√ Gaji Sales Marketing dan Komisinya Lengkap!

gaji sales marketing

Sales marketing adalah posisi penting dalam perusahaan karena berkaitan dengan penjualan produk. Banyak yang belum mengetahui tentang profesi yang satu ini apalagi gaji sales marketing. 

Sales dan marketing adalah pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan karena tugas utamanya adalah untuk menjual dan mempromosikan barang. Selain itu, ada kriteria lainnya yang perlu dimiliki oleh usaha ini. Untuk selengkapnya, mari kita simak penjelasan berikut. 

Apa Itu Sales Marketing? 

Sebelum mengetahui gaji sales, ketahui terlebih dahulu pengertian sales marketing. Pengertian sales adalah pekerjaan yang berkaitan dengan menjual produk dengan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Adapun yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan dari kegiatan bisnis baik dari perencanaan produk, menentukan harga, metode promosi, sampai penyebaran dari produk tersebut. 

Dari pengertian di atas, tampak bahwa yang dimaksud dengan sales lebih berinteraksi langsung dengan pembeli dan menawarkan produk. Sedangkan marketing lebih mengarah kepada strategi dalam penjualan. 

Oleh sebab itu, ada perusahaan yang memisahkan pekerjaan antara bidang sales dan marketing. Namun, ada juga perusahaan yang menjadikannya satu yaitu sales marketing. 

Sales marketing di perusahaan adalah pekerjaan yang bertugas dalam merencanakan penjualan, menganalisa pasar, sampai terjun langsung untuk promosi ke calon pembeli. 

Dari pengertian tersebut tampak bahwa sales marketing memiliki peran besar dalam menjalankan tugas penjualan dan terlibat langsung dengan konsumen. 

Gaji Sales Marketing 

Setelah memahami apa yang dimaksud sales marketing, saatnya mengetahui kisaran gajinya. Gaji dari pekerjaan tersebut terbilang cukup menjanjikan karena penghasilannya umumnya lumayan tinggi. 

Baca Juga  √ Payroll Adalah: Pengertian, Contoh dan Perhitungannya!

Adapun rata-rata gaji sales ini adalah Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000 tiap bulan. Gaji tersebut bisa rendah dan tinggi bergantung dari wilayah tempat ia bekerja, jabatannya, sampai UMR dan UMK yang berlaku. 

Selain itu, gaji sales marketing dapat berbeda apabila perusahaan menyediakan tunjangan dan bonus bergantung dari penjualan. 

Terkadang, semakin laku produk yang dijual maka perusahaan akan memberikan reward kepada karyawan sales marketing untuk mendapatkan uang tambahan. Dari berbagai faktor inilah yang membuat gaji dari perusahaan menjadi berbeda-beda. 

Apabila ingin mendapatkan gaji sales yang lebih tinggi, karyawan bisa melakukan negosiasi dengan bagian personalia agar bisa memperoleh gaji yang diharapkan. Umumnya, setelah satu tahun bekerja biasanya ada kenaikan gaji yang diberlakukan oleh perusahaan. 

Namun, tentu saja itu semua tergantung dari keputusan perusahaan tersebut. 

Pekerjaan dan Tugas Sales Marketing 

Setelah mengetahui gaji sales, pahami juga bagaimana pekerjaan yang dilakukan dalam profesi ini. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mempertimbangkan apakah pekerjaan dan tugas tersebut cocok dan sesuai dengan minat yang dimiliki. 

Adapun pekerjaan dan tugas dari sales marketing adalah sebagai berikut: 

1. Mencari Target Pasar 

Tugas penting yang dilakukan oleh sales marketing adalah mencari target pasar. Target pasar ini harus sesuai dengan ciri dari produk yang dijual. Tentukan target pasar yang tepat agar keberhasilan penjualan bisa diraih. 

Target pasar yang tidak sesuai akan mempengaruhi penjualan. Contohnya ketika produk alat dapur dipromosikan kepada remaja. Hal ini tentu tidak tepat karena seharusnya lebih cocok untuk ibu rumah tangga. 

Promosi yang tidak tepat akan membuat modal promosi menjadi terbuang sia-sia

2. Menawarkan Produk untuk Dijual 

Tugas dan tanggung jawab lain yang dibutuhkan adalah menawarkan produk untuk dijual. Sales marketing punya tugas untuk menjual barang tersebut supaya laris. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan public speaking dan pengetahuan akan produk tersebut. 

Baca Juga  √ Daftar Besaran Gaji Kurir JNT Terbaru & Lengkap!

Anda juga harus memiliki kemampuan yang dapat meyakinkan orang agar penjualan tersebut bisa ditingkatkan. Pelajari juga detail dari produk serta kegunaannya agar dapat menjelaskan dengan baik kepada calon konsumen. 

3. Mendata Hasil Penjualan dan Keuntungan yang Didapatkan 

Tugas berikutnya yaitu perlu adanya pencatatan terkait dengan hasil penjualan dan keuntungannya. Hal ini untuk memperlihatkan tanggung jawab terkait dengan ide yang sebelumnya diputuskan oleh sales marketing. 

Oleh sebab itu, penting menuliskan laporan tersebut untuk diberikan kepada atasan. Data penjualan ini bisa dijadikan sebagai landasan dalam menetapkan keputusan dan kebijakan lain berkaitan dengan penjualan. 

4. Menyusun Strategi Penjualan 

Setelah menyusun hasil penjualan serta keuntungan yang diperoleh, langkah berikutnya yang dilakukan oleh sales marketing adalah menyusun strategi penjualan. Data ini kemudian dilakukan strategi bagaimana agar penjualan terus memiliki keuntungan. 

Strategi penjualan bisa diubah apabila data hasil penjualan tidak memperoleh profit yang signifikan. Oleh sebab itu, sales marketing akan mencoba strategi baru untuk memperbaiki dan mengembangkan penjualan produk yang lebih optimal. 

Selain itu, fungsi dari strategi penjualan adalah untuk mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. 

5. Menggerakkan dan Mengelola Tim Solid 

Sales marketing juga punya peran dalam mengelola timnya di bidang penjualan agar tetap solid. Tim yang solid dapat membantu perkerjaan menjadi lebih maksimal. Anda perlu untuk menyusun strategi, melakukan penjualan, sampai dengan evaluasi karyawan dengan baik. 

Oleh sebab itu, penting untuk membuat tim saling bekerja sama dan menciptakan lingkungan yang harmonis. Komunikasi yang berlangsung baik juga akan membantu pemasaran berjalan dengan lancar. 

Setiap sales marketing punya peranan untuk mendukung kekompakan ini baik dari posisi terbawah sampai atasannya. 

Baca Juga  √ Reimburse Adalah: Pengertian, Contoh & Syarat Pengajuannya!

6. Analisis Pesaing 

Analisis pesaing juga diperlukan untuk bisnis agar perusahaan dapat berkembang dan tidak kalah dengan pesaing lainnya. Anda juga perlu menilai cara dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing apakah efektif atau tidak. 

Jika ternyata efektif, maka sales marketing bisa menjalankan strategi yang sama dengan melakukan ide yang lebih kreatif atau modifikasi agar menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Pesaing ini juga perlu dipelajari sehingga strategi perusahaan Anda berjalan dengan efektif. 

Dari tugas yang banyak ini membuat gaji sales marketing terbilang lumayan lebih tinggi dibandingkan dengan profesi sales biasa. Hal ini karena tugasnya dari merencanakan sampai menganalisis berbagai faktor pendukung penjualan termasuk dengan analisis pesaing. 

7. Analisis Pasar dan Trend 

Tugas dan tanggung jawab lain yang dilakukan adalah menganalisis pasar dan trend yang ada. Hal ini penting untuk membuat produk bisa dipasarkan secara tepat. Pasar dan trend akan selalu berubah-ubah sehingga bersifat dinamjs. 

Para sales marketing harus bisa memasarkan produk dengan baik berdasarkan dari trend yang ada. Dengan analisis pasar yang baik ini akan memudahkan penjualan produk tetap meningkat. Analisis pasar diperlukan untuk mencapai target penjualan sesuai dengan permintaan. 

Anda juga bisa melakukan berbagai strategi yang mengarah pada pasar saat ini. Contohnya adalah perkembangan dunia digital yang masif. Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan media sosial sampai membuat website. 

Media sosial yang dipilih juga perlu dipikirkan aplikasinya secara tepat agar dapat menjangkau target pasar yang diinginkan. 

Dengan mengikuti trend yang ada saat ini diharapkan lebih meningkatkan penjualan dan tidak kehilangan pelanggan. Gaji sales marketing ini dinilai cukup tinggi sehingga banyak peminatnya. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan sales dan berbagai profesi yang diinginkan melalui situs pelangifortunaglobal.com.