soal psikotes tni

√ 7 Contoh Soal Psikotes TNI dan Jawabannya (Lengkap!)

Menjadi TNI tentu tidak mudah, ada serangkaian ujian dan tes yang harus dihadapi terlebih dahulu termasuk psikotes. Soal psikotes TNI juga cukup beragam dan ini benar-benar tidak bisa dihindari oleh mereka yang bermimpi menjadi bagian dari pasukan pembela negara. 

Pastinya, psikotes diberikan dengan tujuan untuk mengukur individual para calon TNI dari berbagai aspek, bisa secara verbal maupun visual. Mengingat begitu pentingnya psikotes ini, para calon TNI sebaiknya memang mempersiapkannya dengan baik, termasuk dengan mempelajari contoh soalnya. 

Jenis dan Contoh Soal Psikotes TNI Lengkap dengan Jawabannya

1. Psikotes Deret Angka

Sama seperti namanya, soal psikotes yang satu ini adalah kumpulan dari deretan angka. Tes ini biasanya diberikan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan analisis dari para peserta tes dalam memahami pola tertentu.

Selain itu, tes ini juga bertujuan untuk memprediksikan hal-hal lainnya dengan berdasarkan pola angka yang dimaksud. Selain biasa disebut dengan psikotes deret angka, soal ini juga biasa disebut dengan tes angka. Biasanya operasi Matematika yang berlaku dalam tes ni adalah operasi yang biasanya. 

Yaitu pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, kuadrat dan bahkan mungkin kombinasi dari operasi-operasi yang lainnya. Berikut contoh yang bisa disimak. 

  • Untuk operasi penjumlahan

12, 14, 16, 18, 20, …, …

Untuk mengisi titik-titik di atas, angka yang tepat adalah 22 dan 24. Caranya adalah coba perhatikan semua angka tersebut. Antara 12 dan 14, 14 dan 16, 16 dan 18, 18 dan 20 ada selisih 2 angka bukan? 

Dari angka pertama sampai angka terakhir juga terus bertambah. Ini artinya, setiap angka akan ditambah 2. Jadi, jawabannya adalah 20 + 2 = 22 dan 22 + 2 = 24.

  • Untuk operasi kombinasi
Baca Juga  √ 10 Contoh Soal Matematika Dasar Psikotes dan Jawabannya (Lengkap!)

4, 10, 7, 8, 10, 6, 13, 4, …

Untuk mengerjakan soal deret angka yang operasinya kombinasi seperti ini, maka bisa dibedakan dulu antara suku yang ganjil dan suku yang genap. Soal suku ini ditentukan berdasarkan urutan angka yang disebutkan ya. Jadi kalau masih dibahas, maka penyelesaian soal tersebut seperti ini.

  • Suku ganjil yang terdiri atas 4, 7, 10, dan 13. Untuk suku ganjil ini polanya +3 tiap angka 
  • Suku genap yang terdiri atas 10, 8, 6 dan 4. Untuk suku genap, polanya – 2
  • Karena angka yang terakhir adalah angka 4 yang merupakan anggota dari suku genap, maka titik-titik tersebut harus diisi dengan angka yang merupakan anggota dari suku ganjil. Makanya cara menjawabnya adalah 13 + 3 = 16

2. Soal Psikotes Angka

Meskipun ditujukan untuk menyeleksi calon anggota TNI, soal psikotesnya juga berhubungan dengan angka. Soal psikotes TNI satu ini akan menyajikan kolom yang di dalamnya diisi oleh angka-angka. 

Sama seperti sebelumnya, operasi yang biasa berlaku dalam soal ini juga merupakan pola deret, pengurangan, penjumlahan, penjumlahan sebagian serta berbagai operasi hitung yang lainnya. Contoh untuk soal ini seperti ini.

347
459
24X

Menghadapi soal seperti ini, sekali lagi perhatikan bagaimana polanya ya. Jadi, cara jawabnya seperti ini:

  • 3 + 4 = 7
  • 4 + 5 = 9
  • 2 + 4 = 6

Jadi huruf X dalam kotak terakhir di atas bisa diisi dengan angka 6. Kuncinya adalah Anda harus melihat bagaimana pola yang tersaji dalam soal. Lalu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada kalanya soal harus dipecahkan dengan cara pengurangan, perkalian dan sebagainya. Tidak selalu penjumlahan.

3. Tes Aritmatika

Lebih lanjut lagi, ada tes logika Aritmatika yang menjadi salah satu soal psikotes TNI. Dalam soal satu ini biasanya akan diperlihatkan secara gamblang bagaimana cara mengerjakannya. Contohnya seperti berikut.

  • (55 + 30)2 = ….

Cara mengerjakan soal seperti ini sama seperti biasanya ya, jumlahkan dulu 55 dan 30, baru setelah itu dikuadratkan. Sehingga hasilnya nanti 7225.

  • Jika x = 1/16 dan y = 16%, maka ….
Baca Juga  √ 7 Contoh Soal Psikotes Indomaret dan Jawabannya (Lengkap!)

Sebenarnya bisa langsung dijawab saja. Jawabannya adalah x < y. Untuk membuktikannya, bisa disamakan dulu bentuknya, dan agar lebih mudah ubah dalam bentuk desimal saja. 

4. Tes Logika Penalaran

Kalau tes ini biasanya berupa dua bagian kata. Keduanya memiliki hubungan atau analog guna melengkapi bagian yang kosong nantinya. Biasanya juga sudah disediakan pilihan jawabannya kok. Jadi para peserta nanti hanya perlu memilih jawaban yang paling sesuai. 

Nah, tujuan yang ingin dicapai dari tes ini ialah untuk melihat bagaimana kemampuan logika para peserta atas suatu kondisi dalam memahami sebab akibat dari suatu permasalahan. Selain itu, tes ini juga tujuannya untuk mengukur kemampuan peserta secara mental.  Adapun contohnya seperti berikut ini.

  • Mobil – Bensin = Pelari – ….. (jawabannya: makanan)

Kenapa jawabannya makanan? Karena mobil baru akan berjalan kalau sudah diisi bensin sebagai sumber energinya. Sedangkan pelari itu adalah manusia yang barus akan bergerak dan berlari kalau sudah makan sebagai sumber energinya.

  • Semua anggota dari asosiasi profesi wajib menghadiri rapat, sedangkan dokter adalah anggota asosiasi

Jawabannya adalah ‘semua peserta rapat adalah dokter’. Kalau dalam soal ini, jawaban yang diinginkan adalah kesimpulan dari kalimat soal yang disajikan. 

5. Sinonim dan Antonim

Kemampuan berbahasa juga menjadi salah satu hal yang diuji dalam psikotes TNI, diantaranya ialah dengan soal sinonim dan antonim. Sebagaimana yang sudah diketahui, sinonim itu merupakan persamaan kata sedangkan antonim adalah lawan kata. 

Bagaimanapun juga, untuk bisa menyelesaikan soal jenis ini diperlukan kosakata yang banyak dan harus paham dengan maksud kosakata tersebut. Contohnya seperti ini.

  • Pikun = Pelupa (soal sinonim)
  • Asasi = Pokok (soal sinonim)
  • Valid = Sah (soal sinonim)
  • Deviasi = Penyimpangan (soal sinonim)
  • Besar = Kecil (soal antonim)
  • Panjang = Pendek (soal antonim)

6. Tes EPPS atau Edward Personal Preference Schedule

Berbeda dengan tes yang lainnya, tes yang satu ini tidak mengenal istilah benar atau salah dalam jawabannya. Sebab, tes ini hanya berisi pilihan-pilihan yang perlu dipilih yang paling sesuai dengan kepribadian peserta yang bersangkutan. 

Baca Juga  √ 17 Contoh Psikotes Gambar Lengkap dengan Jawabannya (100% Lulus)!

Tes ini diberikan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi serta kebutuhan seseorang. Tes ini juga akan menunjukkan hal-hal yang mungkin disukai dan hal-hal yang mungkin tidak disukai oleh peserta tersebut. Contohnya soal psikotes TNI jenis EPPS ini seperti berikut. 

  • A: Saya ingin bisa memecahkan teka-teko serta persoalan yang bahkan sulit untuk orang lain

B: Saya lebih suka mengikuti petunjuk dan melakukan apapun yang orang lain harapkan dari saya

  • A: Saya menghendaki pekerjaan semua saya lakukan dengan teliti, rapi dan tersusun dengan baik

B: Saya ingin menjadi ahli yang diakui

7. Menggambar

Bahkan dalam soal psikotes TNI, ada juga bagian menggambar. Menggambar ini bisa menggambar manusia, pohon maupun rumah sesuai dengan perintahnya. Biasanya, keindahan bukanlah hal yang terlalu diperhatikan dalam soal satu ini, namun lebih ke detail tidaknya objek yang digambarkan

Nantinya, dari tes ini akan didapatkan gambaran mengenai kecermatan dan bahkan konon katanya setiap garis yang ada dalam gambar memberikan cerminan tersendiri terhadap karakteristik orang yang menggambarnya. 

Selain itu, tes ini juga akan memberitahu tanggung jawab, rasa percaya diri sekaligus ketahanan seorang peserta dalam pekerjaan. Jadi, walaupun terlihat cukup sepele, soal yang satu ini sangat penting juga bukan?

Selain berbagai soal psikotes TNI di atas, tidak menutup kemungkinan jenis psikotes lainnya juga keluar. Misalnya tes koran. Namun, apapun jenis tesnya, semuanya harus dikerjakan dengan baik dengan konsentrasi yang bagus. 

Menjadi TNI merupakan sebuah pilihan yang bagus terutama bagi laki-laki. Namun, siapapun yang masih belum menemukan pekerjaan impiannya, cobalah bergabung dengan situs pelangifortunaglobal.com. Ini adalah situs resmi yang sudah mempertemukan banyak orang dengan pekerjaan impiannya. 

Ya, dalam situs ini ada banyak sekali lowongan kerja paling up to date. Laki-laki maupun perempuan, semuanya bisa bergabung. Jadi, bergabung sekarang yuk agar bisa segera menemukan pekerjaan dan menghasilkan pendapatan.

Related Posts