√ Daftar Besaran Gaji Kurir JNT Terbaru & Lengkap!

gaji kurir jnt

J&T adalah salah satu jasa pengiriman barang yang terkenal di Indonesia. Eksistensi dari JNT tersebut cukup baik sehingga banyak pelanggan yang menggunakannya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas besaran gaji kurir JNT yang perlu diketahui bagi para pelamar. 

Banyaknya jasa logistik ini di berbagai daerah membuat kebutuhan lowongan kerja kurir yang banyak. Ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk ikut serta untuk melamar kerja di posisi kurir. Namun, sebelum melamar pekerjaan ini ada baiknya mengetahui gaji kurir J&T terlebih dahulu. 

Besaran Gaji Kurir JNT dan Tunjangannya 

Sebelu Anda menetapkan diri untuk melamar pekerjaan di JNT, penting memperhatikan besaran gaji untuk posisi kurir. Kisaran gaji ini cukup menarik diketahui karena J&T Express termasuk perusahaan jasa pengiriman yang memiliki banyak pelanggan. 

Bahkan, wilayah pengirimannya tidak hanya di Indonesia, tapi meluas ke berbagai negara lainnya. Contohnya seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, sampai Kamboja. 

Perusahaan ini juga terbilang besar jika dilihat dari banyaknya investor yang menanam modal disana. Dari pesatnya perkembangan jasa pengiriman ini, tugas yang berperan dalam memajukan perusahaan adalah kurir. 

Kurir JNT adalah ujung tombak dari kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, para pengusaha ini memberikan gaji yang cukup menarik untuk bekerja sebagai JNT. Namun, jika dibandingkan dengan gaji jasa pengiriman lainnya, penghasilan yang didapatkan bisa lebih kecil. 

Namun, hal menarik yang diberikan oleh JNT adalah adanya tunjangan yang diperoleh oleh kurir sehingga membantu jumlah penghasilan menjadi lebih besar. Adapun gaji kurir JNT sekitar Rp 2 jutaan. 

Baca Juga  √ UMR Adalah: Pengertian & Cara Perhitungannya (Lengkap!)

Berdasarkan sumber lainnya, ada juga yang menyebut bahwa gaji pokok yang didapatkan tiap blannya adalah Rp 2.361.436. Nilai tersebut dibilang cukup bersaing dan menarik untuk digeluti. Lalu, berapa gaji kurir J&T menurut idxchannel.com? 

Mengutip dari IDX channel, gaji kurir JNT sesuai dengan rata-rata UMR tiap daerah. Jadi, bisa berbeda-beda tergantung dari UMR tiap daerah. Bahkan, ada juga yang memperkirakan rata-rata gajinya adalah Rp 2,5 juta tiap bulan. 

Tunjangan Kurir JNT 

Informasi mengenai gaji kurir JNT di atas adalah dari review yang diberikan oleh pekerja. Nilai gaji tersebut juga tidak mewakili banyaknya UMR atau upah minimum yang ada di berbagai daerah. Jadi, ini bisa berubah-ubah tiap wilayahnya. 

Meski gaji tersebut ada yang bilang masih kurang dibandingkan jasa pengiriman lainnya, Anda masih mendapatkan insentif dan tunjangan untuk memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. Berikut beberapa bonus atau tunjangan untuk menambah gaji kurir JNT

1. Bonus Rp 1000 Tiap Satu Paket 

JNT memberlakukan kebijakan untuk mendapatkan bonus Rp 1000 di setiap paket yang berhasil dikirim. Bonus tersebut membuat penghasilan menjadi bertambah. 

Hal ini karena jika ada 70 paket berhasil dikirim, maka kurir JNT bisa memperoleh bonus seharga Rp 70.000 tiap harinya. Jadi, upah ini membuat kurir menjadi lebih mendapatkan uang banyak. 

2. Bonus Capaian Target 

Selain bonus seribu untuk setiap paketnya, kurir JNT juga memperoleh istilah bonus tambahan lain apabila mencapai target yang diberikan oleh perusahaan. Bonus capaian target ini berlaku untuk kurir sprinter atau staf drop point. 

Besaran tambahan gaji kurir JNT ini berbeda-beda setiap orang karena tergantung dari keberhasilan dan wilayah tempat kerja J&T Express. Bonus ini dibayar ketika kurir berhasil mengirimkan paket ke alamat penerima. Itulah yang disebut dengan rate delivery. 

Baca Juga  √ Payroll Adalah: Pengertian, Contoh dan Perhitungannya!

Perhitungan dari rate delivery ini didapatkan dengan menghitung total paket yang sudah berhasil diantarkan lalu membaginya dengan keseluruhan paket yang sudah dibawa. 

Untuk lebih memahaminya, berikut akan dijelaskan dari rate delivery ini untuk memudahkan Anda dalam menghitung komisi yang didapatkan dari JNT Express.  

  • Apabila rate delivery di atas 98%, maka komisi yang didapatkan tiap paketnya sebesar Rp 1.200. 
  • Apabila nilai dari rate delivery nya antara 95% – 98%, maka kurir akan mendapatkan bonus Rp 1000 tiap paket. 
  • Sedangkan yang rate deliverynya dibawah 95%, maka bonus yang didapatkan hanya Rp 500 tiap paketnya. 

Sistem Kerja Kurir J&T 

Ada hal lain yang perlu diketahui selain dari gaji kurir, Anda juga perlu memahami alur kerja kurir J&T agar tidak bingung apabila sudah diterima kerja. Berikut adalah sistem kerja yang perlu dipahami berkaitan dengan kurir J&T. 

  • JNT menerima barang full day artinya dari hari Senin sampai dengan Minggu. 
  • Pengiriman barang yang dilakukan juga diantar dari hari Senin sampai Minggu. 
  • Pelayanan dari JNT dibuat selama 12 jam yaitu mulai dari 8 pagi sampai 8 malam. 
  • Pengantaran barang atau jam operasional dari pukul 8 pagi sampai 8 malam. 
  • JNT puna kantor cabang, agen, sampai dengan drop point di waktu buka yang sama (08.00 – 20.00 WIB). 
  • Kurir ekspedisi menggunakan truk untuk mengantar paket karena jumlahnya yang besar. Paket ini nantinya akan dikirim di berbagai wilayah kota atau antar provinsi dengan menggunakan rute yang biasa dilalui. 
  • Sedangkan untuk kurir sprinter, diwajibkan untuk menyeleksi paket terlebih dahulu sebelum paket itu dikirim ke alamat tujuan atau penerima. 

Jenis Posisi Kurir di J&T Express 

Apabila Anda tertarik untuk melamar menjadi kurir di JNT, ketahui juga jenis dari kurir J&T. Umumnya, lowongan kurir ini terbuka menjadi dua posisi yaitu kurir ekspedisi dan kurir sprinter. Berikut adalah perbedaannya: 

Baca Juga  √ Gaji Sales Marketing dan Komisinya Lengkap!

1. Kurir Ekspedisi

Kurir ekspedisi adalah kurir yang mengantarkan kiriman barang dari satu drop point ke drop point lain. Dengan demikian, kurir jenis ini tidak langsung mengirim barang ke alamat penerima, tetapi untuk mengirim ke wilayah drop point sesuai alamat tujuan. 

Nantinya, dari drop point tersebut baru diantar oleh kurir lainnya. Dalam hal ini, J&T sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan penyedia transportasi sehingga lebih cepat mengantarkan barang ke pelanggan. 

Tanggung jawab kurir ekspedisi juga lebih besar karena wajib mengantarkan barang menggunakan truk. Pasalnya, pengiriman ini dilakukan dengan jumlah barang yang banyak sekaligus ke drop point yang dituju. 

2. Kurir Sprinter 

Sedangkan yang dimaksud kurir sprinter adalah orang yang mengantarkan kiriman barang dari kantor ke alamat tujuan. Bisa juga dari drop point ini ke lokasi penerima. Oleh sebab itu, pengantaran tersebut tidak harus menggunakan truk. 

Kurir Sprinter bisa menggunakan sepeda motor yang memuat beberapa barang saja. Adapun jam kerjanya dimulai dari pukul 8 pagi sampai 8 malam. Dalam hal ini, semakin banyak paket yang berhasil dikirim ke penerima, maka semakin banyak tarif dan tunjangan yang diperoleh. 

Oleh sebab itu, kurir harus meningkatkan produktivitasnya jika ingin mendapatkan penghasilan dan bonus yang optimal. 

Sebagai tambahan, kisaran informasi dari gaji kurir JNT ini bisa saja berbeda karena tergantung dengan UMR setempat. Namun, nilai tersebut masih tetap diperhitungkan sebagai gambaran umum sebelum melamar kerja. Ketahui juga informasi lowongan kurir JNT dengan mengunjungi website pelangifortunaglobal.com