Management Trainee : Pengertian dan Tugasnya (Lengkap!)

management trainee

Kesempatan untuk memiliki karier bagus di perusahaan terbuka lebar untuk karyawan baru, bahkan fresh graduate melalui program management trainee (MT). Program MT ini disebut juga dengan program karier yang memberikan banyak pelatihan dan pengetahun seputar unit bisnis perusahaan. 

Pengertian Management Trainee

Apakah pernah mendengar istilah “Graduate Program” atau “Management Associate Program”? Kedua istilah tersebut merupakan penyebutan lain dari MT karena perusahaan terkadang memiliki cara berbeda untuk menyebut program karier ini. 

Definisi management trainee adalah program pelatihan yang diadakan oleh perusahaan untuk karyawan baru agar mengasah kemampuan dan mendapatkan wawasan tentang profil serta bisnis perusahaan tersebut. 

MT sering disamakan dengan program magang, padahal keduanya berbeda. Pada program MT, peserta sudah berstatus sebagai karyawan melalui proses rekrutmen resmi sehingga menjadi bagian dari perusahaan. Sedangkan peserta program magang berasal dari pihak luar, bukan karyawan. 

Management trainee merupakan program yang berfokus pada pelatihan dan pengetahuan. Hal yang akan didapat oleh peserta seputar pengendalian usaha, operasional perusahaan, manajemen plan, manajemen risiko dan on job training. 

Adapun beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui program MT antara lain:  

  • Mengetahui kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh setiap peserta;
  • Mengembangkan kemampuan dan kepemimpinan para peserta yang nantinya berguna demi kemajuan perusahaan; 
  • Melatih peserta untuk meningkatkan kualitas diri sehingga berpotensi untuk dipromosikan ke jenjang karier yang strategis di perusahaan tersebut;
  • Menyiapkan peserta untuk siap mengemban tanggung jawab di level manajemen perusahaan. 

Tugas Management Trainee

Sekarang ini, banyak pemburu kerja, khususnya fresh graduate yang mengincar lowongan management trainee di suatu perusahaan. Hal tersebut wajar karena MT memberikan peluang besar untuk menduduki posisi di level manajemen perusahaan setelah melalui pelatihan intensif. 

Baca Juga  Contoh CV Word yang Baik dan Benar, Format Menarik serta Kreatif

Durasi pelatihan tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Umumnya ada yang menyelenggarakan MT antara 6 bulan, 8 bulan bahkan 1 tahun. Sebenarnya, apa saja tugas dan tanggung jawab dari management trainee? 

Berikut 10 tugas peserta yang bergabung dalam management trainee: 

  1. Mengikuti kegiatan yang relevan dengan pekerjaan, misalnya meeting, workshop, seminar dan berbagai kelas lainnya yang penting untuk pengembangan diri; 
  1. Mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan dan membantu menyelesaikan pekerjaan lain yang ditugaskan;
  1. Mengamati dan mempelajari dengan baik informasi penting tentang proses kerja, peraturan kerja, SOP yang berlaku di perusahaan dan unit bisnis milik perusahaan;
  1. Mendengarkan masukan yang berasal dari manajer, supervisor maupun pegawai senior lain yang bekerja di perusahaan tersebut;
  1. Mengamati dengan baik bimbingan yang diberikan oleh manajer dan senior lain sebagai mentor yang membawahi para peserta MT;
  1. Mengikuti seluruh peraturan yang diterapkan di perusahaan tersebut; 
  1. Menyiapkan dokumen penting yang dibutuhkan manajer dan menyusun laporan sesuai format perusahaan;
  1. Melakukan kunjungan ke beberapa kantor cabang milik perusahaan dan turut berkontribusi nyata untuk terjun menangani kegiatan di lapangan;
  1. Mempelajari hal-hal penting seperti manajemen plan, manajemen risiko dan menerapkan dengan baik prosedur operasional perusahaan;

Mengikuti ujian yang diselenggarakan pada akhir masa MT sekaligus sesi evaluasi performa kerja selama mengemban tugas sebagai peserta MT. 

Kelebihan Mengikuti Program Management Trainee

Lowongan management trainee yang semakin diminati, pasti menimbulkan pertanyaan semacam “apa kelebihan yang didapat dari program karier tersebut?”. Dapat dikatakan bahwa kelebihan yang akan diperoleh cukup banyak, meliputi 5 hal berikut ini:  

1. Melatih Kepemimpinan

Salah satu hal yang ditekankan dalam management trainee adalah kepemimpinan. Maka dari itu, perusahaan ada yang menyebut program ini dengan istilah “Global Leaders” atau “Future Leaders” Program. 

Baca Juga  Tips Membuat CV Programmer Lengkap Beserta Contoh CV Programmer

Melalui MT, perusahaan memang menargetkan peserta untuk mampu bekerja di level manajemen. Wajar apabila fungsi kepemimpinan menjadi fokus untuk membentuk tim kerja yang solid dan mempercepat kemajuan perusahaan. 

Selama MT, peserta akan mendapat ilmu seputar: 

  • Penyusunan strategi yang paling tepat untuk mencapai tujuan perusahaan;
  • Perancangan taktik yang bisa memperbesar peluang baru sekaligus pengendalian risiko yang berpotensi menjadi penghambat;
  • Penyelesaian masalah dengan solusi yang tepat;
  • Pengambilan keputusan yang rasional dan optimal;
  • Pengorganisasian SDM secara teratur untuk menunjang kemajuan perusahaan. 

2. Meningkatkan Kemampuan Kerja 

Selanjutnya, keuntungan yang akan didapat adalah peningkatan kemampuan kerja yang berkaitan dengan posisi seorang manajer. Dalam lingkungan perusahaan, manajer harus memiliki kemampuan untuk bekerja sama, baik dengan kolega maupun klien. 

Jenis pelatihan yang umumnya diberikan yakni misi menyelesaikan tugas dalam kelompok. Jadi, peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan tiap kelompok mendapat tugas. Durasi pengerjaan sudah ditentukan dalam kurun waktu sekian bulan. 

Tidak hanya penyelesaian tugas, peserta MT juga akan diasah kemampuannya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang menghambat proses kerjasama. Alhasil, melalui cara tersebut, kemampuan untuk bekerjasama dalam tim akan meningkat sampai lulus training.  

3. Memiliki Kesempatan untuk Memilih Pekerjaan 

Program management trainee ternyata memberikan kesempatan pada pesertanya untuk memilih jenis pekerjaan sesuai bakat dan minat. Sebab, perusahaan menerapkan sistem yang menyuguhkan pekerjaan dari berbagai divisi yang ada di perusahaan tersebut. 

Nantinya, peserta program MT akan diberi tugas untuk menangani pekerjaan supply chain, akuntansi, telemarketing hingga komunikasi. Supervisor menjadi pihak yang berhak untuk menilai hasil kerja peserta di berbagai divisi pekerjaan yang berbeda.

Tidak hanya berdasarkan penilaian, peserta juga memperoleh hak untuk memilih dan mendiskusikan dengan supervisor terkait bidang pekerjaan yang diinginkan. Dengan demikian, output yang dihasilkan akan maksimal jika sudah benar-benar memegang posisi tersebut.  

Baca Juga  Tanda Diterima Kerja Saat Interview dan Lolos Interview

4. Mendapatkan Pengalaman yang Nyata

Bergabung dalam program MT memberikan pengalaman nyata dalam dunia kerja karena peserta langsung dipercaya untuk menyelesaikan banyak tugas. Dari praktik kerja tersebut, peserta terlatih untuk berpikir secara diplomatis saat menghadapi rintangan yang menghambat pekerjaan. 

Selain itu, program karier ini juga melibatkan para karyawan baru dalam berpendapat mengenai suatu topik dan bersosialisasi dengan teman kerja. Sebagai calon manajer, tentu harus menguasai kemampuan berkomunikasi yang efektif dan sopan dengan rekan bisnis.

Jika hanya teori, pasti akan susah untuk mengasah kemampuan secara langsung. Beruntung program ini melibatkan para karyawan baru secara langsung dalam lingkungan kerja di perusahaan tersebut.  

5. Mendapatkan Kesempatan Besar untuk Dipromosikan 

Perusahaan membuka program management trainee agar mendapatkan para calon potensial untuk bekerja di tingkat manajemen. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi karyawan baru untuk dipromosikan setelah dinyatakan selesai mengikuti training. 

Bahkan, karyawan baru berpeluang dipromosikan untuk menduduki posisi yang strategis sehingga menjanjikan jenjang karier yang bagus. Sebab, supervisor telah mengakui kompetensi seseorang dari hasil kerjanya selama menjalani program pelatihan. 

Bagi peserta tentu ini sangat menguntungkan, begitupun bagi perusahaan karena berhasil memperoleh karyawan yang punya kemampuan unggul. 

Mengikuti program management trainee merupakan alternatif yang tepat bagi para pemburu kerja yang masih minim pengalaman atau belum punya pengalaman sama sekali. Perusahaan siap mendidik dengan pemberian berbagai tugas untuk meningkatkan kemampuan diri. 

Beruntung, lowongan management trainee dan pilihan jenis pekerjaan lain dapat ditemukan dengan mudah melalui pelangifortunaglobal.com. Cukup mengisi data pelamar dan CV, tim akan membantu menemukan lowongan pekerjaan yang paling potensial.