contoh soft skill dalam cv

√ Contoh Soft Skill dalam CV yang Benar (Lengkap!)

Menuliskan soft skill dalam CV sangat penting untuk dituliskan dengan benar. Karena soft skill akan bermanfaat untuk meningkatkan nilai jual diri atau branding di mata HR. Dengan kemampuan ini, peluang untuk dilihat akan semakin tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Itulah kenapa penulisan soft skill dalam CV harus dilakukan dengan benar agar tidak terlihat seperti dibuat-buat saja. Karena jika sampai seperti ini kemungkinan besar HR akan mengetahui dan akhirnya tidak melanjutkan proses seleksinya.

Contoh Soft Skill dalam CV yang Wajib Ditulis

Soft skill jumlahnya ada banyak dan tersebar di beberapa kategori. Apabila memutuskan untuk menuliskannya, berikut beberapa yang wajib ada.

1. Komunikasi

Salah satu soft skill yang paling penting dan harus ada pada CV adalah komunikasi. Mau bagaimanapun salah satu dasar dari pekerjaan ataupun relasi dengan banyak orang adalah komunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik antara seseorang dengan atasan ataupun dengan rekan kerja akan menentukan kualitas dari pekerjaan. Apabila komunikasinya berantakan bisa saja pekerjaan itu jadi tidak sesuai dengan target.

Jadi mencantumkan soft skill berupa memiliki komunikasi yang baik harus dilakukan. Dengan begitu seorang recruiter akan tahu bagaimana kemampuan seseorang dalam relasi yang dilakukannya apabila bekerja di dalam kantor.

2. Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis juga menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Seseorang yang bisa berpikir kritis biasanya mampu melakukan analisis suatu masalah dengan baik dan berusaha untuk mencari pemecahan masalahnya.

Mencari pemecahan masalah ini akan bermanfaat untuk menghindari terjadinya masalah pada suatu pekerjaan. Jadi saat diberikan pekerjaan jenis tertentu mereka bisa menjalankannya dengan sempurna.

Baca Juga  √ 10 Cara Melamar Pekerjaan yang Disukai HRD & Cepat Diterima!

3. Rasa Ingin Tahu Tinggi

Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh seorang calon pekerja adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Seseorang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi biasanya akan lebih mudah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Selain itu mereka juga akan lebih mudah untuk mendapatkan ide-ide baru yang bisa diaplikasikan dengan pekerjaan. Jadi memiliki rasa ingin tahu tinggi sangat penting khususnya jika pekerjaan itu berada di perusahaan startup.

Mau bagaimanapun perusahaan startup biasanya memiliki cukup banyak hal baru yang harus dilakukan. Itulah kenapa biasanya para pekerja di perusahaan ini selalu dituntut untuk memiliki rasa ingin tahu tinggi dan menciptakan hal baru.

4. Analisis Informasi

Memiliki kemampuan untuk melakukan analisis pada informasi yang baru juga sangat penting. Karena analisis informasi yang baru ini akan menentukan apakah seseorang bisa memanfaatkan momen atau tidak.

Terkadang informasi yang baru ataupun hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan sering diabaikan. Dengan kemampuan analisis informasi lalu menggunakannya dengan baik untuk pekerjaan maka segalanya bisa diselesaikan dengan mudah.

Kemampuan analisis biasanya cocok sekali untuk mereka yang bekerja di bidang pengembangan produk. Selain itu bisa juga di bidang programming.

5. Adaptasi Baik

Kemampuan adaptasi juga sangat penting dimasukkan ke dalam CV sebagai salah satu soft skill. Karena kemampuan adaptasi yang sangat baik bisa menentukan apakah seseorang bisa bekerja sama dengan siapapun atau tidak.

Apalagi jika perusahaan ini masih sangat baru dan kemungkinan berbeda dengan lingkungan pekerjaan yang dimiliki sebelumnya. Dengar kemampuan adaptasi yang sangat baik maka bisa dengan mudah melakukan proses kolaborasi.

Jadi meskipun memiliki kemampuan yang sangat tinggi jika tidak bisa beradaptasi dengan baik akan sangat merepotkan. Biasanya HRD akan memilih yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi sehingga ditempatkan di manapun tidak ada masalah.

Baca Juga  Tips Membuat CV Programmer Lengkap Beserta Contoh CV Programmer

6. Kemampuan Memimpin

Kemampuan untuk memimpin juga sangat penting dimiliki oleh seseorang meskipun saat masuk mereka hanya akan menjadi seorang staf biasa. Karena dengan kemampuan menyempit yang sangat baik ini kemungkinan besar mereka bisa memanfaatkan banyak hal.

Salah satunya adalah kemampuan untuk membawahi suatu proyek ataupun untuk membawahi berapa orang. Tuliskan ini bila nantinya akan menggunakan kemampuan untuk mendapatkan pekerjaan seperti Manager ataupun yang setara.

Tanpa kemampuan memimpin yang sangat baik biasanya akan sulit bagi seseorang untuk diterima. Karena pekerjaan ini sebenarnya sangat sulit karena harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah dilakukan oleh bawahannya.

7. Public Speaking

Kemampuan public speaking atau berbicara juga harus benar-benar diperhatikan. Apabila seseorang memiliki kemampuan public speaking yang sangat baik maka mereka bisa dengan mudah untuk berbicara di depan banyak orang.

Apalagi jika jenis pekerjaan yang nantinya dilamar berhubungan dengan hal itu. Bisa berhubungan dengan pekerjaan customer service atau bisa juga sebagai relasi yang akan menghubungkan perusahaan dengan banyak pihak.

Tanpa kemampuan public speaker yang baik maka komunikasi akan menjadi kesulitan. Itulah kenapa public speaking ini juga menjadi satu hal penting dan harus dimiliki oleh siapapun yang melamar jenis pekerjaan apapun.

8. Kolaborasi 

Meskipun seseorang memiliki kemampuan bicara yang sangat tinggi ataupun kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Terkadang kemampuan mereka untuk bekerjasama atau melakukan kolaborasi tidak berjalan dengan sempurna.

Itulah kenapa memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dan berhubungan dengan banyak orang sangat penting. Apalagi jika jenis pekerjaan yang nantinya dilakukan berhubungan dengan kerjasama tim yang sangat solid.

Baca Juga  √ Contoh Surat Referensi Kerja dan Cara Membuatnya

Tidak adanya kemampuan untuk berkolaborasi ini akan menurunkan keinginan HRD untuk merekrut. Jadi mereka hanya akan melihat sekilas dan tidak akan melanjutkan proses seleksi.

9. Networking

Kemampuan untuk bersosialisasi ataupun networking dan menjalin banyak sekali jaringan pertemanan adalah salah satu hal yang penting. Dalam dunia pekerjaan akan memudahkan relasi dengan banyak orang.

Apalagi jika jenis pekerjaan yang nantinya dilakukan berhubungan dengan hal itu. Misal pekerjaan itu berhubungan dengan customer service ataupun partnership. Jika memiliki networking yang baik pekerjaan bisa berjalan dengan sempurna.

Jadi tuliskan apa saja soft skill yang memang benar-benar sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar. Jangan hanya menuliskan sesuatu secara sembarangan karena bisa saja tidak sesuai dengan ekspektasi.

10. Manajemen Waktu yang Baik

Soft skill dalam CV yang harus dimasukkan dan tidak boleh diabaikan begitu saja adalah manajemen waktu. Karena manajemen waktu akan menentukan bagaimana pekerjaan yang nantinya dilakukan berjalan baik atau tidak.

Seseorang yang memiliki manajemen waktu baik biasanya bisa mengerjakan apapun dengan sangat cepat. Selain itu mereka juga bisa membagi waktu dengan sempurna sehingga bisa mengerjakan beberapa pekerjaan menjadi satu.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk selalu memperhatikan manajemen waktu ini dan menunjukkan kepada HRD. Umumnya seseorang yang memiliki manajemen waktu baik jarang sekali mengabaikan pekerjaan.

Soft skill dalam CV memang tidak serta merta langsung membuat calon pelamar diterima, tapi tidak ada salahnya menuliskan itu karena bisa digunakan juga sebagai salah satu pertimbangan dan terlihat standout di mata HR atau recruiter.

Selain memperhatikan CV, tidak ada salahnya juga untuk ikut bergabung ke pelangifortunaglobal.com. Wadah ini akan membantu seseorang untuk mudah mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan dengan bimbingan yang tepat.

Related Posts