√ 17 Contoh Psikotes Gambar Lengkap dengan Jawabannya (100% Lulus)!

psikotes gambar

Tes psikotes gambar adalah salah satu instrumen yang sering keluar dalam seleksi karyawan sebuah perusahaan. Tujuan dari kegiatan psikotes yaitu untuk melakukan penilaian dan memahami perilaku sikap, minat, kepribadian dan intelegensi dari para pelamar kerja. 

Ada banyak jenis psikotes yang sering muncul dalam proses rekrutmen tenaga kerja. Namun pada dasarnya tidak semua jawaban psikotes gambar mementingkan benar atau salah. Hal ini dikarenakan dalam tes gambar akan mempertimbangkan aspek kepribadian sebagai manusia dan inteligensi. 

Tes Psikotes Wartegg

Dalam tes ini, peserta akan diberi 8 kotak dan didalamnya terdapat pola yang berbeda-beda. Ada kotak yang berisi garis lengkung bahkan hanya berisi satu titik. Peserta tes harus menggambar lanjutan dari pola-pola yang ada di dalam kotak sesuai dengan imajinasi dan kreativitas. 

Jawaban dari tes wartegg sebenarnya tidak ada yang salah dan benar. Hanya saja jawaban yang sudah diberikan peserta akan menunjukkan kepribadian masing-masing. Untuk menyelesaikan tes wartegg tentu saja perlu banyak latihan dengan memahami contoh soal dibawah ini. 

Metode menyelesaikan psikotes gambar wartegg, usahakan menggambar hal positif. Gambar peserta akan menentukan besar kecilnya poin yang akan didapatkan. Usahakan gambar jelas dan mudah dipahami oleh orang lain, dengan begitu peluang berhasil menyelesaikan tes wartegg akan lebih tinggi. 

Memahami Jenis Psikotes Spasial 

Tes psikotes spasial memang sengaja digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dalam memvisualisasikan benda atau gambar. Soal psikotes spasial identik dengan visualisasi, pandang ruang dan tanda pada ruang. Psikotes gambar seringkali muncul dalam seleksi penerimaan karyawan BUMN.

  1. Soal pertama, soal dari psikotes dalam bentuk 1 gambar yang memiliki berbagai macam objek di dalamnya. Coba tentukan gambar yang sama atau gambar yang identik dengan gambar utama. Pilih jawaban yang paling tepat dibawah ini. (A)
Baca Juga  √ Tes Wartegg : Pengertian, Contoh, Jawaban dan Cara Mengerjakannya!
  1. Soal kedua berupa bongkar pasang bentuk. Dibawah ini tersedia beberapa bangun datar yang terpotong-potong. Cari susunan potongan bangun datar yang paling sesuai dan relevan dengan bentuk semula dari pilihan jawaban dibawah ini. (B)
  1. Soal ketiga yaitu mengombinasikan gambar sebuah bangun 2 dimensi. Tentukan gambar mana dibawah ini yang relevan dengan bentuk gabungan dari gabungan bangun datar. Contoh psikotes gambar sebagai berikut. (A)
  1. Soal keempat berbentuk pencerminan. Coba identifikasi bayangan atau cerminan gambar yang memiliki kemiripan yang sama dengan gambar pertama. (A)
  1. Soal kelima menunjukkan perubahan pola gambar 3 dimensi. Coba perhatikan pola yang kemungkinan terbentuk dari soal yang ada dibawah ini. (A)
  1. Jawaban (A)
  1. Jawaban (B)

Tes Psikotes Gambar Pohon

Dalam psikotes pohon, para peserta akan diminta untuk menggambar semua pohon lengkap dengan bagian-bagian lainnya. Aturan dalam menggambar pohon yaitu harus berkambium (dikotil), memiliki bagian akar, pohon, cabang, batang dan juga daun. 

Psikotes gambar pohon memang melambangkan aspek terdalam bahkan yang tidak disadari dalam kepribadian. Gambar pohon bisa mewakiliki hal-hal yang biasanya tersimpan dalam diri sendiri dan belum pernah diungkapkan. Contoh psikotes berupa gambar pohon yang benar adalah sebagai berikut. 

Psikotes Gambar Lengkap Berderet

Tes logika gambar berderet memiliki konsep yang sama dengan tes logika aritmatika. Pada tes deret bergambar bertujuan untuk menemukan satu gambar yang kemungkinan cocok untuk melanjutkan soal gambar yang tersedia. 

Biasanya para peserta mudah terjebak dalam menyelesaikan psikotes deret bergambar. Namun dalam menyelesaikan soal ini, peserta harus memahami penggunaan media gambar menggunakan 2 atau 3 dimensi. Oleh sebab itu, butuh ketelian dan fokus untuk mendapatkan jawaban yang paling benar. 

  1. Pada gambar awal dibawah ini, tentukan gambar yang cocok untuk melanjutkannya!
Baca Juga  √ 7+ Contoh Soal Psikotes Bank dan Jawabannya (Lengkap!)

Coba perhatikan baris alas dari tiap-tiap gambar soal, tentunya ada hubungan antara gambar satu dengan gambar yang lain. Jawaban dari soal diatas adalah C, karena gambar tersebut menunjukkan pola pencerminan dari gambar pertama.

  1. Perhatikan soal dibawah ini, manakah gambar yang paling cocok untuk melanjutkan gambar pertama?

Pembahasan dari soal diatas yaitu coba perhatikan 4 buah gambar kecil yang terdapat pada kotak besar pertama. Pada kotak besar kedua ternyata gambar kecil terbelah menjadi 2 dan begitu seterusnya sampai kotak kelima, sehingga jawaban yang benar (D). 

  1. Pada gambar yang ada dibawah ini terdapat simbol dalam bentuk x dan o. Manakah gambar yang tepat untuk melanjutkan gambar pertama?

Pada soal diatas menunjukkan ada dua buah jenis simbol yaitu x dan o. Lalu perhatikan dengan teliti perubahan dari simbol x dan o pada tiap-tiap gambar. Gambar x ada yang berubah menjadi o yang akan dimulai dari baris pertama hingga baris ketiga, jawaban yang benar (B).

  1. Contoh psikotes gambar dibawah menunjukkan pola perubahan dari sebuah bangun ruang. Berdasarkan pada gambar pertama, manakah urutan selanjutnya yang tepat?

Coba perhatikan kedua jenis segitiga pada gambar awal yaitu segitiga putih dan segitiga hitam. Segitiga putih nantinya akan diputar 90 searah dengan jarum jam, sedangkan untuk segitiga hitam akan diputar berlawanan 90 berlawanan dengan arah jarum jam. 

  1. Soal berikutnya menunjukkan perubahan arah dari sebuah anak panah. Manakah gambar yang tepat untuk melanjutkan arah anak panah selanjutnya?

Coba perhatikan anak panah pada soal, semuanya tegak lurus membentuk huruf T. Jadi gambar yang tepat untuk melanjutkannya yaitu gambar (C).

  1. Dibawah ini ada soal berupa kotak besar dan kotak kecil. Amati dengan baik pola perubahan yang terjadi pada gambar dibawah dan pilih jawaban yang paling benar.
Baca Juga  √ Tes Potensi Akademik Adalah : Contoh dan Cara Mengerjakannya!

Coba perhatikan dengan baik kotak kecil pada tiap-tiap kotak besar. Kotak kecil didalamnya memiliki pola aturan yang jelas: simbol garis satu-simbol garis dua-simbol garis tiga-tanpa simbol garis dan seterusnya. Jadi gambar yang paling tepat untuk lanjutan soal yaitu (B).

  1. Soal psikotes gambar selanjutnya menunjukkan kumpulan bangun ruang yang mengalami perubahan arah. Manakah gambar yang paling tepat untuk melanjutkan pola berikutnya?

Perhatikan dengan baik bangun-bangun yang terdapat dalam soal ada segitiga besar, segitiga kecil, 2 lingkaran dan juga bujur sangkar. Identifikasi gambar satu per satu, segitiga besar berputar sebanyak 90 dan berlawanan arah jarum jam.

Kemudian segitiga kecil berputar sekitar 180. Lingkaran pertama akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam dan mengitari sudut pojok besar. Sedangkan lingkaran kedua akan berputar searah jarum jam mengitari sudut bujur sangkar. Jawaban (C).

  1. Perhatikan arsiran hitam yang ada pada gambar dibawah ini. Manakah gambar yang cocok untuk melanjutkannya?

Arsiran hitam yang terdapat dalam soal akan berputar searah jarum jam. Perhatikan juga bagian yang ada dalam bujur sangkar. Ada garis yang berputar 45o searah dengan jarum jam, jika putaran sudah penuh 360o. Jawaban yang benar untuk soal nomor 8 yaitu B. 

Tes psikotes gambar membutuhkan fokus dan tingkat ketelitian sangat tinggi. Apalagi dalam proses melamar kerja, jawaban yang diberikan akan menjadi pertimbangan penting. Ingin mendapatkan kerja sesuai kemampuan? Anda bisa konsultasi melalui https://pelangifortunalglobal.com/ untuk mewujudkannya.