√ Daftar Gaji Alfamart Semua Jabatan Lengkap!

daftar gaji alfamart

Bekerja di Alfamart adalah salah satu tempat yang punya karir yang bagus. Minirmarket ini punya banyak posisi yang bisa Anda isi sesuai dengan kemampuan. Namun, sebelum melamar pekerjaan, ketahui dulu gaji Alfamart dari semua jabatan yang tersedia. 

Jika Anda mengetahui gajinya, ini akan memberikan informasi terbaik untuk mempertimbangkan apakah pendapatan tersebut sesuai dengan karir. Simak beberapa informasi gaji karyawan Alfamart di tahun 2023 ini. Apakah sesuai dengan UMR atau tidak. 

Gaji Kerja di Alfamart 2023 

Gaji yang diperoleh di Alfamart akan bervariasi. Biasanya tergantung dari jabatan yang diemban. Setiap posisi punya tanggung jawab yang berbeda-beda sehingga Anda perlu mengetahui apakah gaji tersebut relevan dengan kemampuan yang dibutuhkan atau tidak. 

Namun, perlu diketahui bahwa Alfamart termasuk perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia serta memiliki banak cabang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, gaji yang ditawarkan juga terbilang menggiurkan. 

Untuk mengetahui secara umum terkait dengan gaji Alfamart, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Gaji Kasir dan Pramuniaga 

Posisi pertama yang sering dibuka adalah lowongan kasir dan pramuniaga. Untuk mendaftar posisi ini, Anda perlu mengetahui gajinya terlebih dahulu. Adapun besaran gaji sekitar Rp 2 juta sampai dengan Rp 4 juta. 

Harga ini disesuaikan dengan UMR dan UMK di daerah masing-masing. Tugas dan tanggung jawab dari kasir dan pramuniaga berbeda. Untuk kasir, bertugas melayani konsumen, mengatur transaksi penjualan barang, serta mengatur administrasi yang berkaitan dengan uang. 

Baca Juga  √ Daftar Besaran Gaji Kurir Shopee Express Terbaru & Lengkap!

Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawab dari pramuniaga Alfamart adalah menyiapkan promosi yang sedang berlangsung, menjaga kebersihan toko, cek stok yang ada di etalase, sampai dengan melayani pembeli di toko tersebut. 

Keterampilan yang sama-sama harus dimiliki oleh kasir maupun pramuniaga adalah bisa mengoperasikan komputer. 

Tujuannya karena konsumen seringkali ingin melakukan pembayaran online lewat Alfamart sehingga apabila ditanya  oleh konsumen, Anda perlu menjelaskannya dengan baik. 

2. Gaji Herper Alfamart 

Berapa gaji Alfamart untuk petugas helper? Petugas helper punya gaji antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta tiap bulan. Helper punya tugas untuk mengantarkan barang Alfamart ke tim loading. Selanjutnya, barang dari sana akan dipindahkan menuju ke picker. 

Tugas  ini perlu keahlian dalam mengendarai kendaraan dengan baik ditunjukkan adanya kartu SIM yang Anda miliki. 

3. Merchandiser 

Lowongan kerja di Alfamart berikutnya adalah posisi Merchandiser. Posisi ini terbilang jarang diketahui oleh masyarakat. Namun, jika dilihat dari gaji Alfamart ini terbilang cukup menggiurkan yaitu dari Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta tiap bulannya. 

Adapun tugas yang dimiliki oleh Merchandiser yaitu merapikan produk yang ada di etalase serta mengelompokkannya sesuai kategori agar mudah diingat konsumen. Selain itu, tugas lain dari Merchandiser adalah memberikan pelayanan dan menjawab pertanyaan dari konsumen. 

Merchandiser dalam hal ini sama dengan pramuniaga. Bedanya jika merchandiser termasuk karyawan tetap sedangkan pramuniaga biasanya masih dalam tahap training. 

4. Staf Gudang 

Posisi berikutnya yang paling banyak dicari adalah staf gudang. Gaji Alfamart staf gudang sekitar Rp 2 juta sampai Rp 3 juta tiap bulannya. Untuk tugasnya sendiri adalah mengecek stok yang ada di gudang baik yang akan keluar maupun yang masuk gudang. 

Baca Juga  √ UMR Adalah: Pengertian & Cara Perhitungannya (Lengkap!)

Tugas lainnya adalah membantu dalam bongkar muat untuk logistik barang. Staff gudang juga bertugas menyortir barang dari jenis tersebut, menjaga kebersihan gudang, sampai membantu dalam administrasi gudang. 

5. Gaji Asisten Kepala Toko 

Gaji Alfamart berikutnya adalah posisi asisten kepala toko. Asisten kepala toko bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 2 juta sampai dengan Rp 3 juta. Adapun tugasnya yaitu berkoordinasi dengan pekerja lain yang ada di toko. 

Asisten kepala toko juga perlu mengajukan laporan penjualan kepada kepala toko. Setiap asisten kepala toko punya tanggung jawab untuk memegang 1-5 gerai. 

6. Gaji Kepala Toko 

Setiap tugas yang lebih besar juga mempunyai gaji yang besar pula. Khusus untuk kepala toko Alfamart, gajinya bisa mencapai Rp 3,5 juta. Sedangkan tugasnya terbilang cukup banyak yaitu: 

  • Melakukan koordinasi yang baik dengan seluruh karyawan. 
  • Buat rencana jangka pendek dan panjang. 
  • Menjaga hubungan yang baik dengan manajer. 
  • Melakukan evaluasi tentang hasil penjualan toko. 
  • Evaluasi bawahan di setiap outletnya. 

7. Inventory Control 

Gaji untuk inventory control juga lumayan besar yaitu Rp 2,6 juta – Rp 3 juta. Tugas dari Inventory control adalah sebagai berikut: 

  • Urusan penanganan barang masuk. 
  • Menghitung stok dan mendata barang. 
  • Bertanggung jawab mengecek kualitas produk serta memastikannya layak untuk dijual. 
  • Bertanggung jawab dalam hal penyimpanan barang dan menjaganya dari kerusakan. 

8. Gaji OB Alfamart 

Office Boy atau OB di Alfamart digaji sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 2 juta. Tugasnya adalah memastikan kebersihan dari toko. 

9. Pemasaran 

Setiap toko penting mempunyai pegawai pemasaran untuk bentuk promosi dan meningkatkan penjualan lebih banyak lagi. Karyawan pemasaran ini tidak ada di outlet, tetapi bertugas di kantor Alfamart yang resmi.  

Gaji dari pemasaran ini terbilang cukup tinggi yaitu gaji Rp 8 juta. Adapun tugasnya adalah menyusun strategi pemasaran yang baik, bermitra dengan bisnis lain, dan memuat event promos. 

Baca Juga  √ Daftar Gaji Karyawan Indomaret Semua Posisi (Lengkap!)

10. Distribution Manager 

Posisi berikutnya adalah Distribution Manager yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua barang yang didapatkan bisa didistribusikan dengan baik. Semua itu dilakukan dengan memperhatikan QC yang berlaku. 

Karena tanggung jawabnya yang besar, membuat gajinya lebih tinggi yaitu Rp 6 juta. 

11. Logistik Junior Manajer 

Salah satu jabatan yang tertinggi adalah menjadi  logistik junior manager. Pekerjaan ini memiliki tugas dalam merencanakan dan mengelola keperluan dari gudang, transportasi, dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan bidang logistik. 

12. Manajer Area 

Berikutnya adalah jabatan tinggi lainnya yaitu manajer area. Gaji manajer area di Alfamart adalah Rp 9,5 juta. Hal ini sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya yang lebih besar dalam membuat keputusan yang mempengaruhi perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab dari manajer area adalah sebagai berikut 

  • Mengatur dan mengelola area Alfamart yang sudah ditetapkan. 
  • Bisa membaca perkembangan pasar sehingga dapat menganalisis kemajuan dari perusahaan. 
  • Melihat kenaikan konsumen yang terjadi di outlet. 
  • Mendorong semangat dari semua anggotanya agar mampu meningkatkan penjualan lebih baik. 

13. Jabatan Lainnya 

Selain dengan posisi di atas, ada juga beberapa posisi lainnya yang menarik untuk diketahui gajinya. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

Posisi Gaji 
Art dan Creative Staff Rp 4.000.000
Programmer dan analyst Rp 4.000.000 – 6.000.000
Marketing Junior Rp 8,2 juta 
Franchise manager Rp 10 juta 

Dari banyaknya jabatan ini, Anda bisa menentukan mana yang cocok untuk melamar kerja sesuai dengan minat dan potensi. Untuk memudahkan Anda untuk mendapatkan lowongan pekerjaan terkini, silahkan untuk mengunjungi website dari pelangifortunaglobal.com

Disana, Anda bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan terkini sampai dengan benerfit dan gajinya sehingga para pelamar lebih lengkap mengetahui informasi dari pekerjaan dan gaji Alfamart.