√ 3 Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret yang Baik dan Benar

lamaran kerja indomaret

Besarnya peluang untuk bekerja di Indomaret akan lebih besar ketika pelamar melampirkan CV dan juga surat lamaran kerja. Namun, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja Indomaret yang baik dan benar? Format surat lamaran sebenarnya sama dengan aturan melamar kerja pada perusahaan lainnya. 

Hanya saja, para pelamar membutuhkan surat lamaran yang lebih menarik dan menonjol agar bisa lebih unggul dengan peserta lainnya. Simak sampai akhir pembahasan dibawah ini untuk mengetahui tips mudah membuat surat lamaran kerja Indomaret yang lebih baik.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Indomaret Yang Baik Dan Mudah Dipahami

Membuat surat lamaran tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Surat lamaran akan menjadi pertimbangan penting bagi pihak HRD perusahaan dalam merekrut tenaga kerja. Untuk melamar kerja di Indomaret, perhatikan beberapa hal penting berikut ini dalam menulis surat lamaran kerja.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Wajib Dikuasai Pencari kerja

1. Memahami Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum menulis surat lamaran, para pelamar harus membaca dengan baik mengenai persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan kerja Indomaret. Tujuannya agar saat pembuatan surat lamaran isinya tidak keluar dari konteks yang diharapkan pihak recruiter. 

2. Menggunakan Bahasa Baku Ketika Menulis Surat Lamaran

Hal ini terkadang kurang diperhatikan oleh para pelamar kerja ketika menulis surat lamaran. Ketika menulis surat lamaran, pastikan menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan standar KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau sesuai EYD.

3. Menggunakan Bahasa Singkat dan Jelas

Jangan menulis surat lamaran yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Usahakan langsung to the point dan tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele. Pastikan bahwa bahasa mudah dipahami, jelas, sopan dan menarik ketika dibaca. 

4. Menulis Tujuan Surat dengan Jelas

Ketika menulis surat lamaran kerja Indomaret, pastikan untuk menunjukkan tujuan pembuatan surat dengan jelas. Pastikan nama perusahaan atau instansi ditulis dengan ejaan yang sesuai baik jabatan, gelar dan alamat perusahaan yang dituju. 

Baca Juga  √ Surat Paklaring Kerja: Contoh & Cara Membuatnya (Lengkap!)

5. Koreksi Kembali Surat Lamaran

Setelah selesai menulis surat lamaran kerja di Indomaret, maka baca sekali lagi surat lamaran. Tujuannya untuk memastikan tidak ada salah tulis atau salah ketik. Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran harus baik dan benar dan pastikan tidak ada kata atau kalimat yang diulang-ulang. 

6. Kertas Surat Lamaran Bersih dan Rapi

Pelamar kerja yang membuat surat lamaran ketik ataupun tulis perlu memastikan bahwa kertas yang digunakan bersih dan rapi. Usahakan tidak ada bekas lipatan, bekas kotoran, bekas dihapus dengan tip-ex dan kesalahan lainnya yang membuat surat lamaran tidak menarik. 

3 Contoh Surat Lamaran Kerja Indomaret yang Baik dan Benar

Berikut ini ada 3 contoh surat lamaran kerja di Indomaret untuk berbagai posisi. Contoh surat lamaran dibawah ini diharapkan bisa dijadikan referensi dan acuan untuk menyusun dan membuat surat lamaran di Indomaret agar terlihat lebih menarik. 

Baca Juga  Tips Jitu Membuat CV Beasiswa yang Menarik Lengkap Beserta Contohnya

1. Contoh Lamaran Kerja untuk Indomaret Bagian Surveyor

Mungkin masih banyak orang yang belum terlalu memahami tentang posisi surveyor yang ada di Indomaret. Biasanya posisi ini hanya membutuhkan sumber daya sedikit dalam setiap cabang. Surveyor bertugas untuk mengecek lokasi sebelum menentukan tempat strategis dijadikan toko. 

Melamar Kerja Bagian Surveyor
Blitar, 25 Januari 2021

Kepada Yth.
Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama
Jl. Urip Sumoharjo, No. 361, Mangunharjo, 63127, MangunharjoBlitar, Kota Blitar, Jawa Timur.

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari media sosial Instagram Januari 2021, bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja untuk menempati posisi sebagai surveyor. Data diri saya sebagai berikut:

Nama                         : Nadin Al-Hana
Tempat/Tanggal Lahir : Blitar, 21 Agustus 1995
Alamat                       : Jl. Slamet Riyadi No. 26 Blitar
No. HP                      : 085674563921

Berikut ini saya sertakan beberapa lampiran berkas penting sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu:

CV (Curriculum Vitae)
Fotokopi Ijazah Terakhir
Fotokopi Transkrip Nilai
Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
Surat Keterangan Sehat Dokter
Surat Pengalaman Kerja
Pas Foto Terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja dari saya, besar sekali harapan saya untuk bisa diterima sebagai tenaga kerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,


Nadin Al-Hana 

2. Contoh Lamaran Kerja Indomaret Sebagai Kasir

Indomaret seringkali membuka lowongan kerja sebagai kasir untuk setiap cabang tokonya. Untuk bekerja sebagai kasir, biasanya pihak rekruiter membutuhkan pelamar lulusan SMA/sederajat. Berikut ini contoh surat lamaran Indomaret sebagai posisi kasir. 

Melamar Kerja Bagian Kasir
Banyuwangi, 12 Januari 2022

Kepada Yth.
Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama
Jl. Salak No. 53, Taman, Kec. Taman,Kota Gresik

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari media sosial Instagram Januari 2021, bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja untuk menempati posisi sebagai surveyor di PT. Indomarco Prismatama. Sehubungan dengan hal itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         : Farizah Salsabila
Tempat/Tanggal Lahir : Banyuwangi, 4 Agustus 1996
Alamat                       : Jl. Sukowidi No. 22 Banyuwangi
No. HP                      : 085998765432

Bersama dengan ini, saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki untuk dijadikan bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan: 

CV (Curriculum Vitae)
Fotokopi Ijazah Terakhir
Fotokopi Transkrip Nilai
Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
Surat Keterangan Sehat Dokter
Surat Pengalaman Kerja
Pas Foto Terbaru ukuran 3×6 dan 4×6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini, besar sekali harapan saya untuk bisa diterima sebagai tenaga kerja di perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya,


Farizah Salsabila

3. Surat Lamaran Kerja Indomaret Bagian Pramuniaga

Posisi pramuniaga sangat dibutuhkan oleh perusahaan Indomaret. Bahkan hampir setiap cabang Indomaret memiliki jumlah pramuniaga lebih banyak daripada karyawan bagian kasir. Setiap pelamar tentunya memiliki peluang besar untuk bisa diterima. 

Melamar Kerja Bagian Pramuniaga
Jember, 23 Desember 2019

Kepada Yth.
Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama
Jl. Dwi Jaya XI No. 6, Klegen, Kec. Sukoharjo, Kota Malang

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                         : Tamara Aurora
Tempat/Tanggal Lahir : Jember, 3 Januari 1998
Alamat                       : Jl. Nias 03 No. 25, Jember
No. HP                      : 085643561233

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan permohonan lamaran kerja di Indomaret sebagai posisi pramuniaga. Berikut ini saya lampirkan beberapa berkas yang saya miliki sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

CV (Curriculum Vitae)
Fotokopi Ijazah Terakhir
Fotokopi Transkrip Nilai
Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
Surat Keterangan Sehat Dokter
Surat Pengalaman Kerja
Pas Foto Terbaru ukuran 3×6 dan 4×6 sebanyak 3 lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat, besar sekali harapan saya untuk bisa diterima sebagai tenaga kerja di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih. 

Hormat saya,


Tamara Aurora

Setiap pelamar kerja perlu membuat surat lamaran kerja Indomaret dan CV secara optimal, agar pihak rekruiter atau HRD merasa tertarik untuk melakukan panggilan interview. Kunjungi https://pelangifortunaglobal/ untuk lebih mudah mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.