surat pengalaman kerja

√ Apa Itu Surat Keterangan Kerja : Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan

Surat keterangan kerja biasanya dibuatkan oleh tim HRD sebuah perusahaan, untuk karyawan yang membutuhkan surat keterangan untuk di perusahaan baru atau untuk kebutuhan lainnya. Isinya tentang informasi bahwa orang itu memang bekerja di perusahaan tersebut.

Fungsi dari surat keterangan ini bermacam-macam, bisa karena karyawan itu keluar kerja dan akan melamar ke perusahaan lain. Bisa juga karena untuk kebutuhan lainnya, yang menerangkan bahwa karyawan itu memang bekerja di perusahaan terkait. 

Apa Itu Surat Keterangan Kerja

Idealnya surat keterangan dalam bekerja dibuat oleh perusahaan, tempat di mana seseorang itu bekerja. Pihak HRD-lah yang membuatkan surat keterangan tersebut. Maka bagi tim HRD yang akan membuat surat keterangan itu, bisa melihat referensinya pada contoh surat terkait.

Surat keterangan kerja adalah jenis surat yang juga berperan sebagai paklaring, atau yang disebut dengan surat pengalaman kerja. Penyampaian informasi pada seorang karyawan dengan jabatan tertentu, dan menegaskan bahwa memang orang itu pernah bekerja di perusahaan itu sendiri.

Itulah pengertian lainnya dari surat keterangan dalam bekerja. Surat keterangan ini nantinya akan diberikan pada pihak lain atau pihak ketiga, yang kemudian akan melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa karyawan di sana memang benar karyawan dari suatu perusahaan.

Susunan dari surat keterangan dalam bekerja yang ada di beberapa contohnya memang terbilang sederhana. Sehingga cara pembuatannya pun mudah dan praktis. 

Namun pembuatan surat keterangan ini tetap harus dilakukan oleh HRD, sehingga karyawan harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Surat ini juga memerlukan pengesahan dari pihak HRD atau pemimpin perusahaan. 

Baca Juga  Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

Jika ingin membuat sendiri, karyawan bisa membuat draftnya saja kemudian tetap diajukan ke perusahaan.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Jadi, apa saja fungsi dari surat tersebut? Tentu ada banyak sekali fungsi yang harus diketahui dari surat keterangan tersebut, seperti di bawah ini:

1. Untuk Persyaratan Pengajuan Beasiswa

Fungsi dasar dari surat keterangan ini adalah keterangan tentang seseorang yang statusnya masih atau pernah menjadi karyawan, di suatu perusahaan tertentu. Fungsi yang pertama yaitu persyaratan untuk mengajukan beasiswa.

Persyaratan ini untuk kebutuhan administrasi bagi karyawan yang akan mengajukan program beasiswa. Secara umum beasiswa bisa juga ditujukan untuk karyawan/dosen yang akan melakukan sekolah/kuliah lagi.

Maka calon peserta beasiswa ini harus melampirkan surat keterangan bekerja tersebut. Bahkan ada pula beasiswa yang memang memberlakukan persyaratan yang berupa surat keterangan kerja tersebut.

Fungsinya yaitu untuk mengetahui pengalaman kerja pada karyawan yang mengajukan beasiswa tersebut.

Baca Juga : Jawaban Motivasi Kerja Saat Interview Paling Tepat

2. Persyaratan untuk Pendaftaran Mahasiswa

Hal ini juga berlaku untuk karyawan yang mendaftar sebagai mahasiswa, misalnya yang akan mengikuti kelas karyawan. Baik kelas di akhir pekan atau kelas sore dan malam hari, untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada beberapa perguruan tinggi yang memang mensyaratkan calon mahasiswanya untuk melampirkan surat keterangan dalam bekerja. Maka karyawan itu sendiri harus mengajukan permohonan pada HRD untuk bisa mendaftar ke suatu universitas.

Baca Juga : Contoh CV Mahasiswa Masih Kuliah Magang yang Kreatif dan Menarik

3. Persyaratan untuk Mengajukan Kredit Bank

Bagi orang-orang yang sudah pernah mengajukan pinjaman ke bank tentu tahu, bahwa salah satu syaratnya adalah melampirkan surat keterangan dalam bekerja. Memang tidak semua bank, tapi ada beberapa bank yang ingin tahu bukti status karyawan calon peminjam.

Baca Juga  √ 9 Cara Membuat CV di HP dan Data Wajib yang Ada Didalamnya

Salah satunya yaitu dengan memberikan dokumen berupa surat keterangan tersebut. Dari surat yang dikeluarkan langsung oleh tim HRD, maka bank akan mempertimbangkan kembali kelayakan dari calon debiturnya apakah akan diterima atau tidak pengajuannya.

Hal itu disebabkan oleh pihak bank yang tidak ingin memberikan pinjaman, pada orang yang tidak bekerja. Maka dengan adanya surat keterangan itu, menegaskan bahwa pihak debitur memang memiliki pekerjaan.

Biasanya dokumen ini akan dilengkapi dengan dokumen lainnya seperti slip gaji atau dokumen lainnya, sesuai dengan kebijakan dari bank masing-masing.

4. Persyaratan untuk Melamar Pekerjaan Lain

Karyawan juga bisa meminta surat keterangan bekerja dari perusahaan, tempat ia pernah bekerja di sana atau memintanya sebelum ia benar-benar keluar kerja. Tujuannya adalah untuk melamar kembali ke perusahaan yang lain.

Surat ini akan menjadi bukti bahwa pelamar ini memang memiliki pengalaman dalam bekerja di suatu perusahaan. Hal itu juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dari tim HRD untuk menerima atau tidak si pelamar tersebut.

Surat keterangan yang berisi tentang surat pengalaman kerja akan menjadi wajib jika perusahaan baru yang dituju, memang memberi kualifikasi pada pelamar yang memang pernah bekerja dan memiliki pengalaman pada bidang yang sama dengan posisi yang dituju.

Hal itu akan menjadi bukti yang kuat bahwa karyawan atau pelamar ini memang berpengalaman di bidang pekerjaan yang sama. Kesempatan untuk dapat diterima di perusahaan akan lebih besar, apabila ada surat keterangan atau pengalaman kerja tersebut.

Baca Juga : Cara Perkenalan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

Contoh Surat Keterangan Kerja

Setelah paham dengan pengertian dan fungsi dari surat keterangan dalam bekerja, maka kini saatnya untuk mempelajari bagaimana contoh surat keterangan pengalaman kerja yang baik dan benar seperti berikut ini:

1. Contoh Surat Keterangan Bekerja untuk Perusahaan

PT MULYA ABADI

Baca Juga  Contoh CV Fresh Graduate Pasti Lolos Seleksi Meskipun Tanpa Pengalaman

Jl Kelestarian Alam II NO 54 Bandung

Tlp: 0821456742

Perihal: Surat Keterangan/pengalaman Kerja

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Budi Alexander

Jabatan : Direktur PT Mulya Abadi

Dengan surat ini, menerangkan bahwa:

Nama : Putri Melia Ayu

Alamat : Komp Griya Pancaraka Blok B No 9 Bandung

NIP : 2376473647856

Jabatan : Staf Keuangan di PT Mulya Abadi

Bahwa yang bersangkutan memang merupakan karyawan tetap di PT Mulya Abadi. Dan sudah bekerja di perusahaan ini sejak Bulan Februari tahun 2019 sampai saat ini. Surat keterangan ini diterbitkan untuk persyaratan pengurusan pinjaman KPR.

Segala hal yang berhubungan dengan pembayaran tagihan tidak menjadi tanggung jawab perusahaan, tetapi menjadi tanggung jawab karyawan tersebut. 

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan baik dan benar. 

Hormat Kami,

Budi Alexander

Direktur PT Mulya Abadi

Baca Juga : Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Otomatis Dilirik HRD

2. Contoh Surat Keterangan Bekerja untuk Membuka Rekening

PT Angkasa Jaya  

Jl Raya Utama No 89 Bandung

Telp 08138754857

Perihal: Surat Keterangan/Pengalaman Kerja

Kepada

Yth

Kepala Cabang Bank Amanah Nasional

Cabang Bandung

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Saepuloh Munarwan 

Jabatan : Direktur PT Angkasa Jaya

Menerangkan bahwa:

Nama : Diana Elia

Jabatan : Sekretaris

No KTP : 2784648576475

Alamat : Jl Murni Setia No 909 Bandung

Menyebutkan bahwa memang benar yang bersangkutan bekerja di perusahaan kami sejak Bulan Maret tahun 2015 sampai sekarang. Surat ini dibuat untuk pengajuan rekening di bank terkait yaitu Bank Amanah Nasional.

Demikian kami sampaikan surat keterangan ini dengan benar.

Hormat kami,

Saepuloh Munarwan

Direktur PT Angkasa Jaya

Untuk informasi lainnya mengenai pekerjaan atau lamaran pekerjaan selain surat keterangan kerja di atas, bisa langsung kunjungi web pelangifortunaglobal.com. Web tersebut akan membantu para pencari kerja memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *