribusi seorang pada sebuah perusahaan tempat ia bekerja sebelum akhirnya resign. Lantas, siapakah yang membuat atau mengeluarkan paklaring ini?

Jawabannya adalah perusahaan atau tempat kerja yang ditinggalkan tadi. Selain perusahaan, paklaring juga bisa diterbitkan oleh lembaga kecil. Jadi, yang membuat surat ini bukanlah individu yang akan resign dan berpindah kerja ke perusahaan lain.

Baca Juga  Tanda Diterima Kerja Saat Interview dan Lolos Interview

Apa Saja Fungsi Surat Paklaring

Ada banyak fungsi dari paklaring, dan beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Melamar Pekerjaan

Secara umum, paklaring tidak menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Namun, ada juga beberapa perusahaan atau lembaga yang justru mewajibkan para pelamar kerja untuk melampirkan dokumen paklaring kerja. 

Namun biasanya, hanya perusahaan besar atau yang sedang membuka lowongan untuk jabatan tertentu (biasanya jabatan tinggi) yang akan mencantumkan syarat khusus seperti ini. 

Jadi nantinya, orang-orang yang melamar memang telah terbukti memiliki pengalaman di bidang tertentu di perusahaan sebelumnya, dan hal ini akan mempersingkat proses seleksi di perusahaan baru. 

Jadi jika seseorang berencana untuk melamar kerja di perusahaan yang lebih besar atau untuk mengejar posisi yang lebih tinggi di tempat baru, sebaiknya menyertakan surat paklaring dari perusahaan lama dan sudah dilegalisir.

2. Mempermudah Proses Seleksi

Fungsi lain dari paklaring adalah sebagai pemulus dari proses penyaringan tenaga kerja baru di suatu perusahaan. Hal ini karena paklaring akan mempermudah tim penyeleksi untuk melihat prestasi, kapasitas, dan berbagai kontribusi pelamar kerja di perusahaan yang lama.

3. Mengurus BPJS Ketenagakerjaan dan JHT

Tidak banyak yang tahu bahwa paklaring kerja yang telah dilegalisir juga berfungsi untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan yang menjadi tempat kerja baru. BPJS Ketenagakerjaan sendiri menjadi salah satu syarat utama agar seseorang bisa mendapatkan dana JHT (Jaminan Hari Tua).

4. Mengajukan Pinjaman atau Kartu Kredit

Jika ingin proses pengajuan pinjaman uang di bank atau kartu kredit lebih mudah dan dengan proses yang lebih singkat, maka bisa menyertakan paklaring di dalam berkas-berkas persyaratan meskipun pihak bank tidak memintanya. 

Baca Juga  √ 5+ Contoh Portofolio Lamaran Kerja dan Cara Membuatnya!

Hal ini akan mempermudah pihak bank untuk memastikan bahwa orang yang mengajukan pinjaman memang berstatus karyawan dan memiliki penghasilan tetap, sehingga besar kemungkinan orang tersebut dapat membayar pinjaman setiap bulan dengan lancar.

Adanya surat paklaring kerja yang di dalamnya menyatakan posisi/jabatan juga akan mempermudah pihak bank dalam menaksir berapa banyak uang yang dapat dipinjamkan karena pihak bank sudah mengetahui kemampuan finansial dari orang yang mengajukan pinjaman tadi. 

Hal yang sama juga berlaku untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau berbagai kredit dan pinjaman lain yang nominalnya besar.

5. Membantu Mendapatkan Beasiswa

Saat sedang meniti karir, beberapa orang ada yang ingin sambil melanjutkan pendidikan misalnya S2 atau S3. Ada juga yang ingin mendapatkan beasiswa penelitian. 

Nah, peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa lebih besar jika seseorang memiliki kapasitas serta kualitas, dan hal ini bisa dibuktikan dengan melampirkan surat paklaring kerja. Surat ini bisa disertakan untuk pengajuan beasiswa jalur profesional dari swasta, pemerintah, atau beasiswa asing.

Bagaimana Cara Membuat Paklaring

Agar bisa membuat paklaring kerja yang bagus dan benar, sejumlah poin penting dan format khusus seperti berikut haru dimasukkan: 

Kop surat: karena paklaring termasuk surat formal, maka harus tercantum kop surat dari lembaga atau perusahaan yang mengeluarkannya. Selain itu, adanya kop juga menandakan bahwa surat tersebut asli.

Nomor surat: surat paklaring kerja merupakan berkas yang akan diarsipkan oleh perusahaan, sehingga harus ada nomor surat untuk memudahkan pencarian jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Isi surat: isi dari paklaring adalah informasi yang ada kaitannya dengan identitas individu yang bersangkutan dan berbagai hal terkait pengalaman kerjanya.

Baca Juga  √ Contoh Surat Peringatan Karyawan dan Ketentuannya (Lengkap!)

Penutup: bagian paling akhir dari paklaring adalah stempel perusahaan dan tanda tangan dari orang yang berwenang. Fungsinya adalah melegalkan surat sehingga tidak diragukan keasliannya. 

Contoh Surat Paklaring

Agar memiliki gambaran tentang seperti apa paklaring resmi dari perusahaan, di bawah ini adalah salah satu contoh sederhananya:

PT Bunga Cempaka Jaya

Kantor Pusat Surabaya

Jalan Abdul Fatah Nomor 133, Kelurahan Tegalsari, Kota Surabaya

Telp. 031 998566 Ext. 898 – Fax. 031 998566


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 303/MASB/SKK-PK/IV/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Vivi Sekar Amelia 

Jabatan : HRD

Alamat : Perum Puri Jaya Mas Blok AC No. 24, Surabaya

Melalui surat ini menyatakan bahwa,

Nama : Intan Sari

Tempat/tanggal lahir : Surabaya, 30 November 1992

NIK : 283675377767

Jabatan terakhir : Manajer Pemasaran

Memang benar telah bekerja di PT Bunga Cempaka Jaya Surabaya terhitung sejak 10 Juli 2019 hingga 20 Januari 2022 dengan posisi yang ditempati adalah “Manajer Pemasaran”.

Selama bekerja di PT Bunga Cempaka Jaya, yang bersangkutan telah menunjukkan dedikasi dan loyalitasnya terhadap perusahaan, bertanggung jawab terhadap tugas-tugas, tidak pernah melakukan hal yang menimbulkan kerugian, dan saudari Intan Sari mengundurkan diri secara baik atas kemauan sendiri. 

Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga dapat dijadikan referensi atau dipergunakan secara semestinya. Semoga saudari Intan Sari dapat lebih sukses lagi kedepannya. Atas perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

Surabaya, 25 Januari 2022

PT Bunga Cempaka Jaya

(tanda tangan dan stempel perusahaan)

Vivi Sekar Amelia 

HRD

Berdasarkan seluruh informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa surat paklaring sangat penting untuk melamar kerja di perusahaan baru. Kalau masih bingung belum mendapat pekerjaan sesuai kemampuan, silahkan cek di pelangifortunaglobal.com.