√ Daftar Besaran Gaji Kurir Shopee Express Terbaru & Lengkap!

gaji kurir shopee express

Kurir adalah salah satu lowongan yang banyak dibutuhkan sehingga ini bisa menjadi kesempatan yang bisa dicoba. Salah satu kurir yang dibutuhkan yaitu untuk jasa pengantaran seperti Shopee Express. Berapa gaji kurir Shopee? Simak penjelasannya berikut ini. 

Shopee sendiri termasuk marketplace yang terkenal dan terbesar di Indonesia. Hal ini karena banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja secara online. Dalam pengantaran, Anda bisa menggunakan jasa dari Shopee Express yang dibawa oleh kurir. 

Gaji Kurir Shopee Express 

Kurir adalah pekerjaan yang mengantarkan barang atau produk ke alamat penerima atau pembeli. Bagi Anda yang tertarik untuk melamar di posisi ini, maka penting mengetahui gaji kurir Shopee

Berdasarkan Direktur eksekutifnya, pekerjaan kurir Shopee ini punya insentif yang kompetitif dibandingkan dengan rata-rata jasa pengantaran atau logistik lain. Hal ini menandakan bahwa penghasilan yang akan didapatkan terbilang bagus. 

Namun, penting untuk mengetahui gaji kurir Shopee untuk mempertimbangkannya dalam melamar kerja. Diketahui, gaji kurir di tempat ini tidak tetap.

Hal ini karena penghasilan yang didapatkannya tergantung dari kemampuan dan banyaknya kurir tersebut dalam mengirim paket. 

Dengan demikian, dapat dikatakan semakin banyak pekerjaan atau pengiriman paket yang dilakukan, maka semakin banyak pula gaji yang didapatkannya. Gajinya ini nantinya akan dihitung dari banyaknya paket tiap hari yang kurir tersebut kirimkan.

Gaji atau insentif kurir ini bisa dihasilkan setelah mengirim 80 paket setiap hari. Untuk harga tiap paketnya rata-rata sekitar Rp 2.213 tiap paketnya. 

Baca Juga  √ Daftar Gaji Alfamart Semua Jabatan Lengkap!

Skema Perhitungan Gaji Kurir Shopee 

Jika setiap paketnya dihargai sekitar Rp. 2.313 maka Anda bisa melakukan kalkulasi untuk setiap pengantaran yang dilakukan. Seperti yang diketahui, setiap hari paket yang diantar minimal umumnya adalah 80 paket jadi, perhitungan gaji yang didapatkan tiap harinya adalah: 

80 x 2.213 = Rp 177.040 tiap harinya. 

Nilai tersebut ternyata cukup menggiurkan terutama jika kurir melakukannya secara konsisten. Jika dilakukan tetap, maka dalam waktu satu bulan maka gaji yang didapatkan dari Shopee Express adalah sebagai berikut: 

Rp 177.040 x 24 hari = Rp 2.808.960 tiap bulannya. 

Jadi, berapa gaji kurir Shopee Express setiap bulannya jika hari kerja sebanyak 24 hari? Kurir akan mendapatkan gaji sekitar Rp 2,8 juta. Nilai tersebut ternyata cukup menggiurkan. 

Skema gaji tersebut hanya sebatas perhitungan secara umum. Hal ini karena biaya gaji yang diberikan oleh Shopee bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan dan peraturan dari daerah cabang Shopee Express tersebut. 

Gaji kurir ini juga bergantung pada tingkat harga dari pemakaian Shopee. Tujuannya agar bisa mendapatkan titik terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan kurir yang ada. 

Nilai Gaji Kurir Mengalami Penurunan 

Diketahui dalam tahun ini, nominal tarif tiap paketnya mengalami penurunan sebanyak 4 kali. Awalnya, tarif setiap paket yang ditentukan ketika menjadi kurir adalah Rp 5000. Selanjutnya, terjadi penurunan tarif menjadi Rp 3.500 tiap paketnya. 

Selanjutnya, penurunan terus terjadi sampai ke angka Rp 2.200 tiap paket dilanjutkan dengan perubahan sistem insentif yang menjadi jaminan penghasilan. Di Jakarta sendiri, nilai dari gaji kurir terbilang rendah yaitu Rp 1800 tiap paketnya. 

Jaminan pendapatan untuk paket juga berubah. Dari yang awalnya 30 paket tiap hari mendapatkan Rp 115.000 dan paket berikutnya menjadi Rp 2.200 tiap paketnya. Saat ini, berubah menjadi jaminan paket 40 paket tiap hari untuk mendapatkan uang Rp 115.000. 

Baca Juga  √ UMR Adalah: Pengertian & Cara Perhitungannya (Lengkap!)

Selanjutnya, untuk paket ke 41 harganya menjadi Rp 1.800 tiap paketnya. 

Sistem Kerja Kurir Shopee 

Selain mengetahui gaji kurir Shopee, pastikan juga untuk memahami alur kerjanya agar dapat memastikan apakah posisi ini memang layak dilamar. Selain itu, kepastian dalam cara kerja kurir ini membuat Anda lebih mudah untuk menjalankan tugas sebagai kurir nantinya. 

Adapun sistem kerja kurir Shopee Express adalah sebagai berikut: 

  • Kurir datang ke kantor Shopee Express untuk melakukan absensi. 
  • Mengambil dokumen pengiriman paket. 
  • Mengambil paket dari gudang untuk diletakkan dan disusun ke kendaraan pribadi. 
  • Mengirim paket ke lokasi yang dituju. 
  • Barang yang sudah diambil oleh kurir sebelum batas waktu 13.00 WIB nantinya akan dikirim di hari itu juga. 
  • Selanjutnya, apabila kurir mengambil barang setelah pukul 13.00 WIB, maka pengiriman barang bisa dikirim untuk besoknya. 
  • Layanan dari Shopee Express bisa mendukung ke berbagai wilayah yaitu sampai 23 provinsi di seluruh Indonesia. Tak heran jika jasa pengiriman ini banyak membutuhkan kurir untuk mengantarkan barang. Anda juga berkesempatan menjadi salah satunya jika melamar kerja. 
  • Khusus untuk ekspedisi Sameday Shopee Express hanya ada di 3 provinsi saja, yaitu Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 

Kurir Shopee juga perlu mengetahui bahwa ada batasan berat pengiriman untuk pengantaran yaitu tidak boleh lebih dari 50 kg. Kebijakan ini berlaku untuk keselamatan dari kurir itu sendiri. 

Cara dan Syarat Menjadi Kurir Shopee Express 

Bagi pelamar yang tertarik untuk menjadi kurir Shopee, perlu memahami bagaimana cara daftarnya. Anda bisa mendaftar melalui online dengan mengirim surat lamaran. Sebelum itu, perhatikan juga syarat untuk menjadi kurir Shopee. 

Dengan memperhatikan syarat ini, Anda bisa mempersiapkan lamaran lebih baik dan kesempatan diterima juga semakin besar. 

Baca Juga  √ Gaji Sales Marketing dan Komisinya Lengkap!

1. Cara Daftar Kurir Shopee 

Untuk mendaftar kurir Shopee, langkah pertama yang dilakukan adalah mencari informasi lamaran kerja. 

Informasi tersebut bisa didapatkan dari website Shopee langsung atau melalui website pelangifortunaglobal.com yang merupakan wadah bagi pelamar kerja menemukan pekerjaan yang cocok untuk mereka. 

Setelah menemukan pekerjaan yang cocok, silahkan untuk membuat surat lamaran beserta dengan dokumen yang menjadi persyaratan. Anda bisa mengirimkannya melalui email yang dicantumkan dalam informasi lowongan kerja tersebut. 

Anda hanya perlu menunggu sampai ada panggilan interview. Pastikan juga Hp aktif  supaya HRD dapat menghubungi Anda dengan mudah. 

2. Syarat Jadi Kurir Shopee Express 

Untuk mendapatkan kesempatan melamar di posisi kurir, penting untuk mengetahui syarat umumnya yaitu sebagai berikut: 

  • Laki-laki. 
  • Minimal usia 18 tahun dan maks 35 tahun. 
  • Pendidikan terakhir SMA. 
  • Punya kendaraan. 
  • Punya SIM. 
  • Punya HP.
  • Punya keterampilan komunikasi yang baik. 
  • Mengetahui berbagai rute di daerah tersebut. 
  • Sehat jasmani dan rohani.

Jam Kerja Kurir Shopee Express 

Selain mempertimbangkan gaji kurir Shopee, Anda juga harus mengetahui jam kerjanya sebagai bahan pertimbangan. Kurir Shopee Express punya jam kerja sampai 6 hari seminggu. 

Sistem kerjanya adalah shift atau bergantian dengan partner kurir lainnya. Setiap hari, jam kerja shift ini bekerja antara 7-8 jam. Adapun untuk jam buka Shopee Express mulai dari pukul 08.00-20.00 WIB. 

Jam operasional tersebut bisa berlaku untuk semua jenis jasa pengantaran baik itu Express Standard, Sameday, atau Shopee Express. Gaji kurir Shopee bergantung dari banyaknya paket yang dikirimkan tiap harinya. Tarifnya bisa berbeda-beda tiap daerahnya. Apabila tertarik untuk melamar, silahkan untuk mencari informasi terbaru dan terupdate dari lowongan tersebut.