cv programmer

Tips Membuat CV Programmer Lengkap Beserta Contoh CV Programmer

Dampak dari teknologi yang terus berkembang saat ini adalah bertambahnya lowongan pekerjaan yang terus meningkat. Khususnya sebagai seorang programmer di suatu perusahaan yang ada saat ini. Namun masih banyak yang belum bisa membuat CV programmer dengan baik.

Walaupun pembuatan CV untuk jenis pekerjaan apapun kurang lebih sama saja, tetapi pada CV untuk programmer ini biasanya dibuat lebih lengkap dan detail. Maka buatlah CV yang baik dan benar, ketika akan melamar ke perusahaan sebagai programmer. 

Tips Membuat CV Programmer

Untuk membuat sebuah CV yang baik dan benar pada pekerjaan programmer sebenarnya mudah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tips berikut ini:

1. Spesifik

Pada bagian pengalaman kerja pastikan isi tulisannya sudah jelas dan lebih spesifik. Pastikan juga posisi pekerjaan yang sebelumnya sudah ditulis dengan jelas. Tambahkan juga contoh yang lebih konkret dari pengalaman tersebut supaya orang yang membaca CV tidak bingung.

2. Ditulis dengan Kronologis dan Logis

CV programmer yang dibuat nantinya sebaiknya dibuat dengan kronologis. Mulai dari posisi terakhir sampai posisi terakhir kali bekerja. Mudahkan orang yang membaca CV dengan memahami perjalanan pekerjaan dengan cara yang logis.

Pilih pengalaman yang baik dan tepat untuk dituliskan di CV tersebut. Tidak usah menuliskan seluruh pengalaman yang dimiliki karena hal itu juga bisa membuat orang bingung. 

Posisi yang dituju di perusahaan tersebut juga harus relevan dengan posisi di pekerjaan sebelumnya.

Baca Juga : Tips Jitu Membuat CV Beasiswa yang Menarik Lengkap Beserta Contohnya

Baca Juga  Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

3. Mencantumkan Keterampilan

Terkait dengan poin yang sebelumnya, memang sangat penting memilih apa saja yang nanti akan dituliskan dalam CV. Tuliskan juga keterampilan sebagai programmer yang nanti akan ditulis di sana.

Jenis-jenis keterampilan sebagai programmer yang sering dituliskan di CV diantaranya yaitu SQL, C#, C++, JavaScript, dan HTML.

Pastikan juga semua keterampilan yang tertulis di sana memang dikuasai. Terutama dalam bidang pengembangan program, dan tuliskan juga level yang dimiliki saat ini.

4. Cukup Membuat 1 Lembar CV

Aturan utama yang harus diketahui dalam membuat CV programmer adalah harus dibuat dalam 1 lembar kertas saja. Walaupun memang panjang tidaknya CV bergantung pada pengalaman yang dimiliki selama bekerja di industri pekerjaan programming.

Apabila pengalamannya hanya 1-3 tahun saja maka pastikan juga penulisan CV hanya 1 lembar saja. Namun jika pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun, bisa menuliskan CV sebanyak 2-3 lembar.

Baca Juga : 9 Cara Membuat CV di HP dan Data Wajib yang Ada Didalamnya

Hal-Hal yang Harus Dicantumkan dalam Menulis CV Programmer

Perhatikan juga hal apa saja yang diperlukan dan wajib dicantumkan dalam CV programmer, seperti di bawah ini:

1. Kontak dengan Data Diri Pribadi

Dalam sebuah CV untuk pekerjaan apapun, harus memuat informasi diri secara dasar. Misalnya mengenai nama, pernyataan secara personal yang menggambarkan diri dan keinginan, kontak, dan sebagainya.

Cantumkan juga pengalaman, keterampilan, dan pendidikan sekolah. Untuk membuat CV programmer bisa juga menuliskan penghargaan dan sertifikat yang menunjukkan keahlian. Apabila memang punya sertifikasi secara profesional di bidang programming itu sendiri.

2. Pengalaman Kerja dan Keterampilan

Setelah menuliskan informasi dasar kemudian tuliskan juga pengalaman di pekerjaan sebelumnya serta keterampilan yang dimiliki. Dari sekian banyak CV yang masuk ke perusahaan, tentu hanya sebagian kecil saja yang dianggap cocok oleh perusahaan.

Keterampilan dan juga pengalaman di bidang programming harus menjadi hal penting, yang nantinya akan meyakinkan perusahaan yang dituju. Keterampilan ini juga harus berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga  Contoh CV Word yang Baik dan Benar, Format Menarik serta Kreatif

Pada bagian pengalaman bekerja bisa juga menuliskan informasi tentang pencapaian apa saja di setiap pengalaman. Mereka akan lebih tertarik dengan kemampuan pelamar kerja, dalam menghadapi dan menyelesaikan pekerjaannya.

Dibandingkan dengan hanya mengetahui saja apa yang dilakukan oleh si pelamar di tempat kerja sebelumnya.

Baca Juga : Skill dalam CV yang Baik dan Benar Dicantumkan Saat Melamar Kerja

3. Kepribadian

Supaya tampak menonjol dibanding para pelamar lainnya, maka tuliskan juga kepribadian di dalam CV tersebut. Dituliskannya kepribadian ini juga bisa menarik perhatian perusahaan dan tim perekrut. Selain kepribadian tuliskan juga hobi atau kegemaran yang dimiliki.

4. Hal-hal yang Dibanggakan

Sebagai seorang programmer, maka tuliskan juga apa saja yang dibanggakan dalam pengalaman bekerja di bidang industri programming tersebut. 

Hal itu akan menjadi bagian dari sesuatu yang diketahui perusahaan dan menjadi pertimbangan untuk memasukkan pelamar ke perusahaan.

Baca Juga : Contoh CV Fresh Graduate SMA / SMK Tanpa Pengalaman yang Benar dan Menarik

Contoh CV Programmer

Setelah mengetahui tips membuat CV untuk programmer, kini saatnya membuat CV programmer sesuai dengan contoh CV lamaran kerja programmer yang tepat:

Arkan Mahdi

Manajer Proyek IT

08132764756

arkanmahdi@gmail.com

linkedin.com/arkanmahdi

Seseorang yang profesional dalam bidang IT dengan pengalaman sekitar 7 tahun bekerja di dunia IT. Memiliki keahlian secara khusus yaitu Pengelolaan Departemen bidang IT di perusahaan gas global. Saya bisa mengimplementasikan sebuah strategi IT yang sifatnya efektif, dalam level internasional dan secara global.

Kelebihan utama yang saya miliki di bidang ini adalah kemampuan saya dalam memahami dinamika bisnis, sehingga saya bisa membuat aplikasi serta infrastruktur secara singkat dan permanen.

Pengalaman

Sejak Bulan Desember tahun 2018 hingga saat ini:

Sebagai Manajer Senior Proyek di RS Bunda Ibu Internasional

Baca Juga  √ Apa Itu Surat Keterangan Kerja : Fungsi dan Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan

Tugas:

  • Menangani segala macam proyek yang berkaitan dengan IT.
  • Penanggung jawab dalam hal pengembangan, pembuatan, dan peningkatan strategi proyek di bidang IT.
  • Menerapkan proyek pelatihan yang singkat untuk para karyawan.
  • Mengurangi biaya dalam hal perawatan infrastruktur hingga 15% banyaknya.

Sejak Bulan Januari tahun 2013 hingga bulan Agustus tahun 2018

Menjadi Manajer Proyek di PT. Andelima Nusantara

Tugas:

  • Merawat serta meningkatkan basis data pengguna lebih dari 1000 klien yang bekerja sama dengan perusahaan.
  • Menangani proyek untuk pelatihan karyawan semua staf IT.
  • Mendiagnosa ada masalah apa saja pada software dan juga sistem operasional kemudian menerapkan solusi yang baru.
  • Menurunkan biaya operasi administrasi dan logistik sampai sekitar 30% banyaknya.

Pendidikan:

  • Sarjana Ilmu Komputer di Universitas Barangbenda Bandung
  • Lulus dengan predikat summa Cum Laude dengan IPK 3,80
  • Pernah aktif di dalam Organisasi Pegiat Literasi Komputer dalam skala nasional.

Keterampilan yang Dimiliki:

  • C++ (4 dari 5)
  • SQL (4 dari 5)
  • HTML (5 dari 5)
  • JavaScript (4 dari 5)
  • C# (4 dari 5)

Software yang Dikuasai Sampai Saat ini:

  • MS Windows Server (Sangat Baik)
  • Linux/Unix (Sangat Baik)
  • Microsoft Project (Sangat Baik)
  • MS Windows Server (Sangat Baik)

Sertifikat

  • Bulan Juli tahun 2015 (PMP-Project Management Institute)
  • Bulan Maret tahun 2018 (PRINCE®Foundation)
  • Bulan Januari tahun 2020 (CAPM-Project Management Institute)

Masih banyak lagi contoh-contoh CV programmer yang lainnya yang bisa menjadi referensi tepat dalam membuat CV. Peluang bekerja untuk menjadi seorang programmer di zaman serba digital sekarang ini terbilang besar.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan programmer dalam membuat inovasi baru, dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk kemajuan perusahaan. 

Untuk informasi lebih lengkap bagi para pelamar kerja di bidang apa saja, bisa mengunjungi web pelangifortunaglobal.com. Termasuk bagi pelamar kerja yang ingin melamar di bidang IT atau programmer secara online.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *