9 Template CV Gratis dan Menarik yang Wajib Dicoba!

template cv

CV (Curriculum Vitae) merupakan sejenis daftar riwayat hidup singkat yang didalamnya berisi hal penting terkait data diri seorang pelamar kerja. Jika Anda ingin lolos rekrutmen kerja, maka usahakan untuk membuat CV semenarik mungkin, bisa dengan menggunakan rekomendasi template CV gratis. 

Saat ini sudah banyak sekali situs website dan aplikasi CV maker yang menyediakan ribuan template untuk memudahkan penggunanya. Ada template yang disediakan secara gratis, namun diantaranya juga bersifat premium sehingga pengguna perlu membelinya dengan sejumlah harga tertentu. 

Bagaimana Cara Tepat Memilih Template CV Menarik?

Pembuatan informasi data diri tentunya tidak hanya sekedar memberi deskripsi ala kadarnya. Ada inti penting yang perlu disampaikan seperti pengalaman kerja, pengalaman organisasi, skill, pendidikan, dan lainnya. Untuk itu, Anda harus tepat saat memilih template agar penataan bisa terlihat rapi dan menarik. 

1. Buatlah CV Menggunakan Template Sederhana

Agar CV yang dikirimkan ke perusahaan bisa menarik perhatian, bukan berarti Anda harus memilih model template yang full color dan berlebihan. Justru banyak HRD yang lebih menyukai model CV sederhana, namun semua informasi didalamnya bisa tersampaikan dengan baik. 

Pilih template pembuatan CV yang sederhana, namun masih terlihat menarik, layout rapi, dan pastinya tidak terdiri banyak warna. Jika template yang digunakan terlalu banyak warna biasanya akan membuat HRD merasa tidak tertarik dan CV terkesan tidak profesional. 

Baca Juga  √ Pengembangan Diri Adalah : Pengertian, Manfaat dan Contohnya!

2. Pilih Warna Template yang Tidak Terlalu Terang

Ada banyak sekali rekomendasi template CV gratis dengan warna polos, sehingga terlihat lebih enak dipandang. Warna polos pada template akan membuat font yang digunakan terlihat jelas sehingga bisa terbaca dan dipahami dengan baik oleh viewers-nya. 

Jika memang warna template terlalu mencolok, maka Anda bisa mengeditnya agar lebih kontras dan menyatu. Beberapa model CV terlihat menarik dengan menggunakan background gelap karena font tulisan lebih menonjol, sehingga mudah menyampaikan pesan yang disampaikan. 

3. Tidak Banyak Warna

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, warna yang terlalu banyak dalam CV akan membuatnya kurang bagus dan tidak profesional. Sebaiknya pilih CV dengan menyediakan sekitar 2-3 warna saja agar bisa lebih mudah menarik reviewer yang akan melakukan screening CV

Namun untuk kebutuhan CV profesional, sebenarnya ada beberapa yang memiliki elemen dan layout cukup luas. Jika memang elemen yang ada pada template sangat banyak, maka cocok saja saat dipadukan dengan banyak warna (Full Color). Sudah paham cara pilih template data diri?

4. Desain CV Kreatif

Pastikan untuk memilih template dengan desain yang sangat elegan, mewah, dan kreatif. Pada umumnya, template tersedia atas beberapa elemen penyusunnya seperti shape. Jika bentuknya lumayan besar dan luas, maka Anda bisa menyelipkan informasi panjang disitu. 

Jika hanya sekedar memilih desain CV kotak, rasanya semua orang akan membuat model yang sama, sehingga terkesan monoton. Untuk menjadi kandidat terbaik, maka pastikan CV Anda memiliki khas berbeda diantara yang lain agar lebih mudah dilirik oleh HRD perusahaan. 

Rekomendasi 9 Template CV Gratis, Profesional, dan Siap Pakai

Kebanyakan aplikasi atau situs website menyediakan template dalam bentuk Microsoft Word, vektor PSD, dan ESP. Manakah yang Anda sukai? Pada pembahasan berikutnya, Anda tinggal download kemudian modifikasi informasi pada template sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Baca Juga  √ Contoh Application Letter Profesional yang Baik dan Benar

1. CV Template Professionals Resume 

Template memiliki warna polos bahkan terlihat tidak memiliki warna sama sekali. CV seperti ini terkadang banyak disukai beberapa orang karena elemen didalamnya cukup minimalis. Desain CV akan membuat tampilannya terkesan profesional dengan model foto profil square

Jika Anda menginginkannya, maka tinggal dapatkan template CV menarik secara gratis. Format yang digunakan dalam bentuk EPS dan bisa langsung melakukan editing menggunakan tools CV maker terbaik sesuai selera Anda. Klik DISINI untuk download template professionals resume. 

2. Template Resume Yellow Black

Warna kuning pastinya akan sangat cocok dipadukan dengan warna hitam, bukan? Nah sebagai pelamar, Anda bisa menggunakan warna font yang tidak kontras. Tujuannya agar semua tulisan yang dicantumkan dalam CV bisa terbaca dengan baik dan terlihat menarik. 

3. Template Photo Space

Modelnya hampir mirip dengan CV template professionals resume, namun kali ini ada perpaduan warna hitam, orange, dan putih yang sangat senada. Template ini tentunya cocok digunakan bagi Anda yang ingin membuat CV sederhana, namun tetap terlihat cantik dan elegan. 

Selain menyediakan perpaduan warna yang pas, template photo space juga memiliki ruang foto berbentuk oval atau lingkaran. Ganti foto pada template CV dengan bantuan situs atau aplikasi editing profesional supaya lebih mudah mengakses file dari galeri HP atau laptop. 

4. Template Creative Resume

Template CV satu ini memadukan warna hijau tosca dan broken white yang sangat elegan, namun terlihat sederhana. Selain memiliki perpaduan warna bagus, didalamnya juga terdapat elemen tempat foto, pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan deskripsi diri pelamar. 

5. Template Purple Text

Template purple text tersedia secara gratis dalam bentuk format EPS. Ada kombinasi warna putih, ungu, dan pink yang ada dalam template, sehingga tampilannya tampak estetik. Belum lagi kreator menambahkan beberapa icon yang membuat CV tampak atraktif. 

Baca Juga  √ Contoh Surat Cuti Melahirkan yang Baik dan Benar (Terlengkap!)

6. Template Modern Soft Choco

Lebih suka dengan desain CV modern? Maka pilihlah CV satu ini sebagai rekomendasi terbaiknya. Template memiliki layout rapi, terdiri atas banyak icon menarik, dan terdapat parameter kemampuan. Jika Anda ingin mendapatkannya secara gratis, maka tinggal klik “DISINI”.

7. Template Black Pink

Template tersedia dalam bentuk EPS dan bisa didapatkan secara gratis. Sesuai dengan namanya, template black pink menggunakan 3 perpaduan warna meliputi hitam, putih, dan pink. Tata letak dalam setiap warnanya akan sangat menarik, sehingga tampilannya terlihat cantik. 

Belum lagi pada bagian tertentu terdapat icon menarik yang membuat tampilannya semakin rapi. Pihak rekruiter akan lebih mudah memahami poin penting yang disampaikan oleh pelamar, sehingga peluang mendapatkan panggilan interview akan semakin besar. 

8. Attractive Resume Navy

Siapa yang suka dengan warna navy? Bisa tuangkan warna favorit ini ke dalam CV lamaran yang akan dikirimkan ke perusahaan. Anda jadi memiliki alasan tersendiri memilih warna navy untuk dijadikan sebagai desain CV, sehingga akan terlihat memilih karakter yang kuat. 

Tiap nama yang akan dicantumkan dalam template menggunakan icon, sehingga tampilannya benar-benar atraktif. CV tersedia dalam bentuk EPS, setelah melalui proses download, silahkan lakukan editing dengan menggunakan tools profesional sesuai kebutuhan Anda. 

9. Navy Pink Resume

Resume menggunakan kombinasi warna putih, pink, dan biru. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah lingkaran besar yang bisa digunakan sebagai tempat foto profesional. Anda bisa mengisi deskripsi profil, bahasa yang dikuasai, sertifikat, pendidikan, pengalaman kerja, dan skills. 

Dari sekian banyak template CV di atas, manakah yang ingin Anda gunakan untuk melamar kerja? Ada hal yang tidak kalah penting selain menyiapkan CV yakni update info loker. Bagi Anda yang ingin dapat kerja sesuai dengan bidang kemampuan, maka bisa cari informasi lewat https://pelangifortunaglobal.com/.