√ Surat Perintah Kerja : Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya!

surat perintah kerja

Ingin melakukan tugas khusus perusahaan? Tidak semua karyawan boleh melakukannya. Kecuali mereka telah diberikan Surat Perintah Kerja atau SPK. Sesuai dengan namanya, surat ini merupakan perintah dari atasan kepada karyawan untuk melakukan tugas tertentu pada waktu yang ditentukan.

Surat berfungsi sebagai bukti nyata yang menyatakan bahwa karyawan tersebut bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan. Lantas, seperti apa contoh SPK dan bagaimana cara membuatnya? Bagi yang penasaran, jangan lupa baca tuntas artikel di bawah ini!

Daftar Isi

Apa Itu Surat Perintah Kerja

Surat ini tergolong sebagai surat resmi, karena diterbitkan langsung oleh perusahaan. Ketika surat ini turun, itu tandanya tanggung jawab telah dilimpahkan kepada penerima surat. Sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan yang telah dijelaskan pada surat.

Tujuan diberikannya surat adalah sebagai bukti yang membenarkan bahwa terjadi hubungan kerja sama antara perusahaan dengan karyawan.

Hal-hal yang tercantum pada surat ini di antaranya yaitu mengenai panduan cara mengerjakan tugas, apa saja pekerjaan yang perlu diselesaikan, lama waktu yang diberikan, siapa yang ditugaskan, siapa yang memerintahkan, hingga biaya yang dikeluarkan. 

Konsekuensi juga dibahas di dalamnya apabila terjadi penyimpangan selama masa tugas.

Struktur Surat Perintah Kerja

Sesudah mengetahui fungsi dari SPK, mari ketahui juga struktur penyusun surat ini. Jika ingin membuatnya, pastikan komponen-komponen tersebut ada di dalam surat. Adapun struktur yang ada di dalamnya yaitu:

1. Kop Surat

Kop atau kepala surat adalah bagian yang berada di paling atas. Isinya mencakup logo lembaga, nama lembaga, alamat lengkap lembaga, hingga kontak. 

Tujuan mencantumkan kop surat yaitu untuk memudahkan proses identifikasi terkait siapa yang menerbitkan surat tersebut.  Adapun aturan penulisan kop surat yang benar di antaranya menggunakan huruf cetak tebal, kapital, serta format rata tengah.

Baca Juga  √ 6 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja & Cara Membuatnya!

2. Isi Surat 

Bagian isi surat meliputi pembuka, isi dan penutup. Informasi perlu disampaikan dengan bahasa yang sopan, formal, tidak bertele-tele serta berpedoman pada kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar.

3. Kaki Surat

Terakhir adalah kaki surat, yaitu bagian yang berisi nama pengirim surat beserta jabatan, tanda tangan dan stempel. Apabila dibutuhkan, kaki surat juga mencakup tembusan kepada pihak yang berkepentingan dengan isi surat.

Tips Cara Membuat Surat Perintah Kerja

Ingat, struktur tadi adalah kerangka surat yang harus diperhatikan. Selanjutnya, buatlah surat sesuai dengan tujuan pembuatan. Ketika membuat surat, ada beberapa tips penting supaya memenuhi ketentuan yang berlaku. Berikut adalah tipsnya:

  • Awali dengan salam hormat pada bagian pembuka.
  • Sertakan ucapan salam dan terima kasih pada bagian penutup.
  • Kop surat harus berisi informasi lengkap dan akurat mengenai lembaga yang menerbitkan surat.
  • Gunakan stempel lembaga untuk meresmikan surat.
  • Cantumkan nama lengkap, jabatan, dan tanda tangan penerbit surat pada bagian kaki surat.
  • Jelaskan detail perintah secara singkat, padat dan jelas.
  • Apabila membutuhkan penjelasan lebih dalam, disarankan membuat lembar lampiran.
  • Sampaikan konsekuensi dan nilai dari pekerjaan tersebut.
  • Nomor surat dibuat berdasarkan format yang telah ditentukan lembaga.
  • Tuliskan informasi penerima perintah, mencakup informasi nama lengkap, alamat, jabatan, hingga nomor telepon.
Baca Juga  10 Contoh Alasan Resign Paling Masuk Akal dan Cara Mengungkapkannya

Contoh Surat Perintah Kerja

Untuk membantu memudahkan pemahaman cara membuat SPK, berikut adalah kumpulan contoh SPK dengan perintah bermacam-macam. Silakan gunakan format contoh ini sesuai dengan kebutuhan lembaga:

1. Contoh Surat Perintah Dinas

PEMERINTAH KOTA SURABAYADINAS TEKNOLOGI DAN INFORMASI
Kota Surabaya Provinsi Jawa TimurJln. Maju Pantang Mundur No. 56, SurabayaTelp. 021-654321; Fax. 021-123456
SURAT PERINTAH KERJA
Nomor: 56/SPK/Distekfo/1/2022
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:Nama: Mahendra Sinatra, M.PdNIK: 1234512451245Jabatan : Kepala Dinas Teknologi dan Informasidengan ini memberikan perintah kepada:Indri CahyadiNur Halimah
untuk melakukan pemantauan dampak penggunaan gawai pada semua SD Negeri di Surabaya, dengan ketentuan di bawah ini:Masa tugas berlaku per tanggal 10 Juni 2022 hingga 10 Agustus 2022.Setiap hari wajib mengisi presensi kehadiran di kantor Dinas Teknologi dan Informasi Kota Surabaya.Kendaraan di kantor Dinas Teknologi dan Informasi Kota Surabaya diperbolehkan untuk dipergunakan dalam mobilisasi ke sekolah-sekolah.Laporkan biaya kebutuhan tugas ke Bagian Perbendaharaan Dinas Teknologi dan Informasi Kota Surabaya.Hasil temuan di lapangan selanjutnya dilaporkan kepada Kepala Dinas Teknologi dan Informasi Kota Surabaya.Menyerahkan laporan kepada Kepala Dinas Teknologi dan Informasi Kota Surabaya paling lambat 1 minggu setelah masa tugas selesai.
Demikian surat perintah ini disampaikan untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Surabaya, 1 Juni 2022Mengetahui,
Kepala Dinas Teknologi dan Informasi Kota SurabayaMahendra Sinatra, M.Pd

2. Template Surat Perintah Sederhana

(KOP SURAT PERUSAHAAN)
SURAT PERINTAH KERJA
Nomor:………………………………………..
Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama:Jabatan:Departemen:
dengan ini melimpahkan tanggung jawab kepadaNama:Jabatan:Departemen:Alamat:
untuk mengerjakan………………………………, dengan ketentuan antara lain:Masa pekerjaan selama………………. (minggu/bulan), terhitung mulai dari……………………….. sampai………………………..(ketentuan lainnya)(ketentuan lainnya)Usai pekerjaan selesai, segera serahkan laporan kepada Kepala……………………………………..
Demikian surat perintah ini dibuat agar dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin.  (Nama Kota dan Tanggal Pembuatan Surat)Mengetahui,
(Nama dan Tanda Tangan)

3. Contoh Surat Perintah Perusahaan

PT AWAN MAKMUR
Jl. Singgasana No. 5, BogorTelp. 021-666555, Email: awanmakmur@mail.com
Website: awanmakmur.co.id
SURAT PERINTAH KERJA
Nomor: 9/SPK/AMK/8/2017
Yang bertanda tangan di bawah ini:Nama: Drs. Wijaya SantosoJabatan: Direktur PT Awan Makmur
dengan ini memberikan perintah kepada:Nama: Fania Angelina, SE.Jabatan: Kepala Departemen Perbendaharaan
untuk mempresentasikan keuntungan hubungan kerja sama perusahaan kepada PT Maju Tak Gentar, Bogor pada:hari, tanggal:Rabu, 5 Januari 2022waktu:Pukul 08.00 s/d 12.00 WIBtempat:Aula PT Maju Tak Gentar
dengan ketentuan sebagai berikut:Mempresentasikan model kerja sama dan keuntungannya kepada PT Maju Tak Gentar dengan baik.Memimpin jalannya presentasi agar kondusif dan nyaman bagi kedua perusahaan.Menjaga nama baik dan citra perusahaan di hadapan PT Maju Tak Gentar.Hadir paling lambat 30 menit di aula PT Maju Tak Gentar dan memastikan peralatan berfungsi secara normal.Setelah pekerjaan selesai, untuk membuat laporan sesegera mungkin dan diberikan kepada Direktur PT Awan Makmur.
Demikian surat perintah ini disampaikan untuk dijadikan pedoman yang jelas dan untuk dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.
Bogor, 20 Desember 2021Mengetahui,
Direktur PT Awan Makmur,Drs. Wijaya Santoso

4. Contoh Surat Perintah yang Baik dan Benar

5. Contoh SPK Bahasa Indonesia

6. Contoh SPK Audit

7. Contoh Surat Perintah Pelaksanaan Studi

8. Contoh Surat Perintah Kerja Internal 

9. Contoh SPK Dari Kepala Sekolah

10. Contoh Format Surat Perintah Produksi

11. Contoh Surat Perintah Pembangunan yang Baik

12. Contoh Surat Perintah Lapangan

13. Contoh SPK dari Kepala Desa

Surat perintah kerja diberikan oleh perusahaan kepada karyawan agar tugas dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab. Silakan jadikan kumpulan contoh tadi sebagai referensi agar tidak bingung. Nah, bagi yang sedang mencari kerja, coba temukan pekerjaan impian melalui pelangifortunaglobal.com.