Inilah Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

skill wajib dimiliki fresh graduate

Saat ini, lulusan sarjana baru jumlahnya tidak terkira, hal ini membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat. Namun, tidak perlu pesimis, simak skill yang harus dimiliki fresh graduate berikut ini agar  layak menjadi kompetitor:

Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

  1. Komunikasi yang Baik

Keterampilan komunikasi sudah diperdalam sejak di bangku kuliah, bahkan sudah tertanam sejak mengikuti organisasi saat SMA. Perlu diketahui, kemampuan ini harus dimiliki oleh fresh graduate.

Komunikasi yang baik dapat membantu menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang. Sebagian besar perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki keterampilan komunikasi baik verbal maupun nonverbal.

Keterampilan ini dapat dipelajari secara otodidak, sebelum terlambat tingkatkan mulai dari sekarang.

  1. Kerjasama Team

Setiap pekerja dituntut untuk bisa membangun hubungan kerja yang positif agar tujuan bisnis tercapai. Oleh karena itu, perusahaan mencari kandidat yang mampu bekerjasama dengan team.

Tanpa dibekali keterampilan kerja team seseorang akan sulit mengikuti arus dunia kerja kedepannya. Dengan demikian, fresh graduate harus memiliki skill team work yang mumpuni.

Pengalaman organisasi juga sangat diperlukan, tanpa disadari dapat mengasah kemampuan komunikasi dan kerjasama team.

  1. Problem Solving

Di dunia kerja pasti ada masalah yang timbul, baik mengenai pekerjaan ataupun hubungan dengan atasan, rekan, atau klien. Karyawan dituntut untuk menyelesaikannya tanpa menimbulkan masalah baru.

Selain itu, harus siap menghadapi resiko atas suatu masalah, sekaligus mengatasinya dengan cara  profesional. Kemampuan problem solving juga membuat seseorang lebih berkarakter, dan memberikan nilai tambah sebagai karyawan.

Fresh graduate yang memiliki kemampuan problem solving kemungkinan besar lebih diapresiasi oleh recruiter. Jadi, sampaikan pengalaman organisasi setiap melakukan wawancara kerja.

  1. Berpikir Kritis

Dengan kemampuan berpikir kritis seseorang dapat menemukan celah yang mungkin terlewatkan oleh anggota team, atau bahkan atasan.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Wajib Dikuasai Pencari kerja

Tidak hanya menemukan kesalahan kecil, kemampuan ini dapat membantu menemukan solusi dari masalah tersebut. Berpikir kritis dapat meningkatkan kemampuan problem solving di dunia kerja.

Selain itu, berpikir kritis membuat seseorang lebih terbuka ketika menerima informasi baru, tapi tetap objektif dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.

Fresh graduate harus melatih kemampuan berpikir kritis dengan banyak bertanya, aktif mendengarkan, dan mempertimbangkan segala kemungkinan.

  1. Manajemen Waktu

Skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate adalah manajemen waktu. Sikap kedisiplinan ini akan terlihat sejak pertama kali menghadiri interview kerja.

Pihak recruiter memperhatikan setiap pelamar, bagaimana mereka melakukan manajemen waktu menjelang wawancara menjadi poin penting. Nantinya, kemampuan manajemen waktu sangat penting untuk menyusun prioritas kerja, dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

  1. Memperhatikan Detail

Ketelitian tinggi merupakan salah satu kecakapan yang harus dimiliki seseorang dalam bekerja. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Karyawan yang memiliki ketelitian tinggi tidak hanya mencurahkan perhatian pada target. Hal-hal kecil yang diperlukan untuk mencapai tujuan juga dipikirkan dengan matang.

Selain itu, ketelitian tinggi dapat meminimalisir kesalahan sehingga kualitas kerja terjaga, serta menjamin proses kerja berjalan tanpa hambatan.

  1. Mampu Berkomitmen

Perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki komitmen tinggi. Fresh graduate dapat lolos sebagai kandidat jika memiliki kemampuan ini. Dengan kata lain, karyawan harus mau dan mampu memberikan waktu dan berdedikasi yang terbaik untuk perusahaan.

Seseorang yang tidak dapat berkomitmen terhadap tugas-tugasnya dinilai kurang serius dan cenderung merugikan perusahaan. Apabila kekurangan ini terlihat di awal wawancara, kesempatan lolos seleksi semakin kecil. 

Tegaskan sejak awal bahwa tidak main-main melamar bidang tersebut, dan memiliki komitmen tinggi untuk berkembang bersama perusahaan.

  1. Memiliki Pemikiran Segar
Baca Juga  √ Surat Perintah Kerja : Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya!

Ide dan kreativitas merupakan sesuatu yang mahal karena tidak semua orang memilikinya. Perusahaan membutuhkan karyawan dengan pemikiran segar untuk membantu mewujudkan misi dan visi.

Jadi, fresh graduate harus bisa menunjukkan bahwa dirinya adalah orang yang kreatif dan inovatif. Kemampuan ini dapat dijelaskan saat sesi wawancara, ceritakan pencapaian yang pernah diraih dengan penuh antusias.

Cari informasi terkait perusahaan sebagai bahan untuk menemukan ide sebelum melakukan wawancara. Tidak menutup kemungkinan fresh graduate masuk sebagai kandidat yang dapat membantu mengembangkan perusahaan.

  1. Public Speaking

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan sangat baik, tentu lebih sering ditunjuk untuk menemui klien-klien penting. Gaya bicara yang luwes membuat klien tertarik dengan produk yang dihasilkan perusahaan.

Public speaking bukan kemampuan yang main-main. Jadi, tunjukkan kepercayaan diri berbicara di depan dengan menjawab setiap pertanyaan saat interview kerja.

  1. Leadership

Kepemimpinan sangat diutamakan di perusahaan. Apabila memiliki pengalaman berorganisasi dan pernah menjabat sebagai ketua, fresh graduate akan masuk sebagai kandidat unggulan.

Karyawan dengan kemampuan leadership memiliki potensi untuk menjadi manajer perusahaan beberapa tahun kedepan. Meskipun fresh graduate sekalipun, jika memiliki kemampuan leadership recruiter tidak akan ragu meloloskan pelamar sebagai karyawan perusahaan.

  1. Analisis yang Baik

Kemampuan analisis sangat penting untuk kemajuan karir karena dapat mencari solusi efektif dan tepat guna. Ketika menghadapi masalah, segera menganalisis faktor-faktornya, lalu mencari jalan keluar dan mengambil jalan keluar untuk mencapai solusi dari masalah tersebut.

Sebagian besar posisi di perusahaan membutuhkan kemampuan analisis yang baik, seperti business analyst, project management, data analyst, business development, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  √ 7+ Tips Pakaian Saat Interview, Dijamin HRD Suka!

Oleh karena itu, analisis merupakan skill yang harus dimiliki fresh graduate untuk bersaing di dunia kerja saat ini.

  1. Fleksibilitas

Berbagai macam kondisi akan ditemui di dunia kerja, situasi yang ditemui tidak selalu menyenangkan. Hal tersebut tidak dapat dihindari begitu saja.

Setiap hari bertemu dengan atasan, rekan kerja, klien yang memiliki karakter berbeda. Inilah alasan fleksibilitas diperlukan. Fleksibilitas membantu seseorang dalam menghadapi setiap masalah. Apabila belum memiliki kemampuan ini, segera latih mulai sekarang.

  1. Bekerja Mandiri

Selain dituntut bisa kerjasama team, perusahaan mengharapkan karyawan mampu bekerja secara mandiri. Tidak mungkin karyawan selalu mengharapkan bantuan atasan dalam menyelesaikan setiap tugasnya.

Seperti saat menyelesaikan skripsi, mulai dari penelitian hingga laporan diselesaikan secara mandiri. Sesekali meminta saran pada dosen pembimbing. Itulah cara kerja yang diinginkan oleh pimpinan perusahaan.

Begitupun ketika menghadapi masalah pekerjaan, karyawan diharapkan segera menyelesaikannya. Kemandirian  dapat dinilai oleh recruiter saat melakukan sesi wawancara.

  1. Bekerja di Bawah Tekanan

Perusahaan memiliki target yang dicapai oleh setiap karyawan. Hal tersebut tentu menimbulkan tekanan dalam bekerja. Oleh karena itu, saat sesi wawancara recruiter menanyakan kesanggupan bekerja di bawah tekanan. 

Sebelum melamar pekerjaan di perusahaan, fresh graduate harus memahami batas kemampuannya. Target yang ditentukan oleh perusahaan tidak hanya di dalam team, tapi juga secara personal.

Apakah siap bekerja lembur dan mengorbankan waktu pribadi? Bagi yang tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan dapat memicu frustasi dan stress, lalu jauh sakit. 

Calon karyawan diharapkan memiliki kemampuan agar dapat mengembangkan perusahaan. Pelajari segala kebutuhan lamaran kerja fresh graduate di pelangifortunaglobal.com, dan temukan pekerjaan yang diinginkan.