√ 7+ Tips Pakaian Saat Interview, Dijamin HRD Suka!

pakaian saat interview

Bagi pelamar kerja, tahapan seleksi interview menjadi momen paling menegangkan karena menentukan diterima atau tidaknya ia di perusahaan tersebut. Selain jawaban-jawaban yang tepat, pakaian saat interview juga wajib diperhatikan. 

Penampilan saat datang ke seleksi interview akan menjadi salah satu nilai tambah yang menentukan peserta lolos atau tidak. Untuk mengetahui tips memilih outfit saat interview yang tepat, berikut ulasan selengkapnya.  

Tips Pakaian Saat Interview yang Tepat dan Disukai HRD

Sebelum memutuskan ingin menggunakan baju seperti apa saat interview, pelamar kerja bisa mencari tahu apakah perusahaan yang dilamar tergolong korporat yang kaku atau startup yang santai. Berikut ini tips berpakaian ketika interview yang tepat dan disukai HRD. 

1. Hindari Pakaian Bahan Denim

Saat akan melakukan interview kerja, sebaiknya hindari penggunaan pakaian yang berbahan denim. Denim atau yang dikenal dengan sebutan jeans memang nyaman dan terkesan modis. Namun, bagi pelamar kerja, penggunaan celana denim akan memberi kesan kurang formal atau kurang sopan. 

Meskipun perusahaan yang dilamar tergolong perusahaan yang santai, pastikan untuk berpenampilan yang sopan. Bagi pelamar pria disarankan untuk menggunakan celana dengan bahan kain yang tidak mudah kusut. 

Sementara itu, bagi pelamar wanita disarankan untuk menggunakan celana panjang kain yang tidak mudah kusut atau bisa juga menggunakan rok yang menutupi lutut. Gunakan warna-warna netral yang tidak mencolok untuk memberikan kesan formal dan sopan. 

Baca Juga  Tips Pakaian Interview Kerja Pria yang Bisa Jadi Inspirasi

2. Gunakan Kemeja Berkerah

Kemeja merupakan outfit interview kerja yang dapat memberikan kesan formal. Ada banyak pilihan kemeja yang recommended untuk digunakan saat interview antara lain kemeja dengan bahan katun, sutra, atau sifon.

Untuk memberikan kesan sederhana namun tetap formal, pelamar kerja bisa membuka kancing bagian atas kemeja. Kenakan kemeja yang nyaman dan hindari menggunakan kemeja yang terlalu ketat atau memberikan kesan seksi. 

3. Gunakan Jas atau Kardigan

Tidak hanya membuat penampilan semakin stylish, jas atau kardigan bisa memberikan kesan formal dan profesional. Pilihlah jas atau kardigan dengan warna netral atau gelap dan hindari penggunaan motif atau warna yang terlalu mencolok.

4. Perhatikan Warna Pakaian

Dilansir dari The Balance Careers, pemilihan warna baju saat interview juga wajib diperhatikan karena akan membentuk persepsi pewawancara terhadap kepribadian peserta interview. Berikut ini beberapa rekomendasi warna pakaian yang cocok digunakan saat interview.

1. Hitam

Pakaian warna hitam bisa menjadi pilihan terbaik saat interview. Warna pakaian satu ini bisa memberikan kesan profesional, elegan, dan berkelas. 

2. Putih

Putih juga menjadi warna pakaian paling aman yang bisa dipilih saat melakukan interview. Warna netral satu ini memiliki makna profesionalitas dan keteraturan. Warna putih ini juga cocok dikombinasikan dengan celana atau rok warna apa saja sehingga lebih fleksibel. 

3. Abu-abu

Selain warna putih, warna abu-abu juga recommended untuk digunakan saat interview kerja. Warna netral satu ini akan memberikan kesan logis. Tidak hanya itu saja, warna abu-abu juga akan menunjukkan bahwa pelamar kerja tersebut adalah pribadi yang mampu berpikir secara analitis.

4. Coklat

Pakaian warna coklat akan memberikan kesan bahwa individu tersebut adalah sosok yang dapat diandalkan dan dipercaya dalam melakukan berbagai tugas. Selain itu, warna coklat juga memiliki arti kehangatan, rasa aman, dan keandalan seseorang.

5. Biru

Penggunaan pakaian berwarna biru juga menjadi pilihan tepat saat melakukan interview kerja. Warna biru muda atau tua akan memberikan kesan bahwa individu tersebut adalah sosok yang mudah berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan. 

Baca Juga  √ Contoh Soft Skill dalam CV yang Benar (Lengkap!)

Hindari penggunaan pakaian warna oranye, kuning, ungu, hijau, atau warna-warna mencolok lainnya. Meskipun terkesan ceria dan menyenangkan, pakaian dengan warna-warna terang justru akan memberikan kesan kurang serius. 

5. Perhatikan Motif Pakaian

Selain pemilihan warna pakaian yang tepat, motif pakaian saat interview juga wajib diperhatikan. Hindari penggunaan baju dengan motif abstrak, bunga, atau binatang yang terlalu meriah karena mendistraksi pewawancara. 

Pilihlah motif pakaian yang sederhana dan tidak terkesan ramai seperti motif garis atau tidak bermotif sama sekali alias polos.

6. Perhatikan Gaya Rambut

Gaya rambut saat interview juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Ketika melakukan tes interview, pastikan gaya rambut rapi untuk memberikan kesan profesional. Untuk menghindari rambut kusut atau kusam, usahakan untuk datang lebih awal dari jadwal interview. 

Bagi pelamar pria bisa menggunakan pomade agar rambut lebih rapi dan tidak terkesan berantakan. Sementara itu, untuk pelamar wanita bisa menyisir rambut atau menggunakan jepit rambut sebelum bertemu dengan pewawancara agar lebih rapi. 

7. Pemilihan Sepatu yang Sesuai

Meski letaknya paling bawah, pemilihan sepatu yang sesuai juga wajib dilakukan karena tidak akan luput dari perhatian pewawancara. Bagi pelamar wanita bisa menggunakan sepatu dengan bagian ujung yang tertutup untuk memberikan kesan formal dan profesional. 

Sementara itu, bagi pelamar pria sebaiknya menggunakan sepatu pantofel yang bersih atau jika perlu bisa disemir terlebih dahulu agar mengkilap. Hindari penggunaan sandal atau sepatu futsal karena akan memberikan kesan kurang sopan dan tidak formal.

8. Jangan Gunakan Cologne atau Parfum Berlebihan

Penggunaan cologne atau parfum saat menghadiri tes interview memang sangat disarankan untuk menghindari bau tidak sedap. Cologne atau parfum juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri pelamar kerja. 

Meski begitu, hindari penggunaan cologne atau parfum yang memiliki wangi menyengat karena hal tersebut justru akan membuat suasana interview menjadi terganggu dan kurang nyaman.

Baca Juga  √ Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contoh Lengkapnya!

Beberapa perekrut atau pewawancara mungkin memiliki alergi terhadap wangi parfum tertentu. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan parfum atau cologne yang memiliki wangi soft atau lembut. 

Tips Memilih Pakaian Saat Interview Online

Di tengah situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan metode online untuk tes interview calon pekerjanya. Ada beberapa tips berpakaian yang tepat saat interview online antara lain sebagai berikut ini.

1. Gunakan Pakaian yang Rapi dan Tidak Kusut

Meskipun dilakukan dari jarak jauh, pastikan untuk menggunakan pakaian yang rapi dan tidak kusut saat melakukan interview online. Penggunaan pakaian yang rapi akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dan penilaian bagi pewawancara. 

2. Gunakan Pakaian Dengan Detail di Bagian Dada atau Pundak

Ketika melakukan interview secara online, bagian tubuh yang terlihat pada layar smartphone atau laptop biasanya hanya setengah badan saja. Maka dari itu, cobalah untuk mencuri perhatian pewawancara dengan menggunakan pakaian yang memiliki detail di bagian dada atau pundak. 

Gunakan kemeja berkerah atau bisa juga kemeja dengan pita bagi pelamar wanita. Meski begitu, pilihlah motif pakaian yang tidak terlalu mencolok dan tidak memberikan kesan menor atau berlebihan. 

3. Pakai Aksesoris Secukupnya

Apabila pakaian saat interview online terkesan terlalu polos, maka bisa ditambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik penampilan. Bagi pelamar wanita bisa menggunakan kalung atau anting dengan model yang simpel. 

Sementara itu, untuk pelamar pria bisa menambahkan dasi dengan warna-warna netral seperti warna hitam, abu-abu, atau biru tua untuk memberi kesan profesional.

Tips memilih pakaian saat interview di atas bisa diterapkan agar proses interview berjalan lancar dan peluang untuk diterima kerja semakin besar. Bagi pelamar kerja yang membutuhkan wadah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan, pelangifortunaglobal.com adalah pilihan yang tepat.