soal psikotes online

√ 6 Soal Psikotes Online Gratis dan Jawabannya (Lengkap!)

Psikotes online saat ini dijadikan sebagai sarana latihan untuk dapat mempersiapkan diri dalam proses rekrutmen karyawan baru atau kenaikan jabatan. Dengan melakukan persiapan, maka kesempatan untuk lulus akan semakin tinggi.

Tes psikotes dilakukan untuk dapat mengetahui potensi dan beberapa aspek lain yang dimiliki oleh kandidat. Prosedur ini dianggap umum dan akan sering ditemukan untuk berbagai kebutuhan. Tes psikotes dilakukan secara langsung dengan didampingi oleh tim ahli.

Pengertian Tes Psikotes

Psikotes merupakan salah satu tahapan seleksi yang umumnya diterapkan perusahaan dalam proses penerimaan karyawan baru atau kenaikan jabatan. Psikotes berfungsi untuk dapat mengenal sifat kandidat mulai dari personality, ketertarikan, attitude, dan lain sebagainya.

Hasil psikotes memiliki peranan besar untuk menentukan apakah kandidat cocok untuk bekerja pada perusahaan tersebut atau tidak. Dalam psikotes, tidak ada istilah benar atau salah. Adanya hanyalah cocok atau tidak cocok, kandidat bekerja atau menempati suatu posisi tertentu.

Melakukan psikotes seringkali membuat kebanyakan orang bingung dan cemas karena waktu yang diberikan cukup terbatas. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat psikotes online yang bisa diakses untuk sarana latihan.

Situs Latihan Psikotes Online

Bisa memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi saat mengerjakan psikotes diperlukan latihan terlebih dahulu. Proses latihan bisa dilakukan dengan mengakses situs psikotes online.

Saat ini terdapat beberapa situs yang menyediakan sarana bagi pengguna untuk mencoba atau latihan menjawab soal psikotes secara online. Akses yang diberikan gratis dan bebas dehingga siapa saja bisa mencobanya. Berikut beberapa rekomendasi situs yang bisa diakses.

Baca Juga  √ 17 Contoh Psikotes Gambar Lengkap dengan Jawabannya (100% Lulus)!

1. Psikotesyuk.com

Situs ini menyediakan soal psikotes secara gratis dan beragam. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa mengerjakan semua jenis tes yang tersedia.

Soal yang dihadirkan umumnya merupakan jenis yang sering muncul sehingga bisa dijadikan sebagai bahan Latihan yang efektif.

Pengguna bahkan bisa memilih jenis soal yang disukai atau yang ingin dipelajari lebih dalam karena dianggap sulit. Pengguna juga boleh mengunduh untuk bisa mendapatkan jawaban soal dan mempelajarinya secara offline.

2. Latihanpsikotes.com

Dalam situs ini, terdapat banyak sekali ragam jenis tes psikotes yang sudah dikumpulkan berdasarkan kategori. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan akses yang lebih mudah kepada seluruh pengguna.

Apabila tidak mengetahui jawabannya, tersedia penjelasan serta jawabannya untuk bisa dipelajari kembali. Tersedia juga fitur unduh yang memungkinkan pengguna menyimpan soal tes yang diinginkan.

3. Tipscv.com

Situs ini sangat cocok digunakan oleh para pelamar kerja karena bukan hanya menyediakan sarana belajar psikotes, namun juga memberikan tips membuat CV yang bagus. Soal tersedia dalam dua bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia.

Pengguna bisa memilih bahasa dan jenis soal yang diinginkan. Terdapat juga pembahasan untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi tertentu.

4. Ggkarir.com

Situs ini berfokus kepada pengguna yang sedang mencari pekerjaan. Bukan hanya menyediakan soal psikotes dan pembahasannya, tersedia juga berbagai informasi terkait lowongan pekerjaan.

Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu menunjang pengembangan karir. Tampilannya cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pengguna. Pengguna bisa dengan mudah download soal untuk dipelajari lebih dalam.

Contoh Soal Psikotes yang Umumnya Dijumpai

Dalam tes psikotes, terdapat beberapa jenis soal yang umumnya akan muncul. Setiap soal memiliki bobot dan karakteristik tersendiri sehingga harus dipahami dengan baik agar bisa mengerjakannya. Simak beberapa contoh dan jawabannya sebagai berikut.

Baca Juga  √ 3 Contoh Tes Psikotes Gambar Pohon yang Baik dan Benar!

1. Tes Wartegg

Tes ini bermanfaat untuk dapat mengetahui karakter seorang kandidat. Dalam tes ini, peserta akan dijumpai dengan berbagai bentuk persegi panjang yang dibagi menjadi delapan kotak. Nantinya peserta akan diminta untuk menggambar.

Tujuan dari diadakannya tes ini adalah melihat kemampuan peserta untuk dapat menyelesaikan masalah, cara beradaptasi, kemauan, dan potensi lainnya.

Jika peserta menyelesaikan tes secara berurut dari kiri ke kanan, maka akan dianggap sebagai seseorang yang konservatif dan kaku.

Namun apabila peserta melakukannya secara acak, maka bisa disimpulkan sebagai orang yang kreatif dan inovatif. Cobalah untuk menggambar benda hidup pada garis lengkung dan benda mati untuk bagian garis lurus.

Berikut contohnya:

2. Tes Psikotes Verbal

Dalam tes ini, terdapat beberapa kategori soal yang terdiri dari antonim (lawan kata), korelasi makna, dan sinonim (persamaan kata). Berikut contohnya:

Contoh soal tentang sinonim

INSOMNIA =

CEMAS

SEDIH

TIDAK BISA TIDUR

REALITA

Jawabannya adalah: TIDAK BISA TIDUR

Contoh tentang antonim

RETRO =

BARU

MODERN

CANGGIH

LAWAS

Jawabannya adalah: MODERN

Contoh soal tentang analogi kata

… : WISUDA = PERTUNANGAN : …

TOGA-CINCIN

GELAR-PELAMINAN

BERHASIL-CINTA

KULIAH-PERNIKAHAN

Jawabannya adalah: KULIAH – PERNIKAHAN karena tujuan akhir kuliah adalah untuk wisuda. Sedangkan tujuan akhir untuk pertunangan adalah pernikahan.

3. Menggambar Orang atau Pohon

Pada tes ini, peserta akan diminta untuk menggambar orang atau pohon. Disarankan untuk tidak membuat gambar pohon kelapa atau pohon berukuran kecil.

Buatlah gambar pohon yang besar dan memiliki semua komponennya seperti ranting, daun, hingga akar. Sama halnya ketika menggambar orang.

Baca Juga  √ Tes Wartegg : Pengertian, Contoh, Jawaban dan Cara Mengerjakannya!

Gambarlah dengan anggota tubuh yang lengkap serta komposisi wajah yang seimbang. Dalam tes ini, keindahan gambar bukanlah bahan penilaiannya.

Contohnya:

4. Tes Aritmatika

Tes ini meliputi hitung-hitungan yang umumnya menjadi kemampuan dasar dari setiap pekerjaan. Beberapa posisi mungkin akan memiliki bobot tes aritmatika yang berbeda.

Saat mengerjakan soal ini haruslah fokus karena cukup sulit dan durasinya cepat. Perhatikan contohnya berikut ini.

1, 6, 4, 11, 9, 16, 16, 21, …

25

26

27

29

28

Jawabannya adalah: a) 25

Nilai 260% dari 1 ¾ adalah?

2,45

4,35

4,55

24,5

455

Jawabannya adalah: c) 4,55

5. Kraepelin/Pauli

Tes ini dikenal juga sebagai psikotes koran. Peserta akan dihadapkan dengan soal perhitungan sederhana. Tugasnya adalah menjumlahkan deret angka dari 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Untuk bisa melakukan tes ini dengan baik, diperlukan konsentrasi dan fisik yang baik. Hal tersebut dibutuhkan karena durasinya sangat cepat.

Peserta harus mampu menghitung dengan cepat sebelum waktu yang ditentukan habis. Panitia akan memberikan arahan sebelum tes dimulai.

Contohnya:

6. Pengelompokan Kata

Pada tes yang satu ini, peserta akan diminta untuk memilih satu kata yang paling tidak sesuai dengan lainnya dalam satu kelompok. Inilah contohnya:

EFEKTIF

EFFEKTIF

EFEKTIP

EPEKTIP

EVEKTIF

Jawabannya adalah EFEKTIF, karena kata yang lainnya merupakan kelompok kata tidak baku.

BELA SUNGKAWA

HALAL BIHALAL

MATAHARI

BEA SISWA

DITEMUKAN

Jawabannya adalah: MATAHARI, karena kata lainnya ditulis dengan tidak benar.Memahami jenis dan teknis psikotes online akan memberikan panduan yang tepat. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang lulus seleksi yang lebih tinggi. Pelangifortunaglobal.com menjadi pilihan tepat bagi pelamar kerja untuk menemukan posisi pekerjaan yang sesuai kemampuan.

Related Posts