√ 7 Contoh Soal Psikotes Indomaret dan Jawabannya (Lengkap!)

psikotes indomaret

Indomaret menjadi salah satu ritel waralaba yang menyerap banyak tenaga kerja. Namun, untuk menjadi tenaga kerja di sana juga perlu persiapan dan usaha sebaik mungkin. Sebab, akan ada beberapa tes yang harus dilalui termasuk psikotes Indomaret

Adanya tes ini tentu tidak bertujuan untuk mempersulit para pelamar kerja. Namun mereka ingin memastikan bahwa tenaga kerja yang diterima nantinya adalah tenaga kerja dengan kepribadian baik yang akan melayani pelanggan dengan baik pula. 

Perihal Tes Psikotes Indomaret

Psikotes merupakan salah satu dari rangkaian tes yang harus dilalui oleh setiap pelamar kerja di Indomaret. Dari tes ini nantinya akan didapatkan gambaran mengenai bagaimana karakteristik serta watak dari calon karyawan yang sedang diseleksi. 

Oleh sebab itu, hasil dari psikotes ini juga mempunyai peran yang penting bahkan turut menentukan apakah orang yang diseleksi tersebut akan diterima atau tidak. Meskipun ada yang mengatakan bahwa untuk soal psikotes ini tidak ada istilah benar dan salah, tetap soal-soal ini harus dikerjakan dengan baik.

Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jawaban yang diberikan bisa menentukan apakah seorang pelamar diterima atau tidak bekerja di Indomaret. Biasanya soal ini akan terdiri dari 7 jenis yang diantaranya bahkan ada Matematika.  

Oleh sebab itu, seseorang yang akan mengikuti psikotes Indomaret perlu menguasai rumus Matematika dasar terlebih dahulu. Selain Matematika, ada juga jenis soal deret Angka dan penguasaan verbal antonim dengan sinonim. 

Kisi-Kisi dan Contoh Soal Psikotes Indomaret 

Berbicara soal kisi-kisi, sebenarnya untuk psikotes ini sifatnya rahasia sehingga hanya pihak perusahaanlah yang mengetahuinya. Akan tetapi, Anda masih bisa mendapatkan gambaran mengenai bagaimana kisi-kisi soal tersebut melalui banyak referensi yang bisa diakses dari beragam sumber. 

Walaupun nanti belum tentu keluar dalam tes, kisi-kisi ini bisa dipelajari untuk meningkatkan peluang diterima kerja di Indomaret. Ada baiknya juga jika yang bersangkutan rajin berlatih dengan menjawab soal-soal psikotes. 

Baca Juga  √ Tes Potensi Akademik Adalah : Contoh dan Cara Mengerjakannya!

Lebih lanjut lagi mengenai psikotes, sebenarnya soal-soalnya juga tidak jauh berbeda antara Indomaret dengan instansi yang lainnya. Berikut beberapa kisi-kisi soal psikotes yang biasa diberikan termasuk oleh Indomaret. 

1. Deret Angka

Mulai dari jenis soal pertama, ada deret angka. Sesuai dengan namanya, jenis soal ini akan membuat orang yang menjalankan psikotes menghadapi deretan angka-angka. Dari deretan tersebut biasanya akan ada bagian yang dikosongi dan bagian inilah yang harus dicari jawabannya. 

Jadi nanti orang tersebut harus menentukan angka berapa yang cocok untuk mengisi kekosongan atau titik yang ada sesuai dengan pola deret angka yang ada. Mari ambil 2 contoh soal seperti ini.

  1. 13, 15, 17, 19, 21, …

Berdasarkan soal tersebut, maka bisa diketahui bahwa antara angka yang pertama dan yang kedua selisih 2 nomor. Demikian juga dengan angka kedua dan angka ketiga, angka ketiga dan angka keempat serta seterusnya. 

Oleh sebab itu, jawaban yang benar untuk posisi kosong tersebut adalah angka 21 ditambah 2, atau agar lebih sederhana bisa ditulis 21 + 2 = 23. Jadi jawaban untuk titik-titik tersebut adalah 23. 

Lalu jika ada dua posisi yang kosong, maka bisa diisi dengan mengikuti pola yang sama, misal 23 + 2 = 25 dan seterusnya.

  1. Tidak menutup kemungkinan juga kalau pola soalnya lebih rumit. Contohnya: 89, 84, 86, 81, 78, 80, …

Kalau soalnya seperti ini, polanya -5, +2, -5, +2. Maka untuk angka yang selanjutnya seharusnya -5, jadi jawabannya adalah 80 – 5 = 75. Mudah bukan?

2. Aritmatika

Masih berhubungan dengan Matematika, ada soal aritmatika seperti pengetahuan Matematika dasar yang mencakup pengurangan, penjumlahan, perkalian dan juga pembagian. Ada kalanya soal ini dibuat dalam bentuk soal cerita, seperti contoh yang ada di bawah ini. 

  • Dewi membeli kaos seharga Rp 30.000. Kaos tersebut lalu dijual kembali dengan harga Rp 37.500. Lalu, berapa persen keuntungan yang diperoleh Dewi?
Baca Juga  √ Tes Koran Adalah : Contoh & Cara Mengerjakan Soalnya!

Jawabannya adalah 25%. Caranya adalah 7.500 (keuntungan) x 100 : 30.000 = 25

  • Apabila jarak antara titik C dan D adalah 240 km yang ditempuh dengan kendaraan berkecepatan 80 km/jam, maka berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai titik D dari titik C?

Jawabannya adalah 180 menit atau 3 jam. Caranya adalah jarak : kecepatan, sehingga 240 : 80 = 3 jam. Kalau dikonversikan dalam menit, maka 3 x 60 menit = 180 menit.

3. Matematika Cerita

Stiap harinya, karyawan Indomaret akan bergelut dengan angka. Oleh sebab itu, tidak heran jika setiap calon karyawan akan diberikan soal psikotes yang berhubungan dengan Matematika. Dalam soal psikotes, selain bisa ditemukan soal Matematika sederhana, biasanya juga akan ada Matematika cerita.

Soal seperti ini pastinya sudah biasa ditemukan saat masih di bangku sekolah bukan? Seperti biasa, soal seperti ini juga memerlukan konsentrasi yang baik agar bisa menelaah maksud soal dari cerita yang disajikan. Untuk jenis soal yang kedua ini, ambil dua contoh seperti berikut:

  1. Dewa memiliki uang sebesar Rp 1.000.000 dan 20% dari uang tersebut diberikan kepada adiknya. Maka 20% dari uang tersebut nilainya adalah …

Meskipun kalimatnya cukup panjang, namun soal ini bisa diselesaikan dengan cara yang biasanya. Yaitu 20% diubah menjadi bentuk pecahan dulu menjadi 20/100 x 1.000.000 = 200.000. Jadi, 20% dari Rp 1.000.000 adalah 200.000.

  1. Dewa membeli baju seharga Rp 35.000, namun dia mendapat diskon sebesar 15%. Jadi, berapa uang yang harus dibayar oleh Yudi?

Soal ini juga bisa diselesaikan dengan cara biasa. Yaitu, cari dulu nilai 15% dari Rp 35.000 seperti ini 15/100 x 35.000 = 5.250. Lalu, karena diskon merupakan potongan harga, maka uang yang harus dibayarkan Dewa adalah Rp 35.000 – 5.250 = Rp 29.750.

4. Matematika Sederhana

Selain jenis soal yang terlihat cukup rumit, biasanya juga disajikan soal Matematika sederhana. Matematika sederhana ini mencakup penjumlahan, perkalian, pengurangan dan juga pembagian. Misalnya:

  • 15 + 2 = 17 (tidak ada cara khusus menyelesaikan soal penjumlahan seperti ini)
  • 24 : 6 + 12 = 16 (untuk contoh soal seperti ini, pembagian harus didahulukan baru penjumlahan)
  • 12 – 24 : 6 = 8 (sama seperti contoh soal sebelumnya, pembagian harus didahulukan untuk dihitung walaupun posisinya ada di belakang)
Baca Juga  √ 3 Contoh Tes Psikotes Gambar Pohon yang Baik dan Benar!

5. Sinonim – Antonim

Soal psikotes itu bukan hanya tentang pelajaran Matematika, namun juga Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah tentang sinonim atau persamaan kata dan antonim atau lawan kata. Tentunya untuk menjawab pertanyaan seperti ini diperlukan pengetahuan dan perbendaharaan kata yang cukup. 

Contoh soalnya seperti ini:

  • Imigrasi, antonimnya emigrasi
  • Standar, sinonimnya baku

6. Logika Deret Gambar

Kalau soal yang satu ini sebenarnya mirip dengan aritmatika. Hanya saja yang ditunjukkan adalah media gambar baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Dengan menggunakan logika yang cermat, tentu soal ini bisa diselesaikan dengan baik. 

7. Kepribadian dan Psikologi

Kalau soal yang satu ini, tujuannya adalah tentu untuk menilai kepribadian sang calon karyawan Indomaret. Biasanya soal ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya lebih mengulik pendapat pribadi. Contohnya:

  • Saya adalah seseorang yang …
  • Saya menyukai atasan yang …
  • Saya menyukai pekerjaan yang …
  • Saya tidak suka dengan teman kerja yang …
  • Sikap saya jika ada yang tidak suka dengan pendapat saya saat rapat adalah …

Biasanya soal-soal tersebut ada pilihan jawabannya. Jadi peserta psikotes hanya perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan memilih opsi jawaban yang ada. 

Agar lulus dalam psikotes Indomaret, rajin berlatih mengerjakan soal-soal di atas adalah hal yang bagus. Usahakan juga agar sehari atau semalam sebelum tes istirahat yang cukup agar bisa berkonsentrasi mengerjakan soal psikotes dengan baik di keesokan harinya. 

Indomaret termasuk salah satu yang sering membuka lowongan kerja. Berbicara soal lowongan kerja, tentunya ada banyak perusahaan yang juga membukanya. Anda sebagai calon pekerja hanya perlu menemukan lowongan yang tepat. 

Untuk menemukan lowongan kerja yang tepat, Anda bisa bergabung dengan pelangifortunaglobal.com. Ini adalah situs resmi yang mewadahi para pelamar kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuannya. Lowongan ini juga selalu yang terbaru loh, jadi yuk bergabung sekarang.