pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate

Ketahui Beberapa Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

Mengetahui pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate memang sangat penting. Hal ini bertujuan agar proses interview dapat berjalan dengan lancar dan lolos proses interview. Karena setiap jawaban pelamar dalam proses interview akan menjadi tolak ukur penguji untuk menerimanya. 

Sebelum mengetahui beberapa contoh pertanyaan saat interview, pelamar harus tahu apa tujuan HR berdasarkan pertanyaan yang dilontarkan. Dari pertanyaan tersebut HR akan menganalisa, bagaimana karakter pelamar dan cocok atau tidak untuk mengisi posisi yang sedang kosong tersebut.

Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk Fresh Graduate

Setelah mengetahui tujuan HR mengajukan beberapa pertanyaan saat interview, maka pelamar pekerjaan harus lebih berhati-hati saat menjawab pertanyaan tersebut. Berikut beberapa contoh pertanyaan interview dan jawaban yang harus diketahui fresh graduate.

1. Kenapa Anda Melamar di Perusahaan Ini untuk Posisi Ini?

Salah satu contoh pertanyaan yang akan diajukan sebagai pembukaan interview adalah pertanyaan ini. Karena baru saja lulus atau fresh graduate, maka jawaban yang paling tepat adalah karena ingin segera bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri.

Ketika pelamar diberi pertanyaan tersebut, maka pelamar bisa menjawabnya dengan berbagai macam alasan, termasuk dengan mengutarakan citra perusahaan. Selain itu, usahakan untuk memberikan jawaban yang logis dan rasional.

Jadi jawab saja pertanyaan tersebut sesuai kenyataan atau faktanya, serta tidak boleh melebih-lebihkan perusahaan tersebut.

Hal ini dilakukan agar tidak memberikan kesan seperti menjilat recruiter agar diterima bekerja. Intinya, jawablah pertanyaan sesuai fakta dan pastikan tetap tenang saat menjawab.

Baca Juga  Cara Membatalkan Interview Kerja Sopan Tanpa Merusak Citra Diri

Kemudian untuk pertanyaan mengenai posisi yang dilamar tersebut, pelamar bisa menjawabnya bahwa bidang pekerjaan tersebut sesuai dengan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, pelamar harus menjawabnya dengan singkat, padat dan tidak bertele-tele.

2. Coba Ceritakan dengan Singkat Tentang Diri Anda?

Kemudian pertanyaan pembuka dalam interview berikutnya yaitu pelamar diminta mendeskripsikan diri sendiri. Jawaban yang pelamar berikan pada pertanyaan ini akan menjadi kesan pertama bagi HR terhadap pelamar.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini saat interview, maka pelamar bisa menjawabnya dengan data diri seperti nama, umur, pendidikan terakhir di mana dan belajar di bidang apa.

Selain itu, pelamar bisa melanjutkan jawaban dengan passion yang dimiliki, terutama yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga : Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

3. Bagaimana Anda Melihat Potensi Diri pada 5 Tahun Mendatang?

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate berikutnya adalah bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri pada 5 tahun yang akan datang? Pertanyaan ini memang sudah umum ditanyakan oleh HR, terutama kepada pelamar fresh graduate. Lantas bagaimana cara menjawabnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pelamar bisa menjawabnya dengan menunjukkan tujuan yang bermanfaat bagi perusahaan. Dari pertanyaan tersebut, recruiter menandakan ingin mencari pelamar yang loyal dan bisa bekerja dalam waktu yang lama di perusahaan tersebut.

Selain itu, recruiter juga bermaksud untuk mengetahui tujuan karir pelamar, apakah selaras dengan perusahaan. Untuk itu, pelamar harus memberikan jawaban yang menunjukan target atau rencana yang akan dilakukan di masa mendatang, selama masih bekerja di perusahaan tersebut.

4. Apa yang Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Memberikan penilaian kepada orang lain memang lebih mudah dibandingkan menilai diri sendiri. Maka, HR mengajukan pertanyaan tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri pelamar.

Baca Juga  Inilah 10+ Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Diajukan HRD

Untuk pertanyaan kelebihan, pelamar bisa menjawabnya dengan soft skills sesuai posisi yang dilamar. Misalnya saja, ketika pelamar sedang melakukan interview untuk posisi akuntan di sebuah perusahaan.

Maka pelamar bisa menyebutkan bahwa dirinya adalah orang yang teliti dalam melakukan suatu hal. Sedangkan untuk kelemahan, pelamar bisa menjawab kelemahan yang tidak sesuai dengan pekerjaan.

Contohnya saja, pelamar bisa menjawabnya seperti “Saya tidak pandai melakukan negosiasi terutama untuk menawarkan produk”. Padahal posisi yang dilamar tidak ada kaitannya dengan negosiasi dan penawaran produk. Selain itu, pelamar juga bisa menambahkan cara untuk mengatasi kelemahan itu.

5. Kenapa Anda Melamar di Perusahaan Ini?

Pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate berikutnya yaitu mengenai alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini, pelamar jangan menjawab bahwa sedang mencari pengalaman dan butuh pekerjaan saja.

Bisa dibilang, pertanyaan ini adalah kesempatan bagi pelamar untuk membuat HR terkesan. Maka jawaban yang terbaik adalah pelamar bisa menjawabnya dengan menyebutkan berbagai macam hal menarik dari perusahaan tersebut.

Misalnya saja, ketika melamar di perusahaan yang melakukan produksi susu. Maka pelamar bisa mengatakan bahwa produk susu yang dihasilkan sangat enak atau produk susu tersebut sudah dikenal banyak orang.

Selain itu, pelamar juga bisa menjawabnya karena sudah mendengar review positif mengenai perusahaan dari berbagai pihak. Berikutnya, pelamar juga bisa mengatakan bahwa pelamar ingin berkontribusi dan memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan tersebut.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja yang Sukses & Ampuh Memikat HRD

6. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Kemudian saat sesi interview biasanya HR akan mengajukan pertanyaan, untuk mengetahui pengetahuan Anda mengenai perusahaan tersebut. Untuk pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate ini adalah mencari informasi perusahaan sebelum melakukan interview.

Baca Juga  5 Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Wawancara Kerja

Hal utama yang harus diketahui pelamar adalah bidang industri apa yang digeluti perusahaan tersebut. Kemudian ketahui juga produk atau layanan apa yang dimiliki perusahaan tersebut. Dalam hal ini pelamar bisa mencari info mengenai penggunaan atau cara kerja dari produk perusahaan tersebut.

Selanjutnya pelamar juga harus mengetahui beberapa perusahaan yang menjadi kompetitor perusahaan yang dilamar. Usahakan pelamar mengetahui lebih dari satu kompetitor, sehingga mampu memberikan kesan bahwa pelamar sudah melakukan research mengenai perusahaan.

7. Kenapa Kami Harus Memilih Anda Sebagai Bagian dari Kami?

Kemudian pertanyaan penutup dalam melakukan sesi interview atau wawancara, biasanya HR akan mengajukan pertanyaan mengenai alasan untuk menerima pelamar dan menjadi bagian dari perusahaan. Pertanyaan ini harus dijawab dengan benar dan sesuai, terutama bagi fresh graduate.

Pelamar bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan beberapa skill yang dimiliki dan seberapa besar kontribusi pelamar untuk perusahaan. Selain itu, pelamar juga bisa menambahkan bahwa dirinya adalah orang yang fleksibel, bertanggung jawab dan mampu bekerja keras terhadap pekerjaan.

Selain beberapa pertanyaan tersebut, sebenarnya masih ada banyak lagi pertanyaan yang bisa diajukan saat sesi interview. Akan tetapi, tujuh pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang paling sering muncul dan bagi pelamar fresh graduate wajib mengetahui jawabannya.

Baca Juga : Inilah Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

Saat mengikuti sesi interview, pastikan menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Sehingga mampu memberikan kesan baik kepada HR yang melakukan pengujian kandidat yang melamar pekerjaan. Kesan pertama yang dilihat oleh HR adalah penampilan, maka penampilan harus tetap rapi dan bersih.

Selain itu, dapatkan berbagai macam informasi mengenai lowongan pekerjaan di pelangifortunaglobal.com. Kemudian ketahui juga beberapa tips melamar pekerjaan dan informasi terbaru, seperti pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate di pelangifortunaglobal.com.

Related Posts