Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Wajib Dikuasai Pencari kerja

contoh cv bahasa inggris

Bingung bagaimana cara membuat CV yang baik dalam bahasa Inggris? Pada pembahasan kali ini, akan ada beberapa panduan untuk membuat dan juga contoh CV bahasa Inggris yang akan sangat berguna untuk persiapan melamar pekerjaan.

Pentingnya CV Bahasa Inggris Ketika Melamar Pekerjaan

Sekarang ini, ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang mewajibkan pelamarnya untuk melamar menggunakan CV dalam bahasa Inggris. 

Selain dibutuhkan dalam beberapa lowongan kerja khusus, CV yang berbahasa Inggris ini bisa membuat seorang pelamar lebih menonjol dibandingkan dengan pelamar lain. Akan ada banyak perusahaan yang akan memberikan poin lebih kepada pelamar yang menggunakan CV Inggris.

Namun, tak berarti jika menggunakan CV berbahasa Indonesia maka tidak akan dilirik sama sekali oleh perusahaan. Hal ini juga kembali lagi kepada kualitas dari CV yang digunakan pelamar ketika melamar sebuah pekerjaan atau posisi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana sekiranya cara membuat CV dalam bahasa Inggris yang menarik dan juga benar, agar bisa memberikan poin lebih saat melamar pekerjaan. Menulis sebuah CV bahasa Inggris sejatinya bukan merupakan hal yang sulit.

Ada beberapa panduan dan juga cara yang bisa digunakan untuk memastikan hasil CV yang dibuat nantinya berkualitas. Selain itu, melihat contoh CV dalam bahasa Inggris juga bisa membantu dalam menulis sebuah CV yang baik.

Baca Juga : Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Otomatis Dilirik HRD

Cara Menulis CV Bahasa Inggris yang Benar

Masih ada banyak sekali orang yang belum tahu bagaimana cara membuat sebuah CV yang menarik, menonjol, dan juga bisa merepresentasikan diri dalam bahasa Inggris. Sebenarnya membuat CV dalam bahasa Inggris sama saja dengan membuat CV dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga  √ 6 Contoh CV Formal dan Cara Membuatnya (Lengkap!)

Perbedaan hanya terletak dalam penggunaan bahasa yang akan dipakai. Jadi jika seseorang bisa membuat CV yang baik dalam bahasa Indonesia, maka tidak perlu khawatir lagi akan kesulitan saat membuat CV bahasa Inggris.

Namun meskipun begitu, ada beberapa panduan dan juga cara yang bisa dilakukan untuk menjamin CV yang dibuat menjadi sebuah CV yang berkualitas baik. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tentukan Hal Apa yang Ingin Dicantumkan Dalam CV

Sebelum masuk proses perangkaian CV, ketahui dahulu apa saja informasi yang ingin dicantumkan di dalam CV tersebut. Pilih skill atau identitas diri apa yang sekiranya ingin ditunjukan di dalam CV. 

Informasi mengenai hal apa saja yang ingin ditampilkan ini bisa didapat dengan melihat contoh-contoh CV yang memang sudah terbukti berkualitas baik.

Selain itu, seperti yang sebelumnya juga sudah disebutkan, menulis  CV dalam bahasa Inggris sejatinya sama dengan menulis dalam bahasa Indonesia. 

Maka dari itu, proses penentuan informasi apa yang akan dimuat ini bisa dilakukan dalam bahasa Indonesia. Nantinya jika sudah selesai, maka informasi tersebut bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

2. Perhatikan Tata Bahasa yang Digunakan

Dalam menerjemahkan informasi yang sebelumnya sudah dikumpulkan, memperhatikan tata bahasa dan ketepatan kata yang digunakan merupakan hal yang penting. 

Menerjemahkan kata ke dalam bahasa Inggris sebenarnya merupakan hal yang mudah jika sudah menguasai dasar-dasarnya. 

Selain itu, sekarang ini juga sudah ada banyak sekali teknologi penerjemah yang bisa membantu untuk menerjemahkan informasi tersebut.

Namun sebelum memasukkannya ke dalam CV, pastikan dahulu jika tata bahasa yang digunakan sudah tepat. Terkadang penerjemah otomatis masih memiliki banyak sekali kesalahan dan juga eror yang membuat kalimat hasil terjemahan menjadi rancu dan sulit untuk dimengerti.

Baca Juga  Tips Pakaian Interview Kerja Pria yang Bisa Jadi Inspirasi

Jika tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik, mintalah bantuan dengan orang yang mengetahui dasar bahasa Inggris untuk memeriksa kembali tata bahasa yang akan digunakan dalam CV.

3. Perhatikan Penggunaan Tanda Baca

Tanda baca bisa memudahkan seseorang untuk memahami dengan lebih baik informasi yang terdapat pada sebuah kalimat atau paragraf. Penting sekali untuk memastikan bahwa CV yang dibuat bisa dimengerti dengan mudah.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kembali bahwa penggunaan tanda baca di dalam CV sudah benar dan sesuai dengan kaidah kebahasaan. 

Penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris dan juga Indonesia serupa bahkan bisa dikatakan sama, sehingga tentunya memastikan penggunaan tanda baca yang benar merupakan hal yang mudah.

Tanda baca yang penting untuk dilihat kebenaran penggunaannya antara lain titik, koma, tanda kurung, titik dua, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Tips Menghadapi Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris

Untuk dapat memahami secara penuh seperti apa CV bahasa Inggris yang baik dan benar, diperlukan contoh untuk dapat dijadikan sebagai panduan. Berikut ini adalah beberapa contoh CV bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai acuan tersebut:

1. Contoh CV Bahasa Inggris Menarik

Professional Summary

A graphic designer who has been in the graphic design world for 6 years professionally. Have a lot of experience and achievements from various companies where I worked before. Having qualified skills in copywriting, design analysis, communicating through design, photography, and also various other important skills. Have a deep passion in the field of design and have a goal to be able to continue to produce communicative designs in my career. Bachelor of Design graduate from Bandung Institute of Technology in 2018.

Personal Information

Name : Wijaya Kusuma Ningsih

Date of Birth : July, 31st, 1999

Gender : Female

Address : Pangeran Utama Street, Number 11, Dago, West Bandung

Baca Juga  √ 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Simple!

Marital Status : Married

Phone Number : 23192390280

Email : wijayakusuma@gmail.com

Education

Bandung Institute Technology, Major in Visual Communication Design

Department Creative Advertising

Graduated with honor, as one of the best graduates with the highest grades who at the same time received a scholarship to be able to take a design course in French.

Work Experience

  • Senior Designer at Matahari Design Company

Liaise with clients for creative requests, in charge of overseeing a design team consisting of 50 senior designers as well as 10 internal designers, and working on major projects for well-known companies and government agencies.

  • Designer at Liason Inc

Lead the company’s branding team, designer of numerous marketing and advertising projects, guiding and supervising junior designers and also internal designers.

Baca Juga : Contoh CV Fresh Graduate Pasti Lolos Seleksi Meskipun Tanpa Pengalaman

2. Contoh CV Bahasa Inggris Fresh Graduate

Summary

A graphic designer who is passionate and disciplined. Have a great passion and love for graphic design. Has won many prestigious design competitions and has been active in participating in various courses and also coaching in this field.

Personal Information

Name : Angga Perkasa

Date of Birth : September, 1st, 1997

Gender : Male

Address : Mentari Street, Number 13, Grogol, West Jakarta, Indonesia

Phone Number : 782937213912

Email : angga123@gmail.com

Education

Bachelor of Design in Indonesia’s Art Institute Yogyakarta

Department Visual Communication Design

Technical Skills

  • Adobe InDesign
  • Digital Photography
  • Copywriting
  • Adobe Photoshop
  • Basic Design Principle
  • Rendering

Membuat sebuah CV dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dengan waktu yang cepat jika sudah menguasai dasar-dasar dan tahu apa saja yang harus dicantumkan. Contoh CV bahasa Inggris yang sudah diberikan tentunya hanya gambaran singkat saja, tambahkan beberapa informasi lain untuk membuat CV menjadi lebih menarik.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD