√ 5 Contoh Motivation Letter & Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

contoh motivation letter

Contoh motivation letter menjadi bahan referensi untuk bisa membuat dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa hingga melamar kerja. Saat motivation letter sudah menjadi salah satu syaratnya. Surat ini berbeda dengan cover letter dari segi isi dan juga tujuannya.

Motivation letter berisi gambaran abstrak dan tidak mencakup hal teknis seperti cover letter. Tidak ada panduan detail tentang bagaimana motivation letter harus dibuat. Namun perlu memahami strukturnya agar tidak bingung untuk mulai membuatnya.

Pengertian Motivation Letter

Motivation letter merupakan surat yang berisi tentang penjelasan mengapa seseorang merasa dirinya cocok dan merupakan kandidat terbaik untuk sebuah program atau posisi yang sedang dilamar. Umumnya, surat ini ditulis dengan singkat dan tidak lebih dari satu lembar.

Surat ini biasanya menjadi syarat untuk beberapa kebutuhan dan dijadikan sebagai lampiran dalam resume atau CV saat melamar kerja atau berkas persyaratan lainnya.

Berbeda dengan cover letter, isi dari motivation letter tidak berfokus terhadap keahlian atau pengalaman kerja, melainkan kepada minat, kelebihan, prestasi, kepribadian, serta motivasi seseorang saat mendaftar.

Untuk itu, umumnya motivation letter lebih cocok untuk kandidat yang mendaftar program beasiswa, magang, maupun organisasi. Kebanyakan orang mungkin masih bingung harus membuat motivation letter yang seperti apa dan darimana pembahasan harus dimulai.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Wajib Dikuasai Pencari kerja

Jangan khawatir karena terdapat banyak sekali contoh motivation letter yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Tujuan Pembuatan Motivation Letter

Motivation letter merupakan surat dalam bentuk essay yang bertujuan untuk dapat memberi keyakinan pada lembaga tertentu bahwa penulis merupakan kandidat yang layak untuk diterima. Motivation letter menjadi salah satu langkah awal dari sebuah penilaian.

Dengan membaca surat ini, secara tidak langsung recruiter bisa memahami kepribadian, pola pikir, serta keterampilan yang dimiliki oleh penulis. Meskipun terasa singkat, namun melalui surat ini recruiter bisa mengenal personal penulis secara lebih dalam.

Fungsi motivation letter adalah menjabarkan informasi terkait latar belakang pendidikan, motivasi, keterampilan, hingga cita-cita atau target pencapaian yang ingin diraih. Dalam hal ini, motivation letter harus dibuat secara jujur sesuai dengan diri penulis.

Struktur penulisan motivation letter cukup sederhana yaitu terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Gunakan bahasa yang lugas, singkat, padat, dan jelas agar menarik untuk dibaca dan mudah dipahami.

Perbedaan Cover Letter dengan Motivation Letter

Kedua jenis surat ini terkadang membuat kebanyakan orang menjadi bingung. Meskipun sering dianggap mirip, namun sebenarnya kedua surat ini memiliki tujuan dan isi yang berbeda. Untuk lebih memahaminya dengan baik, simak perbedaannya melalui tabel berikut.

Cover LetterMotivation Letter
Berisi tentang keahlian dan pengalaman kerja yang dimiliki kandidat sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Secara tidak langsung, surat ini dapat mendeskripsikan diri secara umum.Umumnya menjadi salah satu syarat yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan.Cocok sekali bagi pelamar kerja yang telah memiliki pengalaman.Berisi tentang alasan mengapa seorang kandidat melamar atau mendaftarkan diri. Selain itu, surat ini juga bisa menerangkan minat yang dimiliki oleh seseorang.Umumnya menjadi salah satu syarat untuk dapat mendaftar program beasiswa, organisasi, dan lainnya.Cocok untuk para pelamar kerja yang belum mempunyai pengalaman sebelumnya atau fresh graduate.

Fungsi Motivation Letter

Contoh motivation letter umumnya digunakan sebagai bahan acuan untuk dapat membuatnya dengan baik. Surat ini bisa menjadi salah satu kesempatan bagi seseorang untuk dapat menuliskan motivasi dan pengalaman secara lebih personal.

Baca Juga  √ 7 Perbedaan Resume dan CV yang Wajib Calon Karyawan Ketahui!

Secara sederhana, melalui surat ini seseorang bisa mempromosikan diri ke kampus, institut, perusahaan, dan lembaga lainnya yang dituju. Setiap tujuan akan membuat isi dari motivation letter menjadi berbeda.

Bukan hanya dijadikan sebagai formalitas saja, namun beberapa tempat membutuhkan surat ini untuk menjadi syarat pendaftaran. Melalui surat ini, recruiter bisa menilai bagaimana keseriusan dan komitmen dari orang tersebut.

Selain itu, struktur, cara penulisan, dan kualitas motivation letter dapat merefleksikan karakter serta kemampuan seseorang. Surat ini bisa mempengaruhi keputusan recruiter. Untuk itu, surat ini perlu ditulis dengan jujur dan baik.

Panduan Membuat Motivation Letter

Motivation merupakan surat yang sifatnya personal dan bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk beberapa orang. Struktur surat ini terdiri dari beberapa bagian. Untuk dapat membuatnya dengan baik, maka perhatikanlah bagian dan cara membuat motivation letter sebagai berikut:

1. Pembuka

Bagian ini menjadi pembuka awal yang mampu menarik perhatian pembaca. Untuk itu pembukaan harus ditulis dengan jelas dan singkat. Awali tulisan dengan tujuan menulis motivation letter dan sebutkan program atau posisi yang hendak dilamar secara jelas.

Baca Juga  √ Skill Adalah: Contoh, Macam dan Bedanya dengan Kompetensi!

Kemudian bisa dilanjutkan dengan perkenalan diri, latar belakang, serta kegiatan yang dilakukan saat ini. Selain itu, penulis juga bisa menjelaskan tentang isu pada bidang terkait yang mampu mendorong dan memberikan motivasi untuk menggeluti suatu bidang tertentu.

Jabarkan juga secara singkat apa alasan melamar untuk program tersebut. Usahakan untuk membuat bagian pembukaan sekitar 1 paragraf saja.

2. Isi

Bagian ini merupakan hal yang terpenting karena semua informasi yang perlu diketahui oleh pembaca harus dijabarkan secara jelas dan mendetail. Penjabaran bisa dimulai dari apa tujuan, motivasi, keahlian, hingga rencana masa depan yang dimiliki.

Isi dari surat ini harus berfokus dan berkaitan dengan bidang program yang dilamar. Selain itu, berfokuslah pada prestasi yang pernah dicapai, keterampilan, serta kelebihan yang dimiliki.

Hal tersebut bisa didukung dengan melampirkan sertifikat secara terpisah. Informasikan motivasi yang dimiliki dan berikan contoh untuk bisa membuktikan hal tersebut. Pastikan untuk menggunakan kalimat yang padat, lugas dan umumnya tidak lebih dari 3 paragraf.

3. Penutup

Bagian akhir ini berisi tentang kesimpulan serta harapan terkait program yang dilamar. Berikan penjabaran yang singkat dan jelas. Sebutkan juga alasan mengapa penulis adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Informasikan juga hal yang mungkin bisa diberikan untuk program terkait dan apa harapan penulis terkait pengalaman yang bisa didapatkan jika mengikuti program tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi terkait data diri seperti email atau nomor telepon.

Contoh Motivation Letter

Memahami cara dan struktur pembuatan saja rasanya kurang cukup jika tidak melihat langsung melalui contoh motivation letter yang baik dan benar. Dengan menyimak contoh, maka gambaran yang dimiliki bisa semakin jelas.

Apabila motivation letter dibuat dengan tulus dan jujur, maka hal tersebut bisa membantu seseorang untuk bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Simak beberapa contohnya sebagai berikut:

1. Motivation Letter untuk Magang

2. Motivation Letter untuk Beasiswa

3. Motivation Letter untuk Organisasi

4. Motivation Letter Seleksi

5. Motivation Letter untuk Melamar Kerja

Dengan menyimak contoh motivation letter, siapapun jadi bisa memiliki masukan untuk bisa membuatnya dengan baik. Pelangifortunaglobal.com merupakan pilihan tepat bagi pelamar kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuannya.