contoh surat lamaran kerja via email

√ Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email & Cara Membuatnya!

Zaman sekarang melamar pekerjaan tidak hanya dilakukan dengan mengirim berkas fisik saja. Namun juga bisa mengirim contoh lamaran kerja via email yang akan memudahkan pihak recruiter untuk melakukan seleksi otomatis atau manual.

Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara mengirim contoh surat lamaran kerja via email PDF. Ini yang menyebabkan berkas lamarannya tidak lolos seleksi dan akhirnya tidak dipanggil untuk wawancara atau ke tahap selanjutnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja via email yang mungkin bisa dicontoh atau dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Contoh 1

Kepada Yth. 

HRD Perusahaan YYY

Bersama dengan email ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai seorang customer service. Saya melihat lamaran pekerjaan ini dari poster yang banyak bermunculan di beberapa media sosial.

Saya sudah memiliki berapa pengalaman bekerja di bidang yang sama selama 3 tahun. Semuanya tertulis secara lengkap pada CV yang saya sertakan juga bersama dengan surat ini.

Besar harapan saya untuk bisa tergabung dengan perusahaan YYY. Semoga lamaran ini bisa dipertimbangkan untuk berlanjut ke proses seleksi selanjutnya.

Salam,

Malika

Contoh 2

Kepada Manager Online Selling

PT Maju Permai di tempat

Bersama dengan surat elektronik ini saya ingin mengajukan pekerjaan sebagai seorang social media spesialis sesuai dengan lowongan yang sudah dibagikan oleh saudara pada LinkedIn.

Sesuai dengan permintaan saya sertakan juga beberapa portofolio dari hasil pekerjaan yang sudah saya lakukan sebelumnya. Selain itu saya sertakan juga CV yang paling baru untuk membantu pertimbangan.

Baca Juga  √ 10 Fasilitas yang Diharapkan Selain Gaji (Lengkap!)

Saya juga menyertakan beberapa Link yang berhubungan dengan pekerjaan yang sudah saya lakukan sebelumnya. Semoga bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk dilanjutkan ke proses atau tahap selanjutnya.

Salam sukses,

Hartono

Contoh 3

Yth HRD PT Kemuliaan

Di Jakarta

Terima kasih atas tawaran pekerjaan yang sudah disampaikan secara langsung melalui inbox Facebook. Dari apa yang sudah disampaikan saya merasa tertarik dan berminat untuk ikut melamar pekerjaan itu.

Untuk digunakan sebagai pertimbangan saya juga menyatakan beberapa portofolio dari pekerjaan yang sudah saya lakukan sebelumnya. Ada portofolio pribadi dan ada juga portofolio dari pekerjaan.

Besar harapan saya untuk bisa bergabung dalam perusahaan ini. Semoga lamaran ini bisa dipertimbangkan dengan baik.

Hormat saya,

Darmanto

Contoh 4

Kepada Tim Seleksi Perusahaan Barito

Di Kalimantan

Saya melihat informasi lamaran pekerjaan yang disebarkan oleh tim seleksi perusahaan saudara. Dari informasi yang disampaikan itu saya tertarik untuk ikut tergabung di dalamnya.

Berbagai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan sudah saya miliki semuanya sehingga saya berharap bisa ikut tergabung. Apalagi saya sudah memiliki kemampuan di bidang itu selama kurang lebih 3 tahun.

Dalam berkas lamaran ini saya juga menyertakan beberapa informasi terkait dengan CV dan juga portofolio. Semoga bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk bisa diterima.

Salam hormat,

Adina Rahman

Contoh 5

Kepada Yth. Pimpinan PT AWR

Di Surabaya

Bersama dengan surat elektronik ini saya ingin membuat pekerjaan sebagai seorang konten kreator. Kemampuan saya dibidang ini cukup tinggi karena sudah menjalankannya selama 3 tahun.

Pekerjaan yang pernah saya lakukan sebelumnya adalah membuat berbagai jenis video yang ada pada YouTube hingga membuat video pendek yang artinya ada pada Tik Tok.

Dalam berkas lamaran ini saya sertakan juga portofolio dari berbagai jenis video yang sudah dibuat sebelumnya. Semoga bisa digunakan sebagai salah satu rekomendasi ataupun pertimbangan.

Baca Juga  Inilah Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Cepat Dapat Kerja

Salam,

Malik Ernanto

Surat di atas bisa dibuat menjadi dokumen seperti doc atau bisa juga dalam PDF. Beberapa orang juga langsung menuliskannya pada body email. Jadi, bisa dipilih sendiri yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips Kirim Lamaran dengan Email

Sebelum memutuskan untuk kirim lamaran pekerjaan dengan menggunakan email, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Pastikan Komponennya Lengkap

Pastikan komponen yang ada di dalam email sudah lengkap dan tanpa ada kekurangan sama sekali. Maksud dari komponen yang sangat lengkap ini adalah komponen yang terdiri dari penerima dan juga berkas.

Selain itu sampaikan juga keinginan untuk bergabung di dalam perusahaan itu dengan baik. Jangan lupa sampaikan juga harapan untuk bisa bergabung serta menampilkan apa saja kemampuan yang dimiliki.

Terkadang menampilkan beberapa hal yang sudah dicapai serta beberapa hard skill dan soft skill juga sangat penting. Ini akan membuat seorang recruiter menjadi lebih tertarik untuk melanjutkan seleksi. Sesuaikan juga dengan format lamaran kerja via email yang diinginkan perusahaan.

2. Gunakan Bahasa yang Tepat

Gunakan bahasa yang tepat ketika melakukan proses lamaran dengan menggunakan email. Bahasa yang biasanya digunakan berhubungan secara langsung dengan EYD ataupun bahasa formal standar di Indonesia.

Apabila menggunakan bahasa non formal biasanya akan langsung diabaikan. Jadi meskipun memiliki portofolio yang sangat bagus akan percuma.

3. Jangan Salah Alamat atau Penerima

Usahakan untuk tidak salah mengirimkan ke alamat email tertentu ataupun penerima dari surat itu. Biasanya yang paling mudah adalah langsung ditujukan kepada HRD atau tim penyeleksi.

Namun apabila yang meminta itu adalah orang personal yang ada di perusahaan itu lebih baik langsung dikirim ke sana.

Baca Juga  Contoh CV Bahasa Inggris Menarik & Wajib Dikuasai Pencari kerja

4. Perhatikan Berkas yang Dikirim

Perhatikan berkas apa saja yang nantinya dikirim. Cek satu persatu agar semua berkas yang diminta sudah dimasukkan semuanya dan tidak ada satupun berkas yang keliru atau tidak sesuai.

Dengan begitu maka berkas bisa membantu seseorang untuk diterima di dalam perusahaan itu. Apalagi jika berkas itu berhubungan dengan portofolio atau apapun yang sudah dilakukan sebelumnya.

5. Jangan Langsung Copas

Usahakan untuk tidak langsung melakukan copas dari apa yang sudah ada sebelumnya. Biasanya beberapa orang sering melakukan itu untuk memudahkan mereka mengirim lamaran dalam bentuk email ke banyak perusahaan.

Tapi biasanya jika surat itu merupakan copas biasanya terlihat dengan sangat jelas. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu memperhatikan dengan baik bahkan menuliskannya secara personal.

6. Cek Permintaan Perusahaan

Ada baiknya untuk selalu melakukan pengecekan terhadap permintaan yang dimiliki oleh perusahaan. Biasanya suatu perusahaan akan meminta seseorang untuk mengirimkan berkas tertentu sesuai dengan keinginan mereka.

Jadi pastikan semua berkas yang memang diminta oleh perusahaan sudah terkirim semuanya. Dengan begitu maka tidak ada bagian yang terlupa dan menyebabkan status dari lamaran pekerjaan jadi dibatalkan.

Apabila ingin menambahkan dan digunakan sebagai pertimbangan tambahan akan lebih baik lagi. Namun pastikan untuk semuanya dikirim sesuai dengan permintaan atau sesuai dengan apa yang dituliskan pada loker.

Menulis lamaran pekerjaan dengan menggunakan email mungkin menyulitkan bagi beberapa orang. Namun, jika bergabung dengan pelangifortunaglobal.com, hal semacam ini akan diajarkan sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat.

Cara membuat lamaran kerja lewat email ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Yang paling penting saat akan membuat lamaran kerja adalah selalu memperhatikan semuanya dengan baik dan menghindari kesalahan kecil yang tidak perlu agar mudah lolos seleksi.

Related Posts