√ Frontliner Adalah : Tugas dan Tanggung Jawabnya (Lengkap!)

frontliner adalah

Seseorang yang bertugas di bagian terdepan dan menjadi wajah dari suatu perusahaan disebut sebagai frontliner. Meski pekerjaan ini terkesan ringan, padahal ada tanggung jawab besar dibaliknya yang tak jarang orang menyepelekannya.

Sebelum mendaftarkan diri di profesi ini, ada baiknya memahami betul dasar-dasar dan cara kerja dari profesi ini. Terkadang, orang menyamakan profesi ini dengan customer service atau teller. Namun, benarkah itu? Daripada bingung, langsung saja lompat ke pembahasan berikut ini!

Pengertian Frontliner

Frontliner adalah profesi yang dipayungi oleh departemen customer service. Dengan kata lain, pekerjanya bertugas dalam membangun hubungan serta menghadirkan lingkungan yang nyaman dan positif bagi klien.

Sebagai wajah yang pertama kali klien lihat, mereka adalah orang-orang yang berinteraksi langsung dengan para klien. Perannya sangat penting bagi keberlangsungan serta citra perusahaan. Saking pentingnya, pekerja ini dituntut harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ketat.

Salah satunya kemampuan membangun pembicaraan dengan klien. Pekerja ini sangat mudah ditemukan di bank sampai toko swalayan. 

Akan tetapi, mereka yang masuk ke dalam profesi ini dibagi lagi menjadi beberapa sektor industri, seperti layanan sosial, jasa pengiriman, kesehatan, publik, pendidikan, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Tugas Frontliner

Tak ada yang menganggap bahwa pekerjaan ini mudah dilakukan. Terlebih, hampir setiap hari mereka berbicara dengan klien dan mencoba memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut. Terlepas dari hal itu, berikut adalah sejumlah tugas utama dari pekerjaan ini:

  • Memastikan segala peralatan yang dibutuhkan operasional berfungsi dengan baik, termasuk komputer, alat hitung.
  • Selalu tersenyum dan bersikap sopan santun dalam menyambut klien.
  • Memberi salam dan terima kasih kepada klien usai urusannya selesai.
  • Melakukan perhitungan atas uang klien secara akurat setelah terjadi tarik tunai atau deposit kepada teller bank.
  • Memastikan penampilan menarik dan rapi selama bekerja, seperti mengenakan pakaian yang sopan dan sesuai, memakai tanda pengenal dan menata rambut.
  • Melakukan pembayaran secara non tunai atau tunai apabila klien mengadakan transaksi.
  • Bertanggung jawab atas arus kas yang masuk dan keluar alias jumlahnya harus tepat.
Baca Juga  √ Account Officer Adalah : Tugas & Skill yang Wajib Dimiliki!

Tanggung Jawab Frontliner

Layaknya profesi lainnya, pekerja di bidang ini juga mengemban sejumlah tanggung jawab yang wajib ditegakkan, yaitu: 

1. Senantiasa Berpenampilan Menarik

Menarik yang dimaksud di sini bukan soal penampilan fisik, melainkan penampilan seperti tata cara berpakaian dan membawa diri. Seseorang yang bekerja di posisi terdepan perlu mengenakan pakaian yang rapi, harum dan sopan.

Pasang senyum apabila berinteraksi dengan klien. Tak usah ragu mengucapkan salam dan terima kasih usai menyelesaikan pekerjaan kepada klien. 

Sekalipun klien berperilaku tidak baik, tetaplah menjaga profesionalitas diri dan mengatasi persoalan dengan pikiran jernih.

2. Menjamin Kepuasan dan Kenyamanan Klien

Sudah menjadi tanggung jawab frontliner ketika berurusan dengan klein. Semaksimal mungkin harus bisa memuaskan kebutuhan klien. Karena klien yang puas akan meningkatkan serta menjaga reputasi perusahaan.

Salah satu cara menjamin kepuasan klien yaitu dengan memprioritaskan kebutuhan mereka dan menyelesaikannya sesegera mungkin.

3. Mewakili Citra atau Image Perusahaan

Sebagai sampul dari suatu perusahaan, tentu klien akan menilai berdasarkan sampul tersebut. Jika sampulnya buruk, klien akan menilai pelayanan perusahaan tersebut tidak baik, tak peduli dengan hal lainnya.

Oleh karenanya, pekerja di sektor ini dituntut untuk selalu ramah dan bersikap positif kepada klien yang ditanganinya.

Jenis-jenis Frontliner

Kebanyakan orang berpikir bahwa profesi ini hanyalah teller bank. Padahal, profesi ini dibagi menjadi beberapa jenis. Simak penjelasan berikut untuk mencari tahu:

Baca Juga  √ Manajemen Karir Adalah : Pengertian, Manfaat dan Contohnya!

1. Penjaga Kasir

Petugas ini berperan sebagai garda terdepan pada suatu toko. Seringkali posisi mereka dekat dengan pintu masuk. Mereka bertugas dalam memproses barang belanjaan klien, lalu membantu klien melakukan pembayaran dengan metode yang disediakan, seperti uang tunai, kartu debit atau kredit.

Ketika toko tutup, penjaga kasir harus melakukan perhitungan terhadap penjualan yang terjadi pada hari itu. Mereka juga dibebankan untuk menjaga kebersihan toko saat tidak ada klien yang datang.

2. Resepsionis

Memiliki nama lain yaitu front desk agent, profesi ini dapat ditemukan pada fasilitas penginapan, seperti hotel, vila, losmen, dan resort. Mereka adalah orang pertama yang ditemui oleh calon penginap.

Tugas resepsionis yaitu mengurus check in dan check out, mengatur dan mengganti reservasi, hingga mengatasi masalah penginapan klien.

Tergantung dari berapa bintang penginapan tersebut, biasanya resepsionis pada penginapan bintang 1 atau 2 juga bertugas mengangkut barang bawaan klien ke kamar.

3. Customer Service

Jenis frontliner selanjutnya adalah customer service atau layanan pelanggan. Mereka adalah orang yang menangani komplain atau masukan dari klien. 

Bentuknya ada yang offline dan online. Untuk tipe online, mereka bekerja melalui panggilan telepon. Mereka akan siap sedia memberikan jalan keluar dari masalah yang dialami oleh klien terkait jasa atau produk perusahaan terkait.

4. Teller Bank

Teller bank adalah petugas yang bekerja dalam mengurus transaksi perbankan nasabah, seperti deposit, transfer, dan masih banyak lagi. Sekiranya ada nasabah yang membutuhkan solusi, teller bank harus bisa mengatasinya dengan baik. 

Keterampilan dan Sikap yang Dimiliki Frontliner

Untuk bisa sukses dalam bekerja sebagai garda terdepan dari perusahaan atau toko, ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  √ Operator Produksi Adalah : Tugas dan Tanggung Jawab (Lengkap!)

1. Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

Bekerja di bidang profesi ini tidaklah mudah. Pastinya ada satu atau dua tekanan yang membuat situasi bekerja menjadi tidak nyaman, misalnya klien galak. Namun itu adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk mengakali sekiranya terjadi lagi situasi tersebut.

2. Kemampuan Berpikir Kritis

Mengingat hampir setiap hari berhubungan dengan masalah-masalah baru, seorang garda terdepan harus cepat dan tanggap. Mereka perlu menelaah masalah klien, lalu menghadirkan solusi yang sesuai.

3. Computer Literacy

Seorang pelamar garda terdepan haruslah melek teknologi. Pekerjaan mereka akan melibatkan beberapa operasi komputer sederhana. Komputer juga memudahkan proses administrasi atau informasi tertentu ketika dibutuhkan.

4. Empati

Mempunyai empati adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa orang tersebut mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi. Dengan empati yang memungkinkan merasakan apa yang dihadapi klien, seorang garda terdepan pun semakin nyaman.

5. Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan yang wajib dikuasai. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dinamakan sebagai komunikatif. Keterampilan komunikasi juga akan memudahkan pelamar dalam mencari informasi atau solusi suatu masalah ke depannya.

Syarat Menjadi Frontliner

Setelah mengetahui dasar-dasar dari profesi ini, yang perlu diketahui selanjutnya adalah syarat-syarat menjadi garda terdepan. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.
  • Memiliki komitmen yang kuat untuk sukses.
  • Tidak kaku dan mudah terhubung dengan klien.
  • Cekatan dan selalu positif selama bekerja.
  • Tinggi badan dan tubuh badan proporsional.
  • Tidak berkata-kata kasar.
  • Tidak mudah terpancing dengan amarah.
  • Mampu bersikap ramah dan sopan kepada klien.
  • Bisa membangun percakapan dengan klien baru.

Sudah selesai menyimak pembahasan di atas? Pertanyaannya sekarang, apakah sudah siap menjadi frontliner? Untuk memudahkan menemukan pekerjaan yang sesuai. Berikut dihadirkan platform yang menghubungkan kantor dengan kandidat. Temukan selengkapnya di pelangifortunaglobal.com.