√ Sales Executive Adalah : Tugas, Skill dan Gajinya!

sales executive

Salah satu pekerjaan yang ada di perusahaan adalah sales executive. Profesi ini berbeda dengan sales biasa karena jabatannya yang lebih tinggi. Ketahui gajinya agar dapat mempertimbangkan lamaran kerja di posisi ini. 

Profesi yang satu ini juga punya tugas dan skill yang khusus agar terampil dalam menjalankan tanggung jawabnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahuinya secara lengkap sebelum melamar kerja di posisi ini. 

Apa Itu Sales Eksekutif? 

Sales executive adalah tim penjualan yang membantu perusahaan menjual produk yang dibuatnya kepada para calon konsumen. Adanya profesi ini termasuk dalam barisan ujung tombak perusahaan karena bertujuan untuk mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya. 

Jadi, apabila tidak ada profesi ini maka penjualan bisa menjadi terhambat karena tidak adanya perencanaan dan strategi dalam pemasaran. 

Tak heran jika banyak lowongan kerja untuk menempati posisi ini di berbagai perusahaan. Anda bisa melamar lowongan tersebut karena gajinya yang juga lumayan tinggi. Namun, sebelum melamarnya, ada baiknya memperhatikan hal penting berikut ini. 

Tugas Sales Executive 

Pekerjaan sales executive memiliki peran penting yang berhubungan dengan pelanggan. Dengan pekerjaan ini, membuat Anda perlu melakukan berbagai riset sampai negosiasi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. 

Sales sendiri adalah pekerjaan yang memerlukan kontak langsung dengan konsumen karena mereka nantinya yang akan menjual produk tersebut. Namun, karena ada eksekutifnya, maka pekerjaan ini lebih banyak tugasnya dibandingkan dengan sales biasa. 

Adapun tugas yang dimilikinya adalah sebagai berikut: 

  • Memberikan informasi layanan dan produk. 
  • Berusaha untuk mencapai target penjualan baik dari bulanan sampai dengan tahunan. 
  • Menghasilkan penjualan lewat berbagai media, baik itu telepon, email, sampai tatap muka. 
  • Menjaga basis data CRM (Consumer Relationship Management) agar dapat lebih mudah menganalisis pasar yang ada. 
  • Melakukan presentasi atau pertemuan langsung dengan para konsumen terkait dengan proses penjualan. Presentasi ini juga dilakukan dalam rapat ketika atasan ingin mengetahui perkembangan dari tim penjualan. 
  • Menjaga hubungan yang baik dengan para klien dan konsumen baik yang sudah lama maupun yang baru. 
  • Membuat dokumen invoice, perjanjian, sampai dengan proposal yang ada. 
  • Mendatangi pameran dagang. 
  • Meninjau dan mengevaluasi kinerja dari penjualan agar mencapai kesempurnaan yang baik. 
Baca Juga  √ Account Officer Adalah : Tugas & Skill yang Wajib Dimiliki!

Skill Sales Executive 

Dari tugas yang sudah dipaparkan, Anda perlu memiliki skill tertentu untuk mendukung produktivitas penjualan. Profesi ini sangat berpengaruh terhadap omset perusahaan. Oleh sebab itu, penting memiliki beberapa keterampilan yang dimilikinya. 

Adapun skill tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Interpersonal Skill 

Skill pertama yang perlu dimiliki oleh sales executive adalah interpersonal skill. Kemampuan ini berkaitan dengan keahlian dalam berkomunikasi dengan orang lain baik itu individu atau kelompok. 

Selain berbica dan menyampaikan pemahaman yang baik terkait dengan produk, pekerjaan ini mengharuskan Anda menjadi pendengar yang baik untuk konsumen. Biasanya, konsumen akan bertanya terkait dengan produk tersebut. 

Dengan demikian, pertanyaan tersebut harus dipahami dengan baik agar mampu menjelaskan dan sesuai dengan harapan konsumen. Tak hanya itu, Anda juga bisa memberikan solusi yang tepat jika ada kritik dan saran dari konsumen. 

Pelayanan yang maksimal karena interpersonal skill yang baik dapat mengubah persepsi calon konsumen untuk lebih percaya pada produk tersebut sampai menjadi pelanggan setia. 

Baca Juga  √ Data Entry Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya!

2. Pengetahuan Produk 

Skill berikutnya adalah pengetahuan tentang produk yang dijual perusahaan. Seorang sales executive wajib mendalami produk tersebut agar mampu menjelaskan kelebihan yang ditawarkan oleh produk. 

Ini juga penting untuk membuat Anda dengan mudah menyarankan solusi terbaik bagi calon konsumen. Solusi ini membuat pelanggan merasa puas sehingga dapat melakukan pembelian kembali. 

Apabila pelanggan bertanya tentang produk tersebut dan Anda tidak mampu menjelaskannya dengan baik, ini membuat pelanggan ragu untuk membelinya. Alhasil, target penjualan tidak bisa tercapai. 

Contohnya pada produk serum wajah. Ada serum untuk kulit berminyak dan ada serum untuk kulit kering. Kemudian, ada pelanggan yang punya masalah kulit berminyak dan sedang menanyakan pada sales tersebut produk apa yang bisa direkomendasikan. 

Nah, kemampuan tentang pengetahuan produk inilah yang diperlukan oleh sales sehingga dapat memberikan solusi terbaik sesuai kebutuhan calon konsumen. 

3. Kepemimpinan 

Berikutnya adalah kemampuan memimpin atau leadership. Kemampuan ini diperlukan untuk memimpin tim penjualan karena Anda berada di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sales biasa. 

Untuk itu, dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik untuk tim sehingga menghasilkan kemampuan yang unggul. Tanpa adanya skill kepemimpinan ini membuat Anda menjadi lebih sulit menjalankan pekerjaan ini. 

Padahal, tim penjualan sangat berkaitan erat dengan target perusahaan tiap bulannya. Target inilah yang perlu dicapai dari tim yang solid sehingga dibutuhkan pemimpin yang mampu menjaga produktifitas timnya. 

Sifat interpersonal skill juga membantu bawahan menjadi lebih termotivasi karena adanya dukungan dari Anda sebagai sales executive

Baca Juga  √ Telemarketing Adalah : Tugas, Cara Kerja dan Skill yang Dimiliki!

4. Kemampuan Berhitung 

Kemampuan berhitung menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki oleh profesi ini. Alasannya karena pekerjaan sales mengharuskan data penjualan direkap dengan baik. Selain itu, penting untuk melakukan perhitungan terkait dari banyaknya jumlah penjualan yang sudah dicapai. 

Dengan perhitungan tersebut membuat perusahaan dapat mengetahui apakah sesuai dengan target atau tidak. Dengan pengukuran yang baik membuat data tersebut lebih akurat sehingga analisa yang dilakukan menjadi lebih tepat. 

Jadi, pastikan Anda memiliki kemampuan berhitung yang bagus agar lebih mampu untuk menjalankan profesi ini dengan baik. Kemampuan lain yang perlu dimiliki adalah memiliki kepercayaan diri yang baik, ulet, terampil, dan pribadi yang sabar. 

Semua skill ini diperlukan untuk menunjang peranan Anda sebagai sales profesional. 

Gaji Sales Executive 

Lalu, berapa gaji sales eksekutif? Tugas dari pekerjaan ini adalah ujung tombak dari perusahaan. Pekerjaan ini juga memerlukan skil kepemimpinan karena harus mengelola tim penjualan dengan baik. 

Oleh sebab itulah gaji yang ditawarkan juga tergolong menarik. Estimasi gaji untuk pekerjaan ini adalah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 15 juta tiap bulannya. Gaji tersebut bisa bervariasi tergantung dari tempat Anda bekerja. 

Adapun beberapa kisaran gaji berdasarkan jenis industrinya adalah sebagai berikut: 

Jenis Industri Estimasi Gaji Per Bulan 
Industri E-Commerce Rp 13 juta – Rp 15 juta 
Industri logistik dan pergudangan Rp 9 juta – Rp 13 juta 
Industri manufaktur Rp 7,5 juta – Rp 12 juta 
Industri trading Rp 9 juta – Rp 15 juta 
Industri konstuksi Rp 10 juta – Rp 15 juta 
Industri petrokimia Rp 14 juta – Rp 23 juta 
Industri otomotif Rp 5 juta – Rp 8 juta 

Perbedaan gaji sales eksekutif juga tergantung dari pengalaman, besarnya perusahaan, dan UMR. Inilah yang perlu diperhatikan ketika Anda tertarik untuk membangun karir di bidang tersebut. 

Sales executive adalah salah satu pekerjaan yang cukup diminati jika sudah punya pengalaman di bidang sales dan ingin meningkatkan karirnya. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan ini di website pelangifortunaglobal.com.