surat referensi kerja

√ Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

Saat melamar pekerjaan, dokumen yang umum diketahui hanya CV dan portofolio. Padahal, surat referensi kerja juga merupakan bagian dari persyaratan yang dapat memperbesar peluang diterima oleh perusahaan yang dituju. Sebenarnya apa itu referensi kerja dan bagaimana cara membuatnya? 

Pengertian Surat Referensi Kerja 

Terdapat banyak jenis dokumen penting yang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi di lingkungan kerja, sekolah maupun umum. Salah satu yang memiliki peran penting yakni referensi kerja. 

Definisi surat referensi kerja adalah surat yang diterbitkan oleh pihak perusahaan untuk menerangkan tentang kinerja, pengalaman, pencapaian dan deskripsi singkat seseorang selama bekerja di perusahaan tersebut. 

Umumnya, informasi yang tertulis pada surat referensi kerja meliputi: 

  1. Data diri singkat pemilik surat; 
  2. Status dan posisi pemilik surat di perusahaan sebelumnya;
  3. Masa jabatan;
  4. Nama perusahaan atau instansi;
  5. Prestasi dan kontribusi;
  6. Pengalaman;
  7. Alasan pengunduran diri dari perusahaan sebelumnya. 

Surat referensi kerja disebut juga dengan surat rekomendasi. Isi yang termuat dalam surat ditulis berdasarkan sudut pandang pihak perusahaan, misalnya HRD, manajer atau atasan sehingga dapat dijadikan acuan. Sebab, pihak yang bersangkutan sudah mengetahui performa kerja orang tersebut. 

Baca Juga  Management Trainee : Pengertian dan Tugasnya (Lengkap!)

4 Fungsi Surat Referensi Kerja

Referensi kerja atau surat rekomendasi memiliki beberapa fungsi utama yang meliputi: 

1. Gambaran Umum Kompetensi Seseorang 

Referensi kerja berisi gambaran umum mengenai performa kerja seseorang selama masih memegang posisi di perusahaan yang lama. Dari surat referensi kerja tersebut, orang lain dapat menilai seberapa bagus kompetensi yang dimiliki untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. 

Maka dari itu, referensi kerja dibuat oleh atasan dari seorang mantan karyawan yang telah memantau dan mengenal kinerja serta pencapaian yang karyawan tersebut. 

2. Persyaratan untuk Rekrutmen Karyawan

Dalam perekrutan karyawan, pelamar biasanya harus membawa surat referensi kerja. Pihak perekrut memang bisa melihat pengalaman dan pencapaian pelamar dari CV, namun referensi kerja hadir sebagai penguat bahwa ada pihak lain yang menjadi saksi atas pencapaian tersebut. 

Surat rekomendasi kerja dipakai sebagai pertimbangan perekrut untuk menilai kinerja pelamar dan memutuskan apakah sesuai kriteria yang perusahaan butuhkan atau tidak. Surat ini meyakinkan recruiter bahwa pelamar merupakan karyawan potensial yang memiliki rekam jejak bagus.   

3. Dokumen Pengajuan Beasiswa

Jika belum bekerja dan ingin melamar beasiswa pendidikan, umumnya seseorang harus membuat surat rekomendasi yang dibuat oleh pembimbing atau dosen semasa kuliah. Berbeda halnya dengan karyawan yang harus meminta surat referensi kerja untuk mengajukan beasiswa. 

Biasanya, beasiswa yang mensyaratkan referensi kerja bersumber dari pemerintah dan beberapa program pihak swasta. Surat tersebut sebagai jaminan bahwa karyawan memiliki performa kerja yang baik dan kemampuan yang cukup untuk melanjutkan studi.  

Baca Juga  8 Tips Agar Sukses Wawancara Kerja di Bank dan Contoh Wawancara [Lengkap!]

4. Persyaratan Pengajuan Produk Perbankan

Tidak disangka bahwa surat referensi kerja terkadang diminta oleh pihak bank jika nasabah mengajukan produk tertentu. Produk perbankan yang biasanya mensyaratkan surat rekomendasi yakni Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan. 

Cara Membuat Surat Referensi Kerja

Berikut hal yang harus diperhatikan untuk membuat surat referensi kerja agar berkualitas dan tidak menjatuhkan mantan karyawan: 

1. Perhatikan Struktur Surat 

Referensi kerja merupakan jenis surat resmi sehingga perlu memperhatikan struktur yang baik. Bagian-bagian yang harus dimasukkan ke dalam referensi kerja meliputi: 

  • Kop surat yang memuat nama perusahaan, alamat, nomor telepon dan logo;
  • Nomor surat dan perihal surat;
  • Biodata singkat pembuat surat seperti nama lengkap, jabatan dan nomor telepon;
  • Biodata singkat karyawan yang diterangkan dalam surat yakni nama lengkap, posisi terakhir dan lamanya waktu bekerja di perusahaan tersebut;
  • Penilaian dari atasan tentang karyawan tersebut;
  • Penutup surat;
  • Pengesahan berupa tanda tangan dari pembuat surat. 

2. Kumpulkan Informasi

Cara terbaik untuk mengumpulkan informasi mengenai seorang karyawan adalah dengan melihat kembali resume, curriculum vitae dan rekam jejak pekerjaan yang telah selesai. Dari informasi tersebut, atasan bisa menyimpulkan seberapa potensial seorang karyawan. 

Jika memungkinkan, pertanyaan dapat diajukan ke karyawan mengenai pengalaman atau pencapaian apa yang ingin disoroti dalam surat referensi.  

3. Fokus pada Performa Kerja Karyawan

Menjadi surat yang dijadikan acuan untuk menilai karyawan, maka isi surat harus menekankan pada performa kerja selama di perusahaan lama. Gunakan data berupa deskripsi tanggung jawab karyawan dan hasil kerjanya untuk menulis rekomendasi bahwa karyawan tersebut berkompeten. 

Baca Juga  Contoh CV Word yang Baik dan Benar, Format Menarik serta Kreatif

Buatlah kalimat positif yang menegaskan bahwa karyawan tersebut merupakan kandidat kuat untuk mengemban posisi di tempat baru. Sebaiknya, kalimat rekomendasi ditekankan pada bagian awal dan akhir surat. 

4. Sebutkan Contoh yang Spesifik 

Agar membuat surat referensi kerja yang meyakinkan, maka sertakan contoh spesifik yang membuktikan bahwa karyawan cocok mengemban sebuah posisi baru. Pilih satu contoh saja yang paling menonjol dan relevan dengan posisi yang ingin diraih karyawan tersebut. 

Selain menggunakan kalimat singkat dan padat, mengukur keberhasilan karyawan dengan angka juga patut dipertimbangkan.

5. Cantumkan Kontak Pembuat Surat 

Hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah mencantumkan kontak pembuat surat. Tujuannya agar pihak perekrut bisa menghubungi pemberi rekomendasi jika ada informasi lain yang diperlukan.

Contoh Referensi Kerja 

Seperti apa bentuk surat rekomendasi kerja? Berikut contoh referensi kerja sebagai persyaratan melamar pekerjaan baru: 


PT. Cahaya Agung Pertiwi Jalan Permata Raya Blok D Nomor 18, Surabaya
Tlp. 0089899,
email: cahayagaung@gmail.com,
Fax. 008981  

Surat Referensi Kerja No. 119/HRD/VIII/2021

Dengan hormat, 

Pihak yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama          : Malik Rahmat
Jabatan       : Direktur PT. Cahaya Agung Pertiwi 

Menerangkan bahwa pihak yang bersangkutan di bawah ini: 

Nama          : Fadil Fadilah 
Posisi         : Senior Administrative Assistant 
Masa Kerja  : 7 Februari 2019 sampai dengan 7 Februari 2021 
Alamat        : Perum Permata 71 A, Surabaya 

benar-benar pernah bekerja di perusahaan yang kami pimpin dengan posisi terakhir sebagai senior administrative assistant terhitung mulai 7 Februari 2019 hingga 7 Februari 2021, tepat 2 tahun. 

Selama memegang tanggung jawab tersebut, Saudari Fadil Fadilah sangat cekatan, teliti dan giat untuk meningkatkan kualitas diri. Kemampuan untuk membantu manajer dalam proses drafting, proofreading dan editing berbagai dokumen penting sangat bagus, bahkan mampu menghemat sekitar 30% budget administrasi. 

Dalam hal ini, pihak yang bersangkutan memilih untuk mengundurkan diri karena keinginan sendiri, tanpa ada tekanan negatif dari pihak manapun. Kami sangat menghargai keputusan tersebut dan berterima kasih atas kerja keras Saudari Fadil Fadilah untuk perusahaan ini.  

Saya selaku direktur PT. Cahaya Agung Pertiwi mengakui kompetensi yang bersangkutan dan sangat merekomendasikan Saudari Fadil Fadilah tanpa syarat apapun. 

Demikian surat referensi kerja ini kami buat dengan sadar dan berdasarkan fakta. 

Surabaya, 7 Februari 2021

Malik Rahmat 

Selanjutnya, contoh referensi kerja sebagai persyaratan untuk mengajukan produk perbankan: 


PT. Sinar Sentosa PeduliJalan Kusuma Nomor 18 B, Semarang 
Telp. 09585959,
Fax. 0585859,
email: sinarpeduli@gmail.com

Surat Referensi KerjaNomor 110/X/2020

Dengan hormat, 

Pihak yang bertanda tangan di bawah ini: 
Nama        : Wahyu Agung Widodo 
Jabatan     : Manajer Keuangan 

Menerangkan bahwa: 
Nama           : Haedi Kusuma       
Posisi          : Staff Keuangan 
Masa Kerja   : 9 Juli 2018 sampai dengan sekarang 
Alamat         : Jalan Inang Raya Nomor 18A, Semarang 

merupakan karyawan di PT. Sinar Sentosa Peduli yang masih aktif bekerja sesuai keterangan masa kerja di atas. Surat ini kami buat sebagai dokumen persyaratan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan di Bank Cahaya Semarang. 

Demikian kami susun surat referensi kerja ini untuk digunakan dengan semestinya. 

Semarang, 14 November 2020

Wahyu Agung Widodo

Sudah jelas bahwa surat referensi kerja berisi gambaran umum tentang pengalaman dan prestasi kerja seseorang untuk berbagai keperluan. Jika sudah mengantongi surat namun kesulitan menemukan pekerjaan yang pas, maka saatnya untuk mengandalkan pelangifortunaglobal.com

Terdapat banyak lowongan pekerjaan yang tersedia sehingga semakin mudah untuk memilih jenis karier sesuai keinginan. Misalnya, lowongan marketing, designer, developer, e-commerce hingga telemarketing.  

Related Posts