networking adalah

√ Networking Adalah : Manfaat dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

Salah satu aspek yang sangat penting dan memiliki banyak manfaat di dalam dunia kerja adalah networking. Secara singkat, networking adalah jaringan hubungan atau relasi dengan orang lain yang bisa saling menguntungkan dalam dunia kerja.

Apa pentingnya networking dalam dunia kerja? Apa saja manfaat memiliki networking yang luas? Jawaban dan penjelasan lebih lanjut tentang networking akan dibahas melalui artikel yang satu ini. Simak artikel ini hingga akhir untuk mendapat informasi lebih lengkap ya!

Kenapa Networking Sangat Penting dalam Dunia Kerja?

Relasi atau hubungan dengan orang lain di dalam dunia kerja sangat mempengaruhi pencapaian seseorang. Ya, karena di dalam dunia kerja seseorang tidak mungkin bekerja sendiri, melainkan harus bekerja sama dengan orang lain.

Networking harus dibangun dengan atasan, rekan kerja, maupun bawahan. Ketika networking dapat dibangun dengan baik, seseorang akan lebih mudah berdiskusi bersama atau melakukan berbagai inovasi untuk perusahaan tempatnya bekerja.

Kemampuan membangun networking yang baik juga akan sangat bermanfaat dalam jenjang karier seseorang. Oleh karena itu, networking adalah salah satu cara atau strategi social skill yang dapat dilakukan seseorang untuk memperoleh peluang kerja lebih baik dalam jenjang karir dunia kerja.

5+ Manfaat Networking dalam Dunia Kerja

Pentingnya networking di dalam dunia kerja tentu saja berkaitan dengan manfaat yang dapat diperoleh ketika seseorang membangun networking dengan baik. Apa saja manfaat networking dalam dunia kerja?

Baca Juga  √ Surat Resign : Pengertian, Contoh dan Cara Membuatnya (100% Approve)

1. Berdiskusi dan Bertukar Ide

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika memiliki networking atau relasi adalah bisa digunakan sebagai tempat untuk berdiskusi dan bertukar pemikiran atau ide.Ya, pekerjaan selalu menuntut seseorang untuk berpikir inovatif dan kreatif.

Banyak ide bisa didapatkan setelah berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang lain. Semakin banyak relasi yang dibangun, maka semakin banyak juga orang dengan sudut pandang berbeda-beda yang bisa diajak diskusi.

Berdiskusi dengan orang lain juga bisa membuka pandangan lebih luas dan juga melihat suatu ide dari berbagai sudut pandang.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat kedua yang bisa didapatkan yaitu meningkatkan rasa percaya diri pada diri seseorang. Networking bisa berperan untuk mendapatkan pengakuan atas kemampuan diri. Selain itu, seseorang bisa mendapat dukungan dalam networking.

Pengakuan dan dukungan ini bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Hal ini tentunya sangat baik untuk kondisi psikis seseorang.

3. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi dan Bersosialisasi

Membangun dan menjaga networking dapat dilakukan jika seseorang memiliki kemampuan berkomunikasi serta bersosialisasi dengan baik. Nah, networking juga bisa bermanfaat untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi pada diri seseorang.

Semakin luas networking yang dibangun, maka semakin banyak orang dengan karakter berbeda-beda yang harus dihadapi. Di sinilah networking juga bermanfaat untuk melatih kemampuan dan sosialisasi dengan banyak orang dengan berbagai posisi atau jabatan berbeda.

Tentunya berkomunikasi dan bersosialisasi dengan atasan berbeda ketika menghadapi rekan kerja atau bawahan.

4. Saling Menolong

Networking yang luas tentu saja akan bermanfaat untuk membantu seseorang ketika menghadapi suatu permasalahan. Begitu pula sebaliknya, dalam networking seseorang juga bisa mendapat pertolongan untuk membantu permasalahan yang sedang dihadapi.

Saling tolong menolong juga bisa dilakukan dengan memberikan rekomendasi positif terhadap rekan kerja yang sedang akan memulai kariernya di tempat baru.

Baca Juga  √ 7+ Alasan Izin Tidak Masuk Kerja yang Masuk Akal (100% Berhasil!)

5. Membangun Personal Branding

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari networking adalah bermanfaat untuk membangun dan memperkuat personal branding. Personal branding seseorang akan semakin kuat jika ia memiliki relasi dengan orang-orang penting dalam dunia pekerjaan.

6. Dukungan Referral 

Networking juga bisa bermanfaat untuk mendapatkan dukungan referral atau rekomendasi. Referral ini berupa penilaian positif dari pihak dengan jabatan lebih tinggi. Ketika mendapat dukungan referral yang baik, maka besar kemungkinan karir seseorang bisa semakin berkembang.

Referral atau rekomendasi bisa diberikan secara lisan maupun tertulis kepada pihak yang dituju. Orang yang mendapat rekomendasi ini akan memperoleh perhatian khusus dan menjadi prioritas.

7. Promosi Jabatan

Promosi jabatan juga merupakan salah satu manfaat dari networking. Seseorang yang membangun networking yang baik dengan atasan maka bisa mendapat kepercayaan lebih atas pekerjaan. Besar kemungkinan karir orang tersebut akan semakin meningkat.

8. Kolaborasi

Networking yang dibangun dengan pihak dari perusahaan lainnya juga akan sangat bermanfaat. Hal ini bisa dijadikan sebagai peluang kolaborasi dan kerja sama. Kolaborasi yang dibangun dengan baik tentunya akan bermanfaat untuk masing-masing pihak.

Tips Membangun Networking

Networking adalah salah satu social skill yang harus dibangun demi perkembangan karier. Bagaimana cara membangun networking? Jika masih bingung, maka sebaiknya cari tahu dulu tips untuk membangun networking berikut ini ya!

1. Membangun Kesan Baik

Tips yang pertama untuk membangun networking adalah membangun kesan pertama yang baik ketika bertemu dengan orang baru. Kesan yang baik dan positif dapat membantu dalam menciptakan kesan pertama yang menarik dan berkesan. Orang lain pun akhirnya tertarik untuk berkenalan dan menjalin relasi.

2. Aktif Bergaul dan Bersosialisasi

Tips yang kedua adalah aktif melakukan berbagai kegiatan. Ketika banyak melakukan kegiatan positif tentu saja seseorang akan bergaul dan bersosialisasi dengan banyak orang.

Baca Juga  10 Contoh Alasan Resign Paling Masuk Akal dan Cara Mengungkapkannya

Di sinilah kesempatan atau peluang besar untuk membangun networking yang lebih luas dengan banyak orang. Selain menciptakan networking baru, aktif bergaul dan bersosialisasi juga bisa membantu memperkuat networking yang sudah dibangun sebelumnya.

3. Bersedia Menerima Kritik dan Saran

Bersedia menerima kritik dan saran juga menjadi salah satu tips penting yang harus diikuti ketika ingin membangun networking yang baik dalam dunia pekerjaan. Selain menerima kritik dan saran, tentunya jangan lupa juga untuk memberikan saran yang membangun kepada orang lain.

Pastikan juga untuk saling berdiskusi dan bertukar pemikiran serta sudut pandang agar networking yang dibangun bisa memberikan manfaat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari termasuk dalam membangun networking. Banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan dengan baik, misalnya Linkedin sebagai media sosial professional di dunia kerja.

Di dalam sosial media ini, seseorang bisa menemukan orang lain dengan profesi yang sama dan akhirnya membangun relasi dengan orang tersebut. Media sosial lainnya juga bisa dimanfaatkan dalam membangun relasi.

Misalnya, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Ingat ya, di dalam networking yang baik yang dibahas bukan hanya masalah pekerjaan, tetapi juga membicarakan berbagai hal lain yang menyenangkan. Ini juga bisa menjadi salah satu tips agar networking yang dibangun bisa bertahan lebih lama.

Networking adalah jaringan hubungan atau relasi dengan orang lain yang bisa memberikan banyak manfaat, termasuk manfaat dalam dunia pekerjaan. Networking perlu dibangun dengan atasan, rekan kerja, bawahan, maupun pihak lainnya.

Networking juga memiliki manfaat untuk membantu seseorang mendapatkan pekerjaan. Selain memanfaatkan networking, bagi pelamar kerja juga bisa mengakses pelangifortunaglobal.com untuk mendapat bantuan dan tips seputar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

Related Posts